• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Baik untuk Pengidap Penyakit Ginjal

6 Makanan yang Baik untuk Pengidap Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Walaupun ukurannya kecil, ginjal adalah organ yang punya fungsi penting untuk tubuh kamu. Organ yang berbentuk seperti kacang ini bertanggung jawab untuk menyaring produk limbah, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, memproduksi urin, dan banyak tugas penting lainnya.

Karena fungsinya amat vital, hal-hal yang dapat mengganggu fungsi ginjal harus diwaspadai. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, limbah dapat menumpuk di dalam darah, dan dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Tanda Awal Penyakit Ginjal

Makanan yang Baik untuk Pengidap Penyakit Ginjal

Seseorang yang sudah terserang penyakit ginjal wajib memperhatikan asupannya sehari-hari guna mencegah kondisinya berkembang menjadi buruk. Itu sebabnya, seseorang yang sudah terserang penyakit ginjal wajib memperhatikan asupannya sehari-hari guna mengurangi jumlah limbah dalam darah. Berikut beberapa contoh makanan yang dinilai baik untuk pengidap penyakit ginjal:

1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu jenis beri-berian dengan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan yang disebut antosianin dalam blueberry dapat melindungi dari penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan kognitif, dan diabetes. Seperti diketahui, penyakit-penyakit tersebut mampu meningkatkan risiko penyakit ginjal. Bukan itu saja, blueberry juga rendah natrium, fosfor, dan kalium, zat-zat yang perlu diwaspadai untuk orang dengan penyakit ginjal. 

2. Putih Telur

Meskipun kuning telur sangat bergizi, bagian telur tersebut mengandung banyak fosfor. Jadi, putih telur adalah pilihan yang lebih baik bagi orang-orang yang mengidap penyakit ginjal. Putih telur menyediakan sumber protein berkualitas tinggi yang ramah untuk ginjal. Selain itu, putih telur adalah pilihan yang sangat baik untuk orang yang sedang menjalani perawatan dialisis. 

3. Bawang Putih

Orang dengan masalah ginjal disarankan untuk membatasi jumlah natrium dalam makanannya, termasuk menambahkan garam. Nah, bawang putih bisa dijadikan alternatif yang lezat untuk garam. Selain menambah rasa pada hidangan, bawang dapat memberikan manfaat nutrisi. Ini adalah sumber mangan, vitamin C dan vitamin B6 yang baik dan mengandung senyawa sulfur yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Baca juga: Hindari 5 Minuman Ini untuk Ginjal Sehat

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak yang sehat dan bebas fosfor. Sering kali, pengidap penyakit ginjal lanjut mengalami kesulitan menjaga berat badan. Oleh karenanya, konsumsi makanan sehat dan berkalori tinggi seperti minyak zaitun amat dibutuhkan. Mayoritas lemak yang terkandung minyak zaitun adalah asam oleat, yakni lemak tak jenuh tunggal yang memiliki sifat anti-inflamasi. 

5. Kubis

Kubis masuk dalam keluarga sayuran silangan dan sarat dengan vitamin, mineral, serta senyawa tanaman yang kuat. Sayuran yang satu ini juga sumber vitamin K, vitamin C, dan banyak vitamin B.

Tidak sampai disitu, kubis menyediakan serat tidak larut, sejenis serat yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan mendorong buang air besar secara teratur. Ditambah lagi, sayuran yang satu ini rendah kalium, fosfor, dan natrium.

6. Ayam Tanpa Kulit

Walaupun beberapa pengidap masalah ginjal perlu membatasi asupan protein, protein yang berkualitas tinggi dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Dada ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium dibandingkan ayam berkulit. Jadi, sebaiknya pilih dada ayam tanpa kulit untuk seseorang yang mengidap penyakit ginjal.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Penyakit Ginjal

Masih punya pertanyaan lain seputar penyakit ginjal? Hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc saja. Kamu dapat menghubungi dokter kapan dan di mana pun kamu butuhkan via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 20 Best Foods for People with Kidney Disease.
American Kidney Fund. Diakses pada 2020. Kidney-friendly diet for CKD.