• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Olahraga yang Dapat Memperkuat Otot Jantung

6 Olahraga yang Dapat Memperkuat Otot Jantung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Olahraga yang Dapat Memperkuat Otot Jantung

“Otot jantung menjadi lebih kuat dan sehat jika seseorang aktif secara fisik dan rutin berolahraga. Aerobik dan latihan ketahanan tubuh adalah olahraga yang baik untuk kekuatan otot jantung. Lakukan olahraga yang kamu senangi secara rutin dan tingkatkan secara bertahap, agar kesehatan dan kekuatan otot jantung tetap terjaga”

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya jantung adalah otot, dan otot jantung menjadi lebih kuat dan sehat jika seseorang rutin berolahraga. Tidak harus menjadi atlet untuk rutin berolahraga. Bahkan berjalan cepat selama 30 menit sehari dapat memberikan perubahan baik untuk otot jantung. 

Perlu diketahui, orang yang tidak pernah berolahraga, hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang aktif. Untuk memulai olahraga, pikirkan olahraga apa yang ingin kamu lakukan, dan seberapa cocok dengan kondisi tubuhmu. Lantas, olahraga apa saja yang baik untuk kesehatan otot jantung?

Baca juga: Fakta & Mitos yang Perlu Anda Ketahui Seputar Jantung

Olahraga untuk Otot Jantung yang Sehat

Berbagai jenis olahraga diperlukan untuk tubuh yang bugar. Aerobik dan latihan ketahanan tubuh adalah olahraga yang baik untuk kekuatan otot jantung. Berikut ini beberapa olahraga yang baik dilakukan untuk otot jantung yang sehat:

  1. Aerobik

Olahraga aerobik meningkatkan sirkulasi darah, yang menghasilkan penurunan tekanan darah dan detak jantung. Olahraga ini juga membantu curah jantung atau seberapa baik jantung memompa. Aerobik juga mengurangi risiko diabetes tipe 2, jika seseorang sudah memiliki diabetes sebelumnya. Olahraga ini idealnya dilakukan selama 30 menit sehari, setidaknya lima kali dalam seminggu. 

  1. Olahraga Interval

Olahraga ini baik untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kebugaran tubuh. Untuk melakukan olahraga ini, kamu bisa menggabungkan olahraga intensitas tinggi dengan singkat. 

Misalnya kamu memiliki olahraga jalan kaki, kamu bisa melakukannya dengan 3 menit berjalan dengan kecepatan normal, dan 1 menit dengan kecepatan tinggi. 

Dengan begitu detak jantung akan meningkat dan menurun secara terus-menerus. Hal ini baik untuk otot jantung, fungsi pembuluh darah, membakar kalori, dan tubuh lebih efektif dalam membersihkan lemak dan gula darah. 

  1. Latihan Beban

Olahraga ini melibatkan banyak otot dan membangun keseimbangan tubuh. Otot tubuh yang kuat akan meringankan beban pada jantung. Kamu bisa melakukan latihan beban di gym dengan peralatan yang tersedia. Bisa juga dilakukan di rumah jika memiliki barbel, atau benda-benda tertentu yang memiliki berat yang cukup.

Baca juga:  4 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Disadari

  1. Core Training

Salah satu olahraga yang melatih otot inti tubuh yaitu pilates. Latihan inti akan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, serta otot jantung. 

  1. Yoga

Ketenangan yang didapatkan dari olahraga yoga dapat menurunkan tekanan darah. Pembuluh darah pun lebih elastis, dengan begitu kesehatan otot jantung pun meningkat. 

  1. Fisik yang Aktif Sepanjang Hari

Selain olahraga, terkadang aktif secara fisik pun cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Orang yang aktif dalam aktivitas sepanjang hari, bisa membakar banyak kalori. Contoh aktivitas yang dapat dilakukan seperti membersihkan rumah, berkebun, atau mencuci mobil. 

Aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari, sama sehatnya dengan berolahraga selama 30 hingga 60 menit. Gunakan juga pedometer untuk mengukur seberapa aktif kamu di luar waktu olahraga. 

Sebagai langkah awal, kamu bisa melakukan olahraga yang kamu senangi selama 30 menit sehari, setidaknya 5 kali dalam seminggu. Lakukan secara perlahan sampai kamu bisa berolahraga lebih lama atau lebih menantang. Pastikan untuk meningkatkan intensitas secara bertahap, agar otot jantung dan tubuh bisa menyesuaikan. 

Baca juga: Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

Saat berolahraga, pertahankan kecepatan selama beberapa menit di awal dan akhir latihan. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah olahraga. 

Ketahui juga, bahwa kamu tidak harus melakukan jenis olahraga yang sama setiap hari. Mungkin akan lebih menyenangkan jika berganti-ganti olahraga setiap hari. Jika otot jantung mengalami perbaikan maupun bermasalah, jangan ragu untuk bertanya pada dokter ahli di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. 3 Kinds of Exercise That Boost Heart Health
Prevention. Diakses pada 2021. 8 Best And Worst Exercises For Your Heart
WebMD. Diakses pada 2021. Exercise for a Healthy Heart