6 Cara Efektif Mengatasi Infeksi Jamur pada Vagina

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Desember 2022

“Ada beberapa pengobatan yang efektif mengatasi infeksi jamur pada vagina. Beberapa yang direkomendasikan dokter yaitu, terapi jangka pendek, obat oral dosis tunggal, dan suplemen probiotik.”

6 Cara Efektif Mengatasi Infeksi Jamur pada Vagina6 Cara Efektif Mengatasi Infeksi Jamur pada Vagina

Halodoc, Jakarta – Infeksi jamur pada vagina terjadi akibat pertumbuhan jamur Candida albicans secara berlebih. Kondisi tersebut dapat memicu iritasi, peradangan, gatal, dan keluar cairan yang terasa menyakitkan. 

Bagi kamu yang baru pertama kali mengalami infeksi jamur vagina, maka kamu perlu mendapatkan pemeriksaan dokter untuk mengetahui diagnosis dan pengobatan. Perawatan yang paling efektif untuk mengatasi infeksi jamur pada vagina yaitu obat antijamur khusus yang diresepkan oleh dokter. 

Obat yang Efektif untuk Atasi Infeksi Jamur pada Vagina

Perawatan infeksi jamur pada vagina tergantung pada tingkat keparahan dan frekuensi munculnya gejala dan infeksi. Terkadang kondisi infeksi dapat diobati dengan obat-obatan bebas resep. Namun, jika kamu belum yakin sedang mengalami infeksi jamur, maka sebaiknya tanyakan pada dokter untuk memastikan pengobatan yang tepat. 

Jika dokter mendiagnosis adanya infeksi jamur pada vagina, maka ia akan meresepkan salah satu obat berikut:

1. Terapi vagina jangka pendek

Pengobatan pertama, dokter mungkin meresepkan obat antijamur yang dikonsumsi dalam tiga hingga tujuh hari. Dalam jangka waktu tersebut biasanya infeksi jamur akan hilang. Obat antijamur yang dapat diberikan dalam bentuk krim, salep, tablet dan supositoria (berbentuk peluru).  

2. Obat oral dosis tunggal

Dokter mungkin meresepkan flukonazol obat oral dosis tunggal. Namun, obat ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Untuk mengelola gejala yang lebih parah, dokter mungkin dapat menganjurkan untuk meminum dua dosis tunggal dengan jarak tiga hari. 

3. Asam borat

Obat berikutnya yaitu asam borat. Ini adalah antiseptik bersifat kuat yang efektif mengobati infeksi jamur yang kebal terhadap pengobatan lain. Asam borat tersedia dalam bentuk suppositoria, sehingga dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada vagina secara langsung.

Namun,  perlu diwaspadai asam borat dapat bersifat beracun jika dalam jumlah besar. Beberapa efek sampingnya yaitu kerusakan ginjal, gangguan sistem peredarah darah akut, bahkan kematian jika menyerap terlalu banyak. 

Obat ini tidak boleh diminum atau digunakan pada kulit yang bermasalah. Selain itu juga tidak direkomendasikan untuk wanita hamil

4. Supositoria dan suplemen probiotik

Probiotik telah dikenal sebagai senyawa yang dapat memulihkan keseimbangan bakteri ragi di tubuh. Suplemen probiotik yang mengandung strain bakteri Lactobacillus acidophilus, bermanfaat untuk menyeimbangkan saluran pencernaan dan flora dalam vagina. Kamu juga bisa mengonsumsi yoghurt sebagai sumber probiotik. 

Suplemen probiotik orang mungkin membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk melihat efektivitas. Namun, jika ingin hasil yang lebih cepat, kamu bisa menggunakan probiotik dalam bentuk supositoria vagina. 

5. Hidrogen peroksida

Cara berikutnya untuk mengatasi infeksi jamur pada vagina yaitu dengan hidrogen peroksida, yang merupakan antiseptik untuk membunuh bakteri dan ragi.  Hidrogen peroksida diproduksi Lactobacillus di vagina dan secara alami merupakan bagian dari aktivitas biologis untuk melawan ragi. 

Cara menggunakan hidrogen peroksida yaitu dengan mengencerkannya dengan air terlebih dulu, sebelum mengoleskan ke alat kelamin. Selain itu hindari menggunakannya untuk waktu yang lama. 

6. Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C juga salah satu cara untuk mengatasi infeksi jamur. Seperti yang diketahui, vitamin C merupakan penguat sistem imun tubuh dan berperan dalam kesehatan kulit. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka memungkinkannya untuk melawan infeksi, termasuk infeksi jamur.

Vitamin C juga disebut asam askorbat, yang memiliki komponen antimikroba untuk menghambat pertumbuhan berlebih Candida. Cobalah untuk meningkatkan asupan vitamin C untuk meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi jamur. Namun hindari mengoleskan vitamin C asam ke jaringan vagina yang sensitif.

Itulah obat yang efektif untuk mengatasi infeksi jamur pada vagina. Jika sudah mendapatkan resep dari dokter, kamu bisa cek kebutuhan medis di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Yeast infection (vaginal)
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Home Remedies for Vaginal Yeast Infections
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Vaginal Yeast Infection
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to get rid of a yeast infection
WebMD. Diakses pada 2022. Remedies for Yeast Infections

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan