Ini Daftar Obat Radang Sendi yang Ampuh Redakan Gejala Nyeri

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Februari 2024

“Gejala radang sendi bisa membuat pengidapnya merasakan nyeri dan sulit bergerak. Gunakan obat-obatan seperti Counterpain PXM, Voltadex, Ibuprofen, Farsifen, dan Artrodar yang ampuh untuk mengatasinya yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

Ini Daftar Obat Radang Sendi yang Ampuh Redakan Gejala NyeriIni Daftar Obat Radang Sendi yang Ampuh Redakan Gejala Nyeri

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Radang Sendi


Halodoc, Jakarta – Radang sendi umum terjadi pada orang usia 50-an. Bertambahnya usia dan terkena penyakit seperti asam urat bisa menjadi faktor utama kenapa radang sendi bisa muncul. Gejalanya sendiri pun terdiri dari merasa nyeri pada sendi, sulit menggerakan sendi, atau adanya pembengkakan. 

Nah, bagaimana untuk pengobatannya sendiri? Obat yang sering kali digunakan untuk mengatasinya gejalanya adalah obat antiinflamasi seperti NSAID, kortikosteroid, atau disease-modifying antirheumatic drugs (DMARDS). 

Rekomendasi Obat Radang Sendi

Tidak perlu bingung untuk memilih obat mana yang cocok, kamu bisa baca ulasan beberapa rekomendasi obat radang sendi yang ampuh dan mudah dicari di bawah ini:

1. Counterpain PXM Gel 25 g

Counterpain PXM ampuh meredakan nyeri pada otot, sendi, dan keseleo atau encok setelah melakukan aktivitas berat. Kandungan piroxicamnya menghambat kerja enzim COX-1 agar peradangan dan rasa sakit berkurang. 

Methyl salicylate dan menthol bertugas sebagai analgesik dengan mengeluarkan rasa hangat yang bisa melancarkan peredaran darah. Sementara kandungan eugenol-nya digunakan sebagai aromatik yang bisa memberikan sensasi rasa hangat. 

Untuk pemakaiannya sendiri, obat ini baik dioleskan 3-4 kali pada bagian yang sakit. Jika nyeri radang sendi sudah lebih dari 10 tidak kunjung membaik dan kulit menjadi merah, sebaiknya hentikan pemakaian. Jangan digunakan pada kulit yang terluka atau teriritasi. 

Kisaran harga: Rp120.600 per tube. 

Dapatkan Counterpain PXM Gel 25 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Yuk lebih hati-hati dalam beraktivitas agar kamu tidak terserang radang sendi. Cari tahu kegiatan apa saja yang bisa mengakibatkan radang sendi di sini: “8 Pekerjaan yang Bisa Meningkatkan Risiko Radang Sendi”. 

2. Voltadex 50 mg 10 Tablet

Voltadex mengandung natrium diklofenak yang merupakan non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Dengan memberikan efek analgetik, antiperadangan, dan antipiretik, obat ini bisa digunakan untuk terapi awal mengobati rematik yang disertai inflamasi dan degeneratif (seperti reumatoid, ankylosing spondylitis, osteoarthritis dan spondiloartritis). 

Selain itu, obat ini ampuh untuk mengatasi sindrom nyeri kolumna vertebralis,  rematik non-artikuler, serangan akut asam urat, dan nyeri setelah operasi. 

Untuk orang dewasa dan anak di atas 12, Voltadex bisa diminum sebanyak 50-75 mg, 2-3 kali sehari. Sementara anak di bawah 12 cukup 1-3 mg untuk 2-3 kali sehari. Jangan lupa untuk membawa surat dokter untuk membelinya karena Voltadex termasuk golongan obat keras. 

Kisaran harga: Rp6.500 per strip.

Dapatkan Voltadex 50 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Ibuprofen 200 mg 10 Tablet

Ibuprofen tergolong obat non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dengan efek anti peradangan, analgesik, dan antipiretik. Obat ini bekerja meredakan rasa nyeri dan inflamasi di  gejala osteoartritis, gejala juvenile artritis reumatoid, menurunkan demam pada anak, saat setelah pencabutan gigi, setelah bedah, dan sakit kepala.

Untuk aturan pakainya sendiri, obat ini memiliki dosis berikut:

  • Osteoartritis dan artritis reumatoid: 1200 mg-1800 mg 3 kali sehari.
  • Orang dewasa dan Anak 8-12 tahun: 200-250 mg 3-4 kali sehari.
  • Anak 3-7 tahun: 100-125 mg 3-4 kali sehari.
  • Anak 1-2 tahun: 50 mg 3-4 kali sehari. 

Obat ini merupakan obat bebas terbatas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Kisaran harga: Rp3.600 per strip.

Dapatkan Ibuprofen 200 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Farsifen Plus 10 Tablet

Rekomendasi selanjutnya adalah Farsifen Plus. Obat ini memiliki kandungan paracetamol, ibuprofen dan, kafein. Ketiganya ampuh meringankan rasa nyeri saat sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, nyeri haid, dan menurunkan demam. 

Paracetamol bekerja meredakan demam dan mengurangi rasa nyeri. Ibuprofen memiliki efek analgesik, antiinflamasi, dan antipiretik. Sementara kafein bekerja sebagai stimulan sistem saraf pusat yang memulihkan sakit kepala. 

Bagi orang dewasa dan anak di atas 12 tahun, Farsifen Plus memiliki dosis 1 kaplet untuk diminum 3-4 kali sehari sesudah makan. Obat ini tergolong obat bebas terbatas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Kisaran harga: Rp7.900 per strip.

Dapatkan Farsifen Plus 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Artrodar 50 mg 10 Kapsul

Obat yang satu ini ampuh menghilangkan gejala pada pengobatan jangka panjang osteoartritis. Dengan kandungan diacerein di dalamnya, Artrodar bisa menghambat penghancuran jaringan kartilaginosa (sendi yang dibungkus oleh tulang rawan hialin). 

Obat ini bisa dikonsumsi saat makan, dengan dosis 2 kali sehari 1 kapsul untuk penggunaan minimal 6 bulan. Tapi, jangan lupa menyiapkan resep dokter untuk membelinya karena Artrodar merupakan obat keras.

Perlu diperhatikan juga bahwa obat ini bisa mengakibatkan efek samping berupa mual, muntah, diare, dan nyeri epigastrik. 

Kisaran harga: Rp149.200 per strip.

Dapatkan Artrodar 50 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa obat radang sendi yang  ampuh untuk redakan gejala nyeri dan mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 

Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Arthritis. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan