5 Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Palembang

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Maret 2022

“Dokter spesialis THT merupakan ahli medis yang memiliki kemampuan khusus untuk menangani berbagai masalah terkait telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokter ini bisa mendiagnosis, mengobati, mengelola, bahkan bila perlu, melakukan operasi untuk mengatasi masalah THT.”

5 Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Palembang5 Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Palembang

Halodoc, Jakarta – Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) adalah dokter yang memiliki spesialisasi dalam menangani masalah di telinga, hidung, atau tenggorokan, serta area terkait di kepala dan leher kamu.

Bila kamu memiliki keluhan pada kepala atau leher, dokter umum akan menyarankan kamu untuk menemui dokter ini.

Nah, bagi kamu yang tinggal di Palembang, tidak usah bingung mencari dokter spesialis THT yang handal dan tepercaya.

Apa yang Bisa Dokter Spesialis THT Lakukan?

Sebelum mengetahui rekomendasi dokter spesialis THT yang ada di Palembang, kamu perlu tahu dulu apa sih manfaatnya menemui dokter ini.

Dokter spesialis THT atau otolaringologis merupakan seorang yang ahli menangani berbagai masalah pada area telinga, hidung, tenggorokan, kepala, dan leher.

Mereka bisa mendiagnosis dan memberi pengobatan, bahkan melakukan operasi untuk mengatasi beberapa kondisi berikut:

  • Masalah Telinga

Dokter spesialis THT bisa menangani gangguan atau masalah telinga, seperti gangguan pendengaran, infeksi telinga, gangguan yang memengaruhi keseimbangan, tinnitus (telinga berdenging), atau nyeri di telinga. Mereka juga bisa mengobati kelainan bawaan pada telinga yang terjadi sejak lahir lho.

  • Masalah Hidung

Dokter spesialis THT juga sering menangani dan mengobati masalah yang memengaruhi hidung, rongga hidung, dan sinus. Masalah-masalah tersebut bisa memengaruhi penciuman, pernapasan, dan penampilan fisik orang yang mengidapnya.

  • Masalah Tenggorokan

Gangguan dan kondisi yang memengaruhi tenggorokan bisa menyebabkan kamu sulit berbicara, bernyanyi, makan dan menelan. Nah, dokter spesialis THT bisa mendiagnosis, mengelola, dan mengobati masalah-masalah tersebut.

  • Masalah pada Kepala dan Leher Terkait THT

Dokter spesialis THT juga dilatih untuk menangani penyakit, tumor, trauma, dan kelainan bentuk kepala, leher, dan wajah. Dokter ini juga bisa melakukan bedah kosmetik dan rekonstruktif di area-area tersebut. Dokter spesialis THT juga bisa mengatasi masalah dengan saraf di kepala dan leher yang mengontrol penglihatan, penciuman, pendengaran, dan gerakan wajah.

Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Palembang

Jadi, buat kamu yang tinggal di Palembang dan mengalami masalah pada telinga, hidung, dan tenggorokan, atau leher dan kepala, berikut beberapa rekomendasi dokter spesialis THT yang bisa kamu kunjungi:

  1. Dr. Wahyu Satrio Sp.THT-KL

Dr. Wahyu Satrio Sp.THT-KL merupakan lulusan universitas Sriwijaya pada tahun 2014 dan 2019. Saat ini, beliau praktik di Rumah Sakit Bunda dan Rumah Sakit Bhayangkara. Dengan pengalaman sebagai dokter selama 18 tahun, dr Wahyu ahli dalam menangani berbagai gangguan THT dan bisa memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi dan mengelolanya.

  1. Dr. Chelsia Septiany Sp.THT-KL

Salah satu dokter spesialis THT yang juga bisa kamu temui bila mengalami keluhan pada area tersebut adalah Dr. Chelsia Septiany Sp.THT-KL. Sama seperti dr Wahyu Satrio, dr Chelsia juga lulusan Universitas Sriwijaya, Palembang.

Memiliki pengalaman sebagai dokter selama 12 tahun, dokter Chelsia bisa membantu mendiagnosis gejala yang kamu alami pada area THT atau leher dan kepala, dan memberikan pengobatan yang tepat.  Bila kamu ingin berobat ke dr Chelsia, kamu bisa mengunjunginya di RS Karya Asih Charita, RSIA Mama, atau di RS RK Charitas.

  1. Dr. Fiona Widyasari Sp.THT-KL

Rekomendasi dokter spesialis THT lainnya yang bisa kamu kunjungi di Palembang adalah dr. Fiona Widyasari Sp.THT-KL. Dr. Fiona merupakan lulusan Universitas Sriwijaya pada tahun 2011, yang kemudian mengambil spesialis THT di universitas yang sama dan lulus pada tahun 2017.

Dokter spesialis THT yang sudah berpengalaman ini mampu mengobati berbagai masalah THT, mulai dari masalah kesehatan yang umum, kelainan bawaan, hingga kelainan bentuk. Saat ini, ia praktik di RSUP Dr. Mohammad Hoesin dan RSU Sriwijaya.

  1. Dr. Andrey Dwi Anandya Sp.THT-KL

Dr. Andrey Dwi Anandya Sp.THT-KL merupakan dokter spesialis THT yang sudah memiliki pengalaman selama 11 tahun.

Dokter spesialis lulusan Universitas Sriwijaya tahun 2018 ini bisa mengobati dan merawat berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pendengaran, sinusitis, kesulitan menelan, sering mendengkur, infeksi tumor di kepala atau leher, dan lain-lain.

Dokter Andrey akan mendiagnosis gejala yang kamu alami dan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasinya, serta perawatan untuk mengelolanya.

  1. Dr. Eriza  Sp.THT-KL(K)

Dr. Eriza  Sp.THT-KL(K) juga merupakan dokter spesialis THT lulusan universitas Indonesia tahun 2014.

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis THT selama 8 tahun, dr Eriza mampu mengobati dan mengelola berbagai masalah terkait THT dengan cermat dan penuh perhatian.

Saat ini, dr Eriza praktik di RDUP dr. Moh Hoesin.

Itulah beberapa rekomendasi dokter penyakit dalam di Palembang. Kamu juga bisa menghubungi dokter-dokter di atas untuk membicarakan masalah kesehatan kamu melalui aplikasi Halodoc lho.

Melalui Video/Voice Call atau Chat, kamu bisa tanya dokter mengenai solusi kesehatan yang tepat untuk masalah kesehatan kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2022. What Is an Otolaryngologist?
Everyday Health. Diakses pada 2022. When to See an Ear, Nose, and Throat Specialist

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan