7 Tips Lakukan Stimulasi untuk Penglihatan Bayi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Januari 2021
7 Tips Lakukan Stimulasi untuk Penglihatan Bayi7 Tips Lakukan Stimulasi untuk Penglihatan Bayi

Halodoc, Jakarta - Memberikan stimulasi pada bayi diperlukan guna mendukung proses tumbuh kembang anak. Salah satu stimulasi yang diperlukan berkaitan dengan penglihatan bayi. Caranya sendiri dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Berikut ini beberapa tips stimulasi untuk penglihatan bayi yang dapat ibu lakukan di rumah:

Baca juga: Tips untuk Merangsang Anak agar Cepat Berbicara

1.Buat Mimik Wajah yang Menarik

Ekspresi wajah mampu memikat pandangan bayi. Saat baru lahir hingga beberapa hari, penglihatan bayi hanya dapat fokus pada jarak 20–30 sentimeter. Jarak ini adalah jarak sempurna bagi mereka untuk melihat wajah siapa saja yang menggendongnya. Jadi, sering-seringlah menggendong dan mengeluarkan mimik yang menarik untuk menstimulasi penglihatannya.

2.Sering Lakukan Kontak Mata

Tips stimulasi untuk penglihatan bayi selanjutnya dapat dilakukan dengan kontak mata. Bayi adalah peniru yang hebat. Ia bisa saja menirukan ekspresi wajah ibu saat melakukan kontak mata dengannya. Melakukan kontak mata sembari berbicara dan mengajaknya bercanda dapat merangsang fungsi kognitif, serta merangsang selera humor bayi.

3.Fokus pada Warna Monokrom

Saat menginjak usia satu bulan, bayi sudah dapat melihat warna tetapi tidak dapat membedakan antara corak yang berbeda. Tips stimulasi untuk penglihatan bayi selanjutnya dapat dilakukan dengan merangsang penglihatan bayi dengan mainan hitam putih dan buku bergambar dengan kontras tinggi. Bacakan cerita dengan nada yang menarik dan lihat reaksinya.

4.Mulai Perkenalkan Warna Primer

Saat usianya menginjak dua bulan, penglihatan bayi sudah cukup berkembang untuk membedakan warna-warna cerah. Nah, usia ini sudah saatnya untuk memperkenalkan mainan dan buku berwarna cerah.

Baca juga: Membacakan Buku Tingkatkan Hubungan Ayah dan Anak, Benarkah?

5.Bermain Cilukba atau Petak Umpet

Tips stimulasi untuk penglihatan bayi selanjutnya dapat dilakukan saat usianya menginjak lima bulan. Di usia ini, perkembangan penglihatan bayi sudah cukup maju. Bermain cilukba dapat dilakukan dengan bersembunyi di balik bantal atau kasur.

6.Bermain Tebak Siapa Ini

Tips stimulasi untuk penglihatan bayi selanjutnya dapat dilakukan saat ia menginjak usia enam bulan. Di usia ini, bayi dapat mengenal dengan lebih baik. Jika ada waktu luang, coba untuk membuka foto album dan bermain tebak-tebakan dengan menunjukkan kepadanya foto-foto anggota keluarga yang sudah ia kenali.

7.Perkenalkan Lingkungan Rumah

Stimulasi tidak cukup di dalam rumah saja. Ibu bisa mengajaknya ke luar rumah untuk melihat pepohonan, hewan liar, atau kendaraan yang berlalu lalang. Melihat benda bergerak dapat menstimulasi gerakan bola matanya.

Baca juga: Anak Kecanduan Main Game, Hati-Hati Alami Gaming Disorder

Itulah sejumlah tips stimulasi untuk penglihatan bayi yang bisa ibu lakukan di rumah. Jika Si Kecil tidak merespon stimulasi yang ibu berikan, silahkan periksakan anak di rumah sakit terdekat guna mengetahui kondisi yang sebenarnya dialami. Penanganan sedini mungkin diperlukan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, jangan sepelekan ya, bu.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2021. 5 Ways to Stimulate Your Baby's Senses.
Optometrists.org. Diakses pada 2021. How to Stimulate Your Child’s Vision.
Bounty.com. Diakses pada 2021. How can I stimulate my baby’s sight and vision?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan