7 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Juli 2022

“Banyak sekali buah yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk menunjang kesehatan tubuh, salah satunya adalah markisa. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil, salah satunya menunjang kesehatan janin.”

7 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan Ibu Hamil7 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Banyak buah yang memiliki manfaat kesehatan, beberapa di antaranya justru lebih bermanfaat jika dikonsumsi saat masa kehamilan. Salah satu buah tersebut adalah buah markisa. Buah ini berasal dari Argentina, Brazil, dan Paraguay, termasuk dalam spesies anggur passionflower, yang dikenal secara ilmiah sebagai Passiflora edulis.

Pertanyaannya, apa saja sih manfaat buah markisa untuk bumil?

Berbagai Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah markisa kaya akan vitamin A, C, B2, B6, dan B3. Buah ini juga merupakan sumber serat makanan dan berbagai mineral seperti kalium, zat besi, fosfor, tembaga, dan magnesium. Tak heran jika buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan selama kehamilan, di antaranya:

  1. Menunjang Pertumbuhan dan Perkembangan Janin yang Sehat

Buah markisa kaya akan antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan banyak nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi makan buah markisa saat hamil akan memastikan tumbuh kembang janin yang sehat.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah markisa juga kaya akan vitamin C, beta-cryptoxanthin, dan alfa-karoten dalam jumlah yang tinggi. Antioksidan ini membantu menetralkan aktivitas radikal bebas, mencegah kerusakan sel, mengurangi stres oksidatif, dan memastikan kehamilan ibu tetap sehat. Peningkatan kekebalan juga membantu tubuh melawan beberapa infeksi.

  1. Mengurangi Masalah Insomnia pada Ibu Hamil

Markisa mengandung alkaloid yang setara dengan kandungannya dalam obat yang memberikan efek sedatif. Bagi ibu hamil yang mengalami masalah tidur atau masalah kecemasan, buah markisa bisa menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan masalah tersebut.

  1. Menunjang Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat buah markisa lainnya bagi bumil adalah terkait sistem pencernaan. Kandungan nutrisi lain pada buah markisa yang tidak kalah pentingnya adalah serat. Satu porsi buah markisa mengandung sekitar 98 persen dari kebutuhan harian nutrisi penting. Asupan buah markisa secara teratur membantu mengoptimalkan sistem pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus. Konsumsi buah ini bisa membantu mencegah sembelit yang keluhan umum selama kehamilan.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Selanjutnya, kandungan potasium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Mineral ini bertindak sebagai vasodilator yang melemaskan pembuluh darah sekaligus meningkatkan aliran darah. Jadi, mengonsumsi buah markisa selama kehamilan dapat menjaga tekanan darah tetap terkendali, sekaligus membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Mendukung Kesehatan Tulang

Tak hanya membantu menjaga tekanan darah, mineral yang terkandung dalam buah markisa juga mendukung kepadatan mineral tulang, dan membuat tulang menjadi lebih kuat. Mengonsumsi buah ini juga membantu mencegah sekaligus mengurangi gejala osteoporosis dan nyeri sendi. Keduanya merupakan keluhan yang umum  dialami bumil selain sembelit. 

  1. Kandungan Indeks Glikemik yang Rendah

Terakhir, kandungan indeks glikemik buah markisa yang terbilang rendah. Artinya buah ini tidak menaikkan kadar gula darah secara drastis. Ini menjadikan markisa sebagai buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, karena mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional selama kehamilan. 

Itu tadi beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan ibu hamil. Namun, pastikan konsumsinya tidak berlebihan. Sebab, buah ini juga mengandung glikosida sianogenik yang merupakan racun tanaman. 

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Ibu bisa memanfaatkan layanan Janji Medis di aplikasi Halodoc, lebih mudah dengan download aplikasi Halodoc langsung di Play Store maupun App Store. 

Referensi:
MomJunction. Diakses pada 2022. 9 Wonderful Health Benefits Of Passion Fruit During Pregnancy.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Consuming Passion Fruit in Pregnancy.
Pregnancy Food Checker. Diakses pada 2022. Passion Fruit During Pregnancy: Safety and Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan