5 Pilihan Obat Sakit Mata Merah Tanpa Resep Dokter

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Mei 2023

“Ada beberapa obat tetes mata merah yang bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter. Namun, obat ini tetap perlu kamu gunakan dengan benar agar bisa bekerja maksimal.”

5 Pilihan Obat Sakit Mata Merah Tanpa Resep Dokter5 Pilihan Obat Sakit Mata Merah Tanpa Resep Dokter

Halodoc, Jakarta – Mata merah merupakan masalah kesehatan umum yang seringkali mengganggu aktivitas. Untungnya, masalah kesehatan ini bisa kamu atasi dengan cepat dengan menggunakan obat tetes mata. 

Beberapa obat sakit mata merah hanya bisa kamu dapatkan dengan menggunakan resep dokter. Namun, ada juga beberapa obat yang tidak perlu resep dokter. Yuk, cari tahu pilihan obat tetes mata tanpa resep dokter di sini!

Pilihan Obat Tetes Mata Tanpa Resep Dokter

Mata merah terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah permukaan mata membesar atau meradang. Penyakit mata ini dapat memengaruhi satu atau kedua mata, dan bisa berkembang seiring waktu atau muncul secara tiba-tiba, seperti alergi atau cedera mata.

Untungnya, ada beberapa pilihan obat tetes yang bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter untuk mengatasinya berikut ini:

1. Naphazoline

Naphazoline dekongestan bisa kamu gunakan untuk mengobati iritasi ringan dan reaksi alergi yang menyebabkan kemerahan. Obat yang mengandung bahan ini juga bisa mengobati mata merah sebelah. Kamu dapat menemukan produk yang mengandung naphazoline dengan mudah di apotek terdekat.

2. Obat tetes mata tetrahydrozoline

Obat ini dapat mengobati mata merah. Ini biasanya hadir dalam obat tetes.

Sama halnya naphazoline, tetrahydrozoline adalah dekongestan. Beberapa kelebihan obat ini, antara lain:

  • Menghilangkan ruam alergi yang berwarna merah.
  • Mengatasi mata merah yang berhubungan dengan kelelahan.
  • Mencegah iritabilitas mata.

Namun, untuk beberapa kasus peradangan yang parah, kamu memerlukan resep dari dokter sebelum menggunakan obat tetes ini.

3. Pelumas mata lipid

Beberapa obat tetes mengandung lipid di dalamnya yang berfungsi sebagai air mata alami untuk melembapkan dan memulihkan mata yang meradang. Namun, masih ada perdebatan di kalangan dokter tentang penggunaan obat tetes jenis mata pelumas.

Sebab, beberapa obat ini mengandung pengawet yang tidak aman untuk mata. Namun, kamu bisa mendapatkan obat tetes pelumas mata di toko obat terdekat yang tidak mengandung bahan pengawet.

4. Obat tetes penstabil antihistamin/sel mast

Obat sakit mata ini efektif untuk mengatasi mata merah akibat konjungtivitis alergi. Produk ini bekerja dalam dua cara untuk meredakan gejala, yaitu dengan memblokir histamin dan menstabilkan sel mast.

Histamin adalah bahan kimia yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh kamu untuk membantu melawan ‘penyerang asing’. Hal ini bisa memicu mata merah dan gatal sebagai pertahanan terhadap alergen. Nah, antihistamin memblokir efek histamin tersebut, sehingga bisa membantu meredakan gejala.

Sedangkan sel mast adalah bagian lain dari sistem kekebalan tubuh. Mereka aktif sebagai respons terhadap alergen dan melepaskan banyak bahan kimia, termasuk histamin.

Stabilisator sel mast bekerja dengan membuat sel tersebut lebih kecil kemungkinannya untuk diaktifkan. Contoh obat jenis ini adalah ketotifen dan olopatadine.

5. Obat tetes kombinasi alergi

Agar lebih praktis, ada beberapa obat yang menggabungkan obat sakit mata dengan alergi menjadi satu. Obat yang dijual bebas ini mengandung antihistamin dan dekongestan. 

Terkadang pelumas juga bisa ditambahkan untuk memberikan kelembapan ekstra. Contoh obat ini, seperti oxymetazoline ophthalmic, napchon-A, opcon-A.

Selain itu, kamu juga perlu tahu beberapa Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Redakan Gejala Gatal dan Kemerahan.

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Tepat

Berikut ini cara menggunakan obat tetes mata dengan benar dan mudah:

  • Pertama-tama, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir, lalu keringkan dengan handuk bersih atau tisu kertas. 
  • Kocoklah botol obat tetes dengan lembut sesuai anjuran yang tertera dalam kemasan.
  • Buka tutup botol dan taruh tutup tersebut di atas permukaan yang bersih.
  • Periksa apakah ujung aplikator bersih. Bila kotor, sebaiknya buang botol obat tersebut dan dapatkan yang baru.
  • Setelah itu, miringkan kepala ke belakang atau berbaringlah telentang. Tarik kelopak mata bawah ke bawah dengan jari untuk membuat kantong tempat obat tetes mata akan diteteskan.
  • Pegang botol di atas mata, dengan ujung aplikator menghadap ke bawah. Usahakan agar ujung aplikator berada sedekat mungkin dengan mata tanpa menyentuh mata kamu.
  • Kemudian lihatlah ke atas, lalu pencet botolnya hingga satu tetes jatuh ke dalam kantong kelopak mata bawah.
  • Setelah itu, tutup mata dengan lembut dan miringkan kepala ke bawah menghadap lantai selama dua hingga tiga menit. Namun, jangan menutup kelopak mata dengan rapat, atau mengedip-ngedipkan mata.
  • Saat mata tertutup, gunakan satu jari untuk menekan dengan lembut sudut dalam mata. Ini untuk menghentikan obat mengalir ke saluran hidung dan masuk ke mulut atau tenggorokan.
  • Gunakan tisu untuk menyeka kelebihan cairan dari sekitar mata.

Pentingnya Menggunakan Obat Tetes Mata dengan Tepat

Penting untuk menggunakan obat tetes dengan benar. Teknik yang tepat membantu obat menyerap ke dalam mata, sehingga bisa bekerja dengan baik. 

Bila kamu perlu menggunakan lebih dari satu jenis obat tetes mata, misalnya obat tetes mata yang berbeda untuk kondisi mata yang berbeda, tunggu setidaknya lima menit untuk setiap jenis.

Itulah beberapa pilihan obat sakit mata merah. Penting untuk membaca label kemasan obat dan carilah daftar bahan aktif. Dengan begitu, kamu bisa tahu kandungan obat apa saja yang terdapat dalam obat tersebut. 

Selain dengan menggunakan obat-obatan, kamu bisa coba 6 Tips Meredakan Mata Merah dengan Cara Alami ini. Bila mata merah tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter mata.

Kamu juga bisa konsultasi dengan biaya yang lebih hemat menggunakan kode kupon, klik gambar di bawah ini.

chat dokter mata halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Red Eye.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Red Eyes.
GoodRx Health. Diakses pada 2023. Which Eye Drops Are Best for Red Eyes and Allergic Conjunctivitis?
Healthline. Diakses pada 2023. How to Use Eye Drops.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan