• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur pada Remaja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur pada Remaja

6 Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur pada Remaja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Oktober 2022

“Gangguan tidur pada remaja bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari stres akibat tuntutan yang tinggi di sekolah hingga masalah kesehatan mental. Dengan mengetahui penyebabnya, pengobatan pun bisa dilakukan dengan tepat.”

6 Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur pada Remaja6 Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur pada Remaja

Halodoc, Jakarta – Semua orang perlu mendapatkan tidur malam yang cukup, tidak terkecuali anak-anak remaja. Namun, gangguan tidur pada remaja sudah menjadi masalah kesehatan yang semakin umum belakangan ini.

Gangguan tidur menyebabkan beberapa anak remaja tetap terjaga di malam hari, bahkan ketika mereka sebenarnya sudah lelah dan ingin tidur. Remaja yang kurang tidur mungkin tidak bisa berprestasi dengan baik di sekolah. 

Mereka mungkin juga merasa murung, depresi, atau memiliki masalah emosional lainnya. Oleh karena itu, orang tua perlu tahu apa penyebab gangguan tidur pada remaja agar bisa memberikan penanganan yang tepat. 

Penyebab Gangguan Tidur pada Remaja

Anak-anak remaja perlu tidur selama 8-10 jam setiap malam. Jadi, bila anak harus sekolah pada jam 6 pagi, artinya mereka harus tidur pada jam 10 malam. Namun nyatanya, banyak anak remaja sulit tidur pada waktu sepagi itu, karena otak mereka secara alami bekerja pada jadwal yang lebih malam. 

Setiap orang memiliki jam internal yang mengatur ritme sirkadian mereka, yaitu siklus saat seseorang tidur dan tetap terjaga. Nah, selama masa pubertas, remaja mengalami perubahan pada jam internal ini. Ritme sirkadian mereka mungkin secara alami bergeser untuk membuat mereka ingin tertidur sekitar 2 jam kemudian.

Salah satu alasannya mungkin karena anak remaja memproduksi melatonin, yaitu hormon yang secara alami membantu tertidur, lebih lambat di malam hari daripada yang dilakukan anak-anak atau orang dewasa. Hal itu mungkin yang membuat mereka bisa begadang nantinya.

Selain itu, ada juga beberapa penyebab gangguan tidur pada remaja lainnya, antara lain:

1. Jadwal aktivitas yang padat, sekolah, dan stres

Tidak bisa dimungkiri bahwa anak-anak remaja zaman sekarang memiliki jadwal aktivitas dan pekerjaan sekolah yang lebih padat. Apalagi bagi anak-anak yang sudah berada di sekolah menengah. Mereka mungkin bisa begadang untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau belajar untuk ujian. Itulah mengapa stres sering dialami oleh para remaja hingga menyebabkan  gangguan tidur  seperti insomnia.

2. Kafein

Anak remaja yang suka mengonsumsi minuman berkafein mungkin lebih sulit tidur di malam hari. Teh, kopi, dan minuman berenergi, semuanya mengandung kafein dan bisa menjadi penyebab utama gangguan tidur pada remaja.

3. Gadget

Banyak anak remaja menghabiskan banyak waktu bermain smartphone atau tablet mereka. Mereka begadang untuk menonton video, bermain media sosial, dan lain-lain. Nah, cahaya terang dan cahaya biru dari gadget bisa menunda pelepasan melatonin, sehingga membuat mereka semakin sulit untuk tidur, bahkan setelah mereka mematikan perangkat.

4. Obat-obatan

Stimulan resep, obat penenang, dan steroid juga bisa mengganggu pola tidur pada remaja.

5. Masalah medis

Ada berbagai kondisi medis tertentu yang juga bisa menjadi penyebab gangguan tidur pada anak remaja, seperti:

  • Restless legs syndrome (RLS), yaitu dorongan untuk menggerakkan kaki, terutama pada malam hari. Akibatnya, anak remaja mungkin merasa kram, kesemutan, gatal atau terbakar yang mengganggu tidur malam mereka.
  • Obstructive sleep apnea, ketika seseorang berhenti bernapas saat tidur.
  • Narkolepsi. Ini jarang terjadi, tapi gejalanya sering dimulai selama masa kanak-kanak dan remaja. Narkoleps bisa membuat anak remaja kesulitan tidur di malam hari dan sering terbangun.

6. Masalah kesehatan mental

Masalah kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan stres pasca trauma (PTSD) juga bisa menyebabkan gangguan tidur pada remaja.

Itulah penyebab gangguan tidur pada remaja. Pada dasarnya, semua orang bisa mengalami kesulitan tidur dari waktu ke waktu. Namun, bila anak remaja mengalami gangguan tidur selama beberapa malam dalam seminggu atau berbulan-bulan, inilah saatnya untuk membawanya ke dokter. 

Ibu bisa memeriksakan kesehatan anak ibu dengan buat janji di rumah sakit pilihan di aplikasi Halodoc. Ibu juga bisa memilih dokter dan waktu kunjungan sesuai kebutuhan. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2022. Insomnia in Teens.
Kids Health. Diakses pada 2022. Common Sleep Problems