5 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Disembuhkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juli 2022

“Ada berbagai macam penyakit menular seksual yang bisa menyerang dan beberapa bisa disembuhkan. Nah, beberapa penyakit kelamin tersebut, seperti gonore dan sifilis.”

5 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Disembuhkan5 Penyakit Menular Seksual yang Bisa Disembuhkan

Halodoc, Jakarta – Seseorang yang terbiasa melakukan seks bebas rentan mengalami penyakit menular seksual. Jika dibiarkan, masalah ini dapat menimbulkan berbagai dampak buruk yang membahayakan. Namun, ada beberapa penyakit yang masih bisa disembuhkan. Berikut ulasan lengkapnya!

Berbagai Penyakit Menular Seksual yang Bisa Disembuhkan

Penyakit menular seksual adalah suatu gangguan kesehatan dapat terjadi karena penularan bakteri, parasit, ataupun virus. Gangguan ini dapat memengaruhi semua jenis kelamin, tetapi risikonya lebih tinggi pada wanita. Terlebih jika wanita tersebut sedang hamil.

Untuk menurunkan risiko terserang penyakit menular seksual ini, penggunaan kondom perlu dilakukan. Namun, penggunaan alat pelindung tersebut sulit untuk menghindari infeksi yang terjadi melalui oral. Perlu tahu juga jika beberapa penyakit kelamin ini tidak dapat disembuhkan, sehingga pencegahan perlu dilakukan dengan baik.

Lalu, apa saja sih penyakit menular seksual yang masih bisa disembuhkan? Berikut daftarnya:

1. Gonore

Gonore termasuk salah satu penyakit menular seksual yang bisa diobati dengan konsumsi antibiotik. Namun, setiap orang perlu berhati-hati karena bisa jadi gonore yang menyerang ternyata resisten pada antibiotik. Di sisi lain, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius meskipun mudah untuk diobati.

Saat terjadi pada wanita, infeksi dari gonore dapat memengaruhi uterus ataupun tuba falopi, sehingga menyebabkan penyakit radang panggul. Jika dibiarkan, komplikasi yang paling serius terkait radang panggul adalah kemandulan atau infertilitas.

2. Sifilis

Sifilis termasuk salah satu penyakit kelamin yang masih bisa disembuhkan. Penyebab penyakit ini adalah bakteri Treponema pallidum. Kontak dengan pengidap sifilis yang memiliki luka adalah salah satu penyebab dari penularan penyakit ini. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan mengonsumsi antibiotik penisilin.

3. Trichomoniasis

Trichomoniasis termasuk salah satu penyakit menular seksual yang bisa disembuhkan. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi parasit protozoa yang menyerang saluran kemih. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi antibiotik yang efektif mengatasi penyebaran parasit tersebut.

Penting juga untuk mengetahui gejala dari penyakit ini. Saat terjadi pada wanita, gejala yang paling terlihat adalah keputihan berwarna abu-abu, kuning, atau bahkan hijau. Masalah keputihan tersebut juga dapat menimbulkan bau tidak sedap. Pada pria, gejalanya berupa nyeri saat buang air kecil atau ketika berhubungan intim.

4. Klamidia

Klamidia adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling umum terjadi pada wanita. Gejala dari penyakit ini yang paling umum adalah buang air kecil yang menyakitkan, tetapi bisa juga tidak mengalami gejala apa pun. Jika tidak diobati, pengidapnya dapat mengalami infertilitas, penyakit radang panggul, dan kehamilan ektopik. Nah, pengobatan dari gangguan ini yang paling umum adalah pemberian antibiotik.

5. Kutu Pubis

Kutu pubis juga termasuk penyakit menular seksual yang dapat diobati. gangguan kelamin ini bisa diatasi dengan penggunaan sabun antiseptik khusus untuk menghilangkan kutu kelamin.

Perlu ketahui juga jika penyakit ini menyebar melalui kontak kelamin atau bertukar pakaian dalam. Maka dari itu, penting untuk rutin membersihkan pakaian, pakaian dalam, atau apa pun yang pernah terpapar oleh penyebab kutu pubis. Dengan begitu, risiko untuk terserang penyakit ini semakin kecil.

Itulah beberapa penyakit menular seksual yang bisa disembuhkan dengan pengobatan. Jika kamu mengalami gejala dari salah satu gangguan pada kelamin ini, ada baiknya segera memeriksakan diri. Selain mengonsumsi antibiotik, menjaga kebersihan dan perilaku seksual adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Halodoc Home Care adalah layanan homecare untuk tes lab, seperti cek demam, cek darah (hematology), tes DBD, tes infeksi menulas seksual (IMS), medical check up hingga imunisasi yang bisa dipanggil ke rumah atau ke tempat kamu berada, di mana saja! 

Saat ini, layanan Halodoc Home Care bisa di-booking untuk area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi sesuai ketersediaan. Setiap pemesanan di Halodoc Home Care akan mendapatkan gratis konsultasi hasil dengan dokter dan tanpa biaya tambahan lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan ini!

Referensi:
WHO. Diakses pada 2022. Four curable sexually transmitted infections – all you need to know.
Web MD. Diakses pada 2022. Treatments for Sexually Transmitted Diseases (STDs).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan