• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Perawatan Wajah yang Cocok untuk Pria

5 Perawatan Wajah yang Cocok untuk Pria

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Tak hanya kaum hawa saja yang butuh merawat wajah. Perawatan yang satu ini nyatanya juga sangat dibutuhkan oleh para pria, agar punya kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda. Bedanya dengan wanita, perawatan wajah untuk pria biasanya lebih sederhana. Selain itu, pria juga harus tahu kondisi kulit wajahnya, apakah normal, sensitif, kering, berminyak, atau kombinasi. Hal ini penting untuk mendapatkan produk dan jenis perawatan yang sesuai. 

Pria yang punya kulit wajah normal biasanya terlihat bening dan tidak sensitif. Kulit yang sensitif ditandai dengan rasa perih dan terbakar setelah penggunaan produk. Sedangkan kulit kering biasanya terlihat bersisik, gatal, atau kasar. Bagi pria yang punya kulit berminyak, wajah mungkin akan tampak berkilau karena adanya kandungan minyak di wajah. Nah, kalau kulit kombinasi, ada beberapa bagian kulit yang kering dan sebagian area lainnya berminyak. 

Baca juga: Kandungan Berbahaya dalam Skincare Ini Harus Dihindari

Perawatan Wajah untuk Pria

Setelah mengetahui tipe kulit masing-masing, berikut perawatan sederhana yang perlu dilakukan : 

1. Pilih Produk yang Sesuai

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan produk harus berdasarkan tipe kulit yang kamu miliki. Kalau kamu punya kulit yang rentan berjerawat, pilih pembersih dan pelembap yang bertuliskan "oil free" atau "non-comedogenic" agar menyumbat pori-pori . Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan produk lembut yang bebas pewangi. 

Produk berpewangi dapat membuat kulit terasa iritasi dan kering. Namun, berhati-hatilah dengan produk berlabel "tanpa pewangi", karena banyak di antaranya mengandung pewangi penutup yang masih dapat mengiritasi kulit.

2. Rutin Cuci Muka

Pastikan kamu rutin mencuci wajah setiap hari apalagi setelah bepergian atau berolahraga. Hindari mencuci muka terlalu lama tidak lebih dari satu menit. Pasalnya, mencuci muka terlalu lama bisa membuat wajah menjadi kering. Selain itu, hindari pula membasuh wajah menggunakan air panas. Basuh wajah dengan pembersih wajah yang lembut dan air hangat-hangat kuku.

3. Perhatikan Teknik Mencukur

Bagi sebagian pria, pisau cukur dapat mencukur terlalu dekat dengan kulit. Apabila kamu sering mengalami benjolan akibat pisau cukur, luka bakar akibat pisau cukur atau rambut yang tumbuh ke dalam. Gunakan pisau cukur dengan mata pisau tunggal atau ganda dan jangan meregangkan kulit menjadi kencang saat mencukur. 

Baca juga: 5 Jenis Jerawat yang Sering Muncul di Wajah

Sebelum bercukur, basahi kulit dan rambut untuk melembutkannya. Gunakan krim cukur yang melembapkan dan cukur searah dengan pertumbuhan rambut. Bilas setelah setiap sapuan pisau cukur dan ganti pisau setelah lima hingga tujuh kali pencukuran untuk mencegah iritasi.

4. Gunakan Pelembap

Pelembap berfungsi mempertahankan kandungan air di kulit, sehingga kulit pun tetap lembap dan tidak dehidrasi. Ketika kelembapan ini menurun, kamu berisiko mendapatkan garis-garis halus yang merupakan tanda-tanda penuaan. Selain itu, pelembap juga membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih muda. Untuk hasil terbaik, oleskan pelembap ke wajah dan tubuh setelah mandi atau setelah bercukur. 

5. Pakai Tabir Surya

Paparan sinar matahari dapat menghasilkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan bahkan kanker kulit. Itu sebabnya penting untuk menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah. Oleskan tabir surya ke semua area kulit yang terpapar, termasuk kulit kepala, telinga, leher, dan bibir. Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya berspektrum luas dan tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Selain itu, gunakan kembali setiap dua jam atau segera setelah berenang atau berkeringat. 

Selain menggunakan tabir surya, kamu juga perlu mencari tempat teduh dan mengenakan pakaian yang tertutup, seperti kemeja lengan panjang dan ringan, celana, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam dengan pelindung UV, jika memungkinkan. 

Baca juga: Perawatan Wajah saat Harus Selalu Memakai Masker

Itulah sejumlah perawatan wajah yang cocok untuk pria. Kalau kamu punya masalah kulit, hubungi dokter di Halodoc untuk diajak diskusi terkait kendala yang kamu alami. Melalui Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Skin Care Tips for Men.
Healthline. Diakses pada 2020. The Effortless Man’s Guide to Basic Skin Care.