5 Tips Ajarkan Anak untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juni 2019
5 Tips Ajarkan Anak untuk Menjaga Kesehatan Mata5 Tips Ajarkan Anak untuk Menjaga Kesehatan Mata

Halodoc, Jakarta – Mata adalah organ tubuh manusia yang rapuh dan perlu dirawat dengan hati-hati. Sangat penting buat orang tua untuk mengajarkan kepada anak pentingnya menjaga kesehatan mata.

Perawatan mata untuk anak-anak tergantung pada banyak faktor, seperti peran orang tua bisa proaktif dan memastikan anak merawat matanya dengan baik. Ini mulai dari melindungi mata dari luka dan membantu pengembangan penglihatan yang baik.

Baca juga: Ketahui 2 Hal yang Sering Diabaikan Orang tua Tentang Kesehatan Mata Anak

Ingin tahu bagaimana mengajarkan anak merawat kesehatan mata? Berikut ini tipsnya.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara terbaik untuk mengajarkan anak menjaga kesehatan mata adalah dimulai dari makanan yang dikonsumsinya. Saat anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan, mereka membutuhkan makanan yang tepat, sehingga indera penglihatan mereka menjadi setajam dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Karenanya, orang tua harus mengimbau anak untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti seng, vitamin C dan E, lutein, dan asam lemak omega-3. Ini termasuk:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung

  • Ikan berminyak, seperti tuna, salmon, dan mackerel

  • Sumber protein non-daging, seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan telur

  • Jus buah dan jeruk, seperti jeruk dan lemon

  • Makanan laut dan daging, seperti tiram dan babi

Konsumsi makanan sehat sejatinya akan melindungi mata dari dua hal. Pertama, itu akan melindungi mata dari kerusakan prematur. Nutrisi tertentu, seperti protein, sangat membantu untuk mengembangkan jaringan, sedangkan vitamin, misalnya C dan E membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan menangkal infeksi. Kedua, menjaga anak-anak dari obesitas, yang dapat menyebabkan komplikasi yang merusak mata, seperti diabetes.

Menerapkan Pola Tidur Teratur

Tidur nyenyak menyegarkan tidak hanya tubuh, tapi juga mata. Tidur yang cukup membuat penglihatan anak jernih dan segar, dan membantu kesehatan matanya.

Baca juga: Pencegahan Mata Malas pada Anak

Main di Luar

Kesalahan orang tua zaman now adalah membiarkan anak berlama-lama di gadget, padahal paparan layar gadget sangat bisa membuat mata anak rusak. Ketika anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dapat membantu mereka terhindar dari masalah mata, terutama miopia.

Melihat berbagai warna dan mengalami perbedaan jarak pandang juga akan menstimulasi indera anak-anak dan membantu mereka berkembang secara normal, seperti apa yang dilakukan olahraga terhadap otot, dalam hal ini termasuk otot mata.

Gunakan Perawatan yang Tepat saat Cedera

Jika anak-anak melukai matanya, pastikan orang tua mengambil langkah-langkah tepat untuk merawat mereka. Berikut ini tips-tips untuk diingat:

  • Jangan menyentuh, menggosok, ataupun memberi tekanan pada mata

  • Jika ada benda yang bersarang di dalam mata, jangan lepaskan sendiri. Jika kecil, minta anak untuk berkedip cepat karena ini dapat menghilangkan objek dari mata

  • Jangan biarkan anak oleskan obat atau salep ke matanya sendiri

  • Hindari mata menjadi kering

  • Jika mata tertusuk atau terpotong, tutuplah dengan benar

  • Bawa anak ke dokter untuk memastikan bahwa perawatan yang tepat diberikan

Hindari Menggosok Mata

Menggosok mata sering dapat menyebabkan kuman menyebar dan menyebabkan infeksi. Orangtua harus memberikan pemahaman kepada anak untuk menghindari aktivitas ini. Seperti anak-anak dengan konjungtivitis tidak boleh menggosok mata mereka karena dapat memperburuk efek buruk virus. Kebersihan mata perlu diberi prioritas. Ingatkan anak untuk selalu mencuci tangan saat beraktivitas.

Untuk informasi lebih jelas mengenai mengajarkan anak pentingnya menjaga kesehatan mata, bisa langsung hubungi rumah sakit dengan dokter pilihan ibu sesuai domisili melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan