8 Jenis Olahraga untuk Membantu Atasi Obesitas pada Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Agustus 2021
8 Jenis Olahraga untuk Membantu Atasi Obesitas pada Anak8 Jenis Olahraga untuk Membantu Atasi Obesitas pada Anak

“Penting untuk mendukungnya agar aktif secara fisik untuk memerangi obesitas pada anak. Namun, agar prosesnya menyenangkan, pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan dan disukai anak. Misalnya, sepak bola, berenang, bersepeda, basket, senam, atau bulutangkis.”

Halodoc, Jakarta – Tak hanya pada orang dewasa, obesitas pada anak juga merupakan kondisi serius yang dapat memicu berbagai komplikasi. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan anak olahraga dan mengatur pola makan yang lebih sehat, bila anak mulai kelebihan berat badan. 

Namun, apa saja jenis olahraga terbaik yang dapat membantu anak mengatasi obesitas? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Ketahui 6 Olahraga yang Efektif untuk Menurunkan Body Fat

Pilihan Olahraga untuk Anak

Salah satu strategi terbaik untuk memerangi obesitas pada anak adalah dengan meningkatkan kebiasaan makan dan olahraga seluruh keluarga. Dengan mengatasi obesitas pada masa kanak-kanak, ibu dapat membantu melindungi kesehatan anak sekarang dan di masa depan.

Soal pilihan jenis olahraganya, sebenarnya cukup banyak yang bisa dicoba. Agar jadi menyenangkan, pilihlah jenis olahraga permainan atau tim agar bisa dilakukan anak bersama teman-temannya. Hal ini juga dapat mendorong kemampuan anak dalam bersosialisasi dan bekerja sama. 

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengatasi obesitas pada anak:

  1. Sepak Bola

Salah satu yang paling populer, sepak bola telah dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik selamanya untuk dimainkan anak-anak. Olahraga ini dapat diajarkan kepada anak-anak sejak usia empat tahun. 

  1. Berenang

Olahraga ini juga jadi pilihan yang bagus untuk anak obesitas, serta untuk mengatasi rasa takut ketinggian dan air. Berenang juga membantu untuk mengembangkan kemampuan anak secara tunggal tanpa bersaing dengan siapa pun.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

  1. Bersepeda

Bersepeda bisa jadi pilihan yang menyenangkan bagi Si Kecil. Beri kebebasan anak memilih dan menghias sepeda yang ia suka, lalu luangkan waktu untuk bersepeda bersama setiap sore. Selain bersama keluarga, anak juga bisa bersepeda dengan teman-temannya sambil bermain.

  1. Bola Basket

Hanya memerlukan bola dan ring, permainan ini adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak aktif secara fisik. Ini juga bisa jadi cara yang bagus untuk melibatkan anak-anak pemalu untuk bermain dengan tim, dan melatihnya bekerja sama dengan baik.

  1. Berjalan Santai

Berjalan mungkin tidak terdengar seperti olahraga tetapi kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas fisik terbaik yang dapat didorong untuk dilakukan oleh anak-anak, terutama yang obesitas. Agar menyenangkan, ibu bisa mengajak anak dan anggota keluarga lain untuk berjalan-jalan santai di taman sambil melihat pemandangan.

  1. Senam

Olahraga Olimpiade yang populer ini bisa jadi pilihan yang juga menyenangkan untuk anak. Ibu bisa mendaftarkan anak pada kelas senam, atau melakukannya sendiri di rumah, dengan video senam yang ada di internet.

  1. Bulutangkis

Bulutangkis adalah olahraga permainan yang menyenangkan untuk anak-anak. Ibu bisa ajak anak bermain bersama, atau minta ia bermain bersama teman-teman. 

Baca juga: Ini 3 Olahraga yang Tren di 2021

  1. Judo

Selain membuat tubuh banyak bergerak, judo juga dapat membuat anak terlatih untuk memiliki kemampuan bela diri. Judo juga merupakan salah satu olahraga yang memfasilitasi perkembangan anak secara menyeluruh dalam hal pertumbuhan fisik, emosional dan spiritual.

Itulah beberapa pilihan olahraga untuk mengatasi obesitas pada anak. Sebenarnya, masih banyak jenis olahraga menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan, dan tak terbatas pada pilihan yang dijelaskan tadi. 

Cobalah bicarakan pada anak tentang jenis olahraga yang ia sukai, dan beri dukungan padanya untuk menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Agar anak sehat, jangan lupa perhatikan juga pola makannya, dan beli vitamin untuk anak melalui aplikasi Halodoc bila perlu.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Childhood Obesity.
Stanford Children’s Health. Diakses pada 2021. Organized Sports for Kids.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2021. List of Best Sports for Kids to Play.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan