• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan Tubuh

6 Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 November 2022

“Daun mimba adalah tanaman tradisional yang bersifat antibakteri, antivirus dan antikanker. Manfaatnya mampu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.”

6 Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan Tubuh6 Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Daun mimba atau neemba dalam bahasa Sansekerta adalah ramuan obat yang menjadi bagian dari pengobatan tradisional. Bahan alami ini sudah digunakan sejak hampir 5000 tahun lalu.

Tanaman yang bisa disebut Azadirachta Indica ini mengandung lebih dari 130 senyawa aktif. Di antaranya hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, dan nimbine. 

Daun ini juga bersifat antivirus, antibakteri dan antikanker yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Manfaatnya mulai dari meningkatkan kesehatan rambut hingga organ hati dan ginjal.

Manfaat Kesehatan dari Daun Mimba

Dari meningkatkan kesehatan rambut hingga mampu menyembuhkan luka, berikut ini manfaat dari daun mimba:

1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Ekstrak biji daun mimba mengandung azadirachtin, yakni senyawa aktif yang melawan parasit pada rambut. Cara kerjanya dengan mencegah pertumbuhan dan mengganggu proses reproduksi parasit.

Kandungan lainnya yakni nimbidin. Senyawa ini efektif mengatasi ketombe karena memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Dengan begitu, masalah iritasi kulit akibat penumpukan jamur di kulit kepala bisa dicegah.

2. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Sifat antiseptik, antiinflamasi dan antioksidan di dalam Neemba dapat meningkatkan kesehatan mulut. Bahan alami ini juga dapat membantu mengobati radang gusi, periodontitis dan kerusakan gigi.

Kandungan di dalam tanaman herbal ini efektif menekan pertumbuhan bakteri di permukaan gigi. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk berkumur-kumur menggunakan air dari ekstrak daun setiap hari.

3. Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalam daun mimba dapat membantu melawan stres oksidatif akibat penumpukan radikal bebas. Kandungan tersebut menjadi penyebab kerusakan organ hati dan ginjal.

Cara kerjanya dengan meningkatkan efektifitas kinerja organ hati dan ginjal untuk menyaring kelebihan limbah di dalam darah. Limbah ini kemudian dibuang ke luar tubuh bersamaan dengan urine.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Daun mimba kaya akan asam lemak, termasuk asam oleat, stearat, palmitat dan linoleat. Kandungan tersebut bersifat antiinflamasi, antioksidan dan antimikroba yang efektif membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Salah satu manfaatnya adalah mengurangi peradangan jerawat. Sifat antibakteri dalam daun mimba bekerja dengan membutuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Mengobati Luka di Kulit

Daun mimba dapat mempercepat penyembuhan luka melalui peningkatan respons inflamasi dan pembentukan pembuluh darah baru. Caranya dengan mengoleskan 100 miligram ekstrak minyak daun sebanyak 2 kali sehari.

6. Mengobati Penyakit Maag

Maag atau dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut yang menimbulkan sensasi perut terasa penuh, panas pada perut bagian atas dan kembung. Gejala ini bisa diatasi dengan mengonsumsi 30 miligram ekstrak mimba sebanyak 2 kali sehari.

Meski terbilang aman karena merupakan bahan alami, pengidap alergi tidak boleh sembarangan mengonsumsinya. Tanya dokter terlebih dulu guna meminimalisir risiko efek samping yang bisa saja dialami.

Daun mimba juga tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis berlebihan. Sebab, tanaman herbal ini bisa memicu kerusakan hati dan ginjal serta penurunan jumlah sperma.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Neem Extract? Benefits, Uses, Risks, and Side Effects.
Food NDTV. Diakses pada 2022. 10 Wonderful Benefits and Uses of Neem: A Herb That Heals.