6 Makanan untuk Meningkatkan Kolagen pada Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Oktober 2022

“Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah daging ayam, khususnya bagian pahanya.”

6 Makanan untuk Meningkatkan Kolagen pada Kulit6 Makanan untuk Meningkatkan Kolagen pada Kulit

Halodoc, Jakarta – Kolagen merupakan salah satu protein penting yang memiliki berbagai fungsi pada tubuh. Contohnya seperti memberi kekuatan dan elastisitas kulit, sekaligus membantu pergantian sel kulit mati. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan produksi kolagen. 

Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai tanda penuaan, seperti kulit keriput. Karena itu, penting untuk memenuhi asupan kolagen agar kesehatan dan kecantikan kulit senantiasa terjaga. 

Nah, kamu dapat memenuhinya melalui konsumsi suplemen atau makanan sehat tertentu yang dapat meningkatkan kolagen. Namun, kira-kira apa saja makanan tersebut? 

Makanan untuk Tingkatkan Kolagen pada Kulit

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit: 

1. Daging ayam 

Makanan pertama yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi adalah daging ayam. Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen berasal dari daging ayam. Hal ini lantaran daging ayam memiliki berbagai nutrisi penting, salah satunya adalah kolagen. Secara spesifik, paha ayam bagian daging yang menjadi sumber kolagen terbaik dari daging ayam. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukan daging ayam, terutama paha ayam pada menu makanan sehari-hari. 

2. Putih telur

Makanan selanjutnya yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen adalah putih telur. Meski telur tidak mengandung jaringan ikat seperti daging ayam, tetapi putih telur memiliki prolin dalam jumla tinggi. Perlu diketahui bahwa prolin, merupakan salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen pada tubuh. 

3. Ikan dengan kulitnya

Selain daging ayam dan putih telur, ikan juga menjadi sumber kolagen yang baik dari makanan. Namun, pastikan untuk mengonsumsi ikan, bersamaan dengan kulitnya. Sebab, kandungan kolagen pada ikan, tersimpan pada kulitnya. 

Selain memiliki kandungan kolagen, ikan juga diketahui memiliki kadar protein yang tinggi, dan diperkaya oleh nutrisi penting lainnya. Contohnya seperti vitamin D dan asam lemak omega-3 yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. 

4. Sayuran berdaun hijau

Beberapa jenis sayuran berdaun hijau, memang diketahui memegang peranan penting dalam pola makan sehat. Sebab, sayuran berdaun hijau mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin. 

Namun, sayuran tertentu seperti kale dan bayam, juga dapat meningkatkan kolagen pada tubuh. Alasannya, sayuran tersebut mendapatkan warnanya dari klorofil, yang diketahui memiliki sifat antioksidan. Nah, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi klorofil dapat meningkatkan prekursor kolagen pada kulit. 

5. Kaldu tulang 

Banyak orang yang meyakini bahwa kaldu tulang atau bone broth merupakan sumber kolagen alami. Sebab, kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat yang dapat mengandung berbagai nutrisi penting. Misalnya seperti kalsium, fosfor, magnesium, glukosamin, asam amino, kondroitin, hingga kolagen. 

Namun, setiap kaldu tulang tentunya akan memiliki kandungan nutrisi, terutama kolagen, yang bervariasi. Pasalnya, kualitas tulang, dan bahan tambahan yang digunakan untuk memasak, akan berbeda. 

6. Buah citrus

Aneka buah citrus, seperti jeruk, juga diyakini sebagai makanan yang dapat meningkatkan kadar kolagen pada tubuh. Hal ini lantaran buah-buahan citrus diketahui tinggi akan vitamin C.

Nah, vitamin C diketahui memainkan peran penting dalam produksi pro-kolagen, yaitu prekursor tubuh untuk kolagen. Selain membantu produksi kolagen, tentunya vitamin C juga diketahui memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan, seperti menjaga daya tahan tubuh. 

Selain itu, Ini 6 Buah yang Mengandung Kolagen untuk Merawat Kesehatan Kulit.

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolagen pada tubuh. Selain memenuhi asupan kolagen dan nutrisi penting lainnya dari konsumsi makanan sehat, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kesehatan. Hal ini merupakan bagian dari pola hidup sehat, yang bertujuan untuk mendeteksi risiko penyakit sedari dini. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter untuk memeriksakan kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Foods That Help Your Body Produce Collagen. 
WebMD. Diakses pada 2022. Healthy Foods High in Collagens. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan