5 Penyakit Gigi dan Mulut yang Rentan Dialami Lansia

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Agustus 2021

“Bukan hanya gigi tanggal atau ompong saja yang harus dihadapi lansia terkait masalah kesehatan gigi dan mulut. Ada berbagai kondisi lainnya yang perlu diwaspadai jika kebersihan gigi dan mulut tidak terawat. Setidaknya ada lima penyakit gigi dan mulut yang siap mengintai kelompok tersebut. Penyakit-penyakit tersebut makin tinggi risikonya pada mereka yang merokok, kurang asupan kalsium, dan vitamin D.”

5 Penyakit Gigi dan Mulut yang Rentan Dialami Lansia5 Penyakit Gigi dan Mulut yang Rentan Dialami Lansia

Halodoc, Jakarta – Kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada beberapa jenis penyakit gigi lansia yang dapat terjadi seiring berjalannya waktu. Berikut ini beberapa penyakit gigi lansia yang perlu diwaspadai:

Baca juga: Waspada, Infeksi pada Mulut Bisa Sebabkan Gusi Bengkak

1. Periodontal

Periodontal

Periodontal, atau yang lebih dikenal dengan penyakit jaringan penyangga gigi disebabkan oleh penumpukan plak dan karang gigi. Kondisi ini rentan dialami lansia dengan penyakit diabetes melitus dan penyakit jantung.

2. Xerostomia

Xerostomia

Xerostomia, atau yang lebih dikenal dengan istilah mulut kering merupakan kondisi yang terjadi saat fungsi kelenjar ludah menurun. Menjaga kebersihan mulut dari karies gigi, penyakit periodontal dan jamur candidiasis pada mulut menjadi langkah mencegah mulut kering.

3. Gigi Aus dan Berubah Warna

Gigi Aus dan Berubah Warna

Gigi aus terjadi akibat penggunaan gigi jangka panjang. Sedangkan gigi berubah warna terjadi akibat perubahan lapisan dentin yang memengaruhi ketebalan dan kekuatan. Warna gigi menjadi berkurang ketransparanannya, sehingga terlihat menguning seperti warna asli lapisan dentin.

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Membantu Redakan Sakit Gigi

4. Gigi Ompong

Gigi Ompong

Gigi ompong disebabkan oleh infeksi gusi berat yang disebabkan akibat penumpukan plak. Kondisi tersebut merusak jaringan dan tulang pada gusi, sehingga risiko kerusakan gigi hingga tanggal dan ompong akan meningkat.

5. Karies Gigi

Karies Gigi

Karies gigi pada lansia dipicu oleh perubahan air ludah akibat faktor penuaan, pola makan tidak seimbang, serta perawatan gigi yang tidak dilakukan dengan baik. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan, dapat berujung pada tanggalnya gigi.

Baca juga: Kapan Kondisi Gusi Bengkak Perlu Diperiksakan ke Dokter?

Itulah penyakit gigi lansia yang perlu diwaspadai. Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi secara rutin, setidaknya enam bulan sekali sejak dini. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa membuat langsung dengan dokter gigi di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:

Journal of Men’s Health. Diakses pada 2021. Oral health diseases among the older people: a general health perspective.

American Family Physicians. Diakses pada 2021. Common Oral Conditions in Older Persons.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan