• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Penyakit Ginjal

4 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang ukurannya tidak terlalu besar dan berada pada punggung bagian bawah. Tentunya menjaga kesehatan ginjal menjadi hal yang cukup penting. Bagaimana tidak? Gangguan yang terjadi pada ginjal dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan, mulai dari penumpukan limbah dalam tubuh, anemia, hingga keracunan.

Baca juga: Kapan Pengidap Penyakit Ginjal Membutuhkan Donor?

Ginjal memiliki banyak fungsi dalam tubuh, seperti membantu tubuh mengeluarkan urine, membuang limbah atau racun yang berada dalam tubuh, menyaring darah, hingga menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa kebiasaan baik yang membantu menjaga kesehatan ginjal dan mencegah penyakit ginjal. 

Waspada Penyakit Ginjal

Seseorang dikatakan mengalami penyakit ginjal ketika terdapat gangguan pada organ tubuh tersebut. Ada berbagai jenis penyakit ginjal yang bisa dialami oleh siapa saja, seperti gagal ginjal, penyakit ginjal kronis, batu ginjal, hingga infeksi ginjal. Umumnya, ada beberapa gejala yang menandakan bahwa seseorang mengalami penyakit ginjal, seperti penurunan volume urine dan warna urine yang dihasilkan.

Penyakit ginjal juga ditandai dengan nyeri pada punggung bawah, nyeri saat buang air kecil, kelelahan, sesak napas, peningkatan tekanan darah, hingga anemia. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung dengan dokter seputar keluhan kesehatan yang dialami agar mendapatkan penanganan segera.

Pemeriksaan yang dilakukan sejak dini dapat menghindari kamu dari berbagai komplikasi yang mungkin terjadi akibat adanya penyakit ginjal. Pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan kesehatan ginjal, seperti tes darah, tes urine, USG ginjal, dan biopsi.

Baca juga: Waspada Gangguan Ginjal saat Muncul Sakit Pinggang?

Lakukan Kebiasaan Ini untuk Cegah Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal disebabkan oleh berbagai faktor, seperti obesitas, memiliki penyakit kronis, serta mengalami infeksi saluran kemih. Penyakit ginjal juga bisa terjadi saat kamu memiliki pola makan yang buruk, jarang minum air putih, dan memiliki sistem imun tubuh yang lemah.

Untuk itu, lakukan kebiasaan berikut untuk mencegah penyakit ginjal, yaitu:

1.Banyak Mengonsumsi Air Putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik menjadi salah satu cara untuk cegah penyakit ginjal. Melansir National Kidney Foundation, air putih menjadi salah satu pilihan yang baik untuk kesehatan ginjal. Memenuhi kebutuhan air per harinya menghindarkan kamu dari batu ginjal. Air juga membantu ginjal untuk mengeluarkan limbah dari dalam tubuh melalui urine.

2.Rajin Berolahraga

Rajin melakukan olahraga membantu kamu menjaga berat badan dan terhindar dari obesitas. Melansir The Obesity Action Coalition, obesitas meningkatkan risiko penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi yang menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras. Peningkatan fungsi normal pada ginjal ini yang menyebabkan seseorang alami penyakit ginjal.

3.Jalani Pola Makan Sehat

Batasi konsumsi gula dan garam agar kesehatan ginjal tetap terjaga. Melansir National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, jalani pola makan yang sehat dengan memperbanyak mengonsumsi buah, sayuran, susu rendah lemak, dan makanan bebas lemak. 

4.Hindari Rokok dan Alkohol

Menghindari kebiasaan merokok dan pengonsumsian alkohol menjadi cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal agar dalam berfungsi optimal.

Baca juga: Awas, Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Gangguan Ginjal

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Tidak ada salahnya untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit terdekat agar gula darah maupun tekanan darah dapat dikontrol dan mencegah adanya gangguan pada ginjal.

Referensi:
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2020. Preventing Chronic Kidney Disease
The Obesity Action Coalition. Diakses pada 2020. Obesity and Kidney Disease
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. Water and Hydration