7 Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Juli 2022

“Mengantuk saat bekerja adalah wajar, tapi hal itu bisa memengaruhi produktivitas dan kinerja di kantor. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan kantuk yang mudah dan efektif yang bisa kamu coba.”

7 Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja7 Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

Halodoc, Jakarta – Saat sedang bekerja, tidak jarang rasa kantuk muncul. Apalagi pada jam-jam rawan, seperti setelah makan siang. Nah, biasanya salah satu cara menghilangkan kantuk yang efektif adalah dengan minum kopi. Namun, tidak semua orang suka minum kopi.

Mengantuk saat bekerja tentu saja bisa menyebabkan konsekuensi yang signifikan. Selain bisa ditegur atau dimarahi atasan, kantuk dan tertidur di kantor juga akan mengganggu produktivitas dan membuatmu melewatkan deadlines. Oleh karena itu, yuk ketahui cara menghilangkan kantuk yang efektif di sini.

Cara Menghilangkan Kantuk Ketika di Kantor

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kantuk yang efektif yang bisa kamu coba saat sedang bekerja di kantor:

1. Minum Secangkir Kafein

Kopi merupakan minuman yang sering dipilih banyak orang sebagai cara untuk menghilangkan ngantuk saat bekerja. Hal itu karena minuman tersebut mengandung kafein, yang merupakan stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Namun, bila kamu tidak suka kopi, masih ada beberapa minuman berkafein lainnya yang bisa kamu pilih, seperti teh hitam atau teh hijau.

Ingat, hindari minum minuman berkafein terlalu banyak ya. Sebab bisa membuatmu gelisah yang justru bisa memengaruhi tingkat produktivitas kamu.

2. Tidur Siang Sejenak

Terkadang, cara menghilangkan kantuk di siang hari yang perlu dilakukan adalah dengan tidur sejenak. Bila memungkinkan, lakukan lah power nap singkat saat jam istirahat makan siang. Kamu bisa tidur dengan meletakkan kepala di atas meja. 

Tidur siang selama 15 atau 30 menit bisa memberimu energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Jangan lupa untuk memasang alarm agar kamu tidak kebablasan!

3. Berjalan-jalan Sebentar

Ketika rasa kantuk muncul saat bekerja, tetap duduk di tempat hanya akan memperparah hal tersebut. Jadi, cobalah bangun dari tempat dudukmu, dan pergi keluar ruangan untuk berjalan-jalan sebentar. Hal ini bisa memperlancar aliran darah dan menghilangkan rasa kantuk. 

Namun, bila kamu sedang tidak bisa meninggalkan ruangan, cobalah untuk menggoyang-goyangkan kaki saat duduk. Atau kamu bisa berjalan mondar-mandir di dalam ruangan.

4. Stretching

Selain mondar-mandir di dalam ruangan, melakukan stretching sederhana juga bisa menjadi cara menghilangkan kantuk. Cara ini bisa kamu lakukan bila kamu sedang tidak bisa meninggalkan pekerjaan. Meregangkan lengan ke samping secara bergantian, atau menekuk leher ke samping dan memutarnya, bisa mengendurkan otot yang tegang dan menjaga aliran dan tubuh tetap berenergi.

5. Dengarkan Musik Bertempo Cepat

Bekerja di tempat yang sepi juga bisa memperparah rasa kantuk. Karena itu, mendengarkan musik, khususnya yang bertempo cepat dan ceria, bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantuk yang bisa kamu coba. 

6. Cuci Muka dengan Air Dingin

Rasa kantuk masih belum hilang juga? Coba pergilah ke kamar mandi dan basuh muka dengan air dingin. Cara sederhana ini bisa menghilangkan kantuk dengan cepat dan memberikan kesegaran yang kamu butuhkan.

7. Konsumsi Camilan Sehat

Ngemil juga merupakan cara menghilangkan kantuk yang efektif. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi camilan yang manis dan berlemak, karena tidak baik bagi kesehatan. Sebaliknya, pilihlah camilan yang sehat untuk menghilangkan rasa kantuk, seperti kacang-kacangan, buah, yogurt, atau telur rebus.

Merasa lelah dan mengantuk saat bekerja adalah hal yang wajar. Namun, bila kamu sering merasanya, bahkan setelah tidur yang cukup di malam hari, atau merasa lelah setelah tidur, hal itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. 

Nah, jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter tepercaya di Halodoc dengan klik gambar di bawah ini:

Chat dokter umum untuk konsultasi cara menghilangkan rasa kantuk berlebih secara online di Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Hacks for Managing Daytime Sleepiness at Work.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Is it possible to keep alert at night safely?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan