5 Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Perubahan Cuaca

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Maret 2022

“Salah satu cara menjaga kesehatan anak saat perubahan cuaca adalah dengan menerapkan pola makan sehat.”

5 Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Perubahan Cuaca5 Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Perubahan Cuaca

Halodoc, Jakarta – Kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini bisa menyebabkan anak jatuh sakit. Anak menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit, salah satunya flu. Tidak hanya flu, ketika cuaca sedang tidak menentu di musim pancaroba, beberapa penyakit lain seperti demam berdarah atau diare bisa membahayakan kesehatan anak

Meskipun begitu, penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan anak saat perubahan cuaca terjadi yang bisa orangtua ikuti.

Pola Makan Sehat dan Pentingnya Menjaga Kebersihan 

Flu adalah penyakit yang paling sering terjadi karena perubahan cuaca dan rentan menyerang anak-anak. Mengapa demikian? Pada saat udara dingin atau saat musim hujan, saluran pernapasan anak akan mengalami penurunan suhu, khususnya pada bagian hidung. Udara dingin memang menjadi waktu yang tepat bagi virus untuk berkembang biak dan membuat anak lebih mudah terkena berbagai penyakit. 

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan anak di musim perubahan cuaca seperti sekarang ini?

1. Menerapkan Pola Makan Sehat 

Menerapkan pola makan sehat dengan gizi yang seimbah adalah salah satu tips yang bisa orangtua lakukan untuk menjaga kesehatan anak. Pola makan sehat bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga, ia akan terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. 

Beberapa makanan yang direkomendasikan ialah jeruk, stroberi, brokoli, tomat, dan sayuran berwarna hijau. Asupan makanan tersebut memiliki banyak kandungan vitamin B dan C yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

2. Mengajarkan Anak Mencuci Tangan

Ketika bermain, anak akan menggunakan tangannya untuk menggenggam sesuatu yang memungkinkan tangan menjadi media perantara virus. Apabila anak sudah selesai bermain dan ingin mengonsumsi makanan, ajaklah anak untuk segera mencuci tangan.

3. Menjauhkan Anak dari Sumber Virus

Ketika anak sedang bermain dengan teman-temannya, terkadang ada saja temannya yang sedang mengidap suatu penyakit tertentu, seperti flu. Jika sudah begitu, segera jauhkan anak dari orang atau anak yang mengidap penyakit flu tersebut.

4. Membuka Jendela Rumah saat Pagi Hari

Rutin membuka jendela di rumah bisa membantu sirkulasi udara yang baik, sehingga semua anggota keluarga, termasuk anak-anak, dapat menghirup udara segar. Pertukaran udara yang baik dapat dan mengurangi risiko penyebaran virus di dalam rumah.

5. Membersihkan Barang yang Tidak Terpakai

Hindari kebiasaan menimbun barang yang sudah tidak terpakai. Karena jika kamu sering melakukannya, hal itu bisa membuat nyamuk bersarang di tempat tersebut. Dengan begitu, risiko anak terkena demam berdarah menjadi tinggi.

Itulah 5 tips menjaga kesehatan anak saat perubahan cuaca yang bisa dipraktikkan. Dengan menjalankan lima tips tersebut, orangtua bisa meminimalkan anak dari kemungkinan terkena penyakit selama cuaca tak menentu.

Ada baiknya saat anak mengalami keluhan kesehatan, segeralah mendiskusikannya dengan dokter anak. Salah satu cara praktis untuk berdiskusi dengan dokter adalah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
Parenting First Cry. Diakses pada 2022. Make Sure Your Little One Doesn’t Fall Ill With Seasonal Changes Coming Up – Follow These 12 Tips!
Very Well Family. Diakses pada 2022. Tips to Help Keep Your Children Healthy During the Winter.
Parent Circle. Diakses pada 2022. Dos and Don’ts To Protect Your Child During Weather Changes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan