• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak

9 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Sendi termasuk dalam bagian penting yang berfungsi untuk menyambung dua bagian tulang dan berperan penting dalam pergerakan tubuh. Beberapa langkah menjaganya, seperti tetap aktif bergerak hingga menjaga berat badan.”

9 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak9 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak

Halodoc, Jakarta – Kekakuan pada sendi seiring dengan bertambahnya usia merupakan hal yang wajar dialami oleh semua orang. Untuk meminimalkan kemungkinannya, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk tips menjaga kesehatan sendi. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan:

1. Tetap Bergerak Aktif

Olahraga atau bergerak aktif menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan sendi yang sehat. Semakin banyak kamu bergerak, semakin rendah risiko kekakuan sendi yang kamu miliki. Jika memungkinkan untuk bekerja dalam posisi duduk di waktu yang lama, upayakan untuk sering berganti posisi.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang meningkat dapat memengaruhi dan memicu ketegangan pada sendi lutut, pinggul, dan punggung. Dengan melakukan diet sehat, penurunan berat badan akan berdampak signifikan pada kekakuan pada sendi. Kamu bisa tanyakan dokter secara langsung berkaitan dengan diet yang tepat.

3. Lakukan Peregangan Sebelum Berolahraga

Fleksibilitas sendi dapat menunjang koordinasi gerak tubuh dengan lebih baik. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menjaga kesehatan sendi dengan melakukan peregangan setidaknya 3 kali dalam seminggu. Tips menjaga kesehatan sendi ini bisa dilakukan selama 10 menit setiap sesinya.

4. Melakukan Terapi Fisik

Tips menjaga kesehatan sendi dan tulang selanjutnya bisa dilakukan dengan melakukan terapi atau latihan fisik. Hal ini sangat disarankan, apalagi jika kamu memiliki masalah pada persendian. Selain terapi fisik, tidak disarankan untuk melakukan gerakan cepat dan berulang dalam jangka waktu tertentu.

5. Batasi Ruang Gerak Tubuh

Jika dirasa sendi terlalu kaku, kamu bisa tetap aktif tetapi dengan membatasi ruang gerak tubuh. Lakukan gerakan yang bisa dijangkau oleh sendi yang sakit, tetapi tidak berlebihan. Cara ini dilakukan agar kekakuan sendi tidak semakin parah dan gejala yang muncul tidak menyakitkan bagi pengidap.

6. Tingkatkan Massa Otot

Meningkatkan massa otot jadi tips menjaga kesehatan sendi selanjutnya. Memiliki otot perut dan punggung yang kuat dapat membantu keseimbangan tubuh, meski tengah mengalami kekakuan pada sendi. Untuk meningkatkan massa otot di bagian tersebut, kamu bisa mencoba melakukan pilates dan yoga.

7. Menunjang Kesehatan Tulang

Kamu dapat menunjang kesehatan tulang dengan meningkatkan asupan kalsium. Diet kaya mineral ini dapat membantu menjaga tulang tetap kokoh dan dapat menurunkan risiko osteoporosis. Selain susu, yoghurt, brokoli, kangkung, salmon, dan suplemen kalsium jadi beberapa asupan yang direkomendasikan.

8. Pilih Alas Kaki yang Tepat

Memilih sepatu yang sesuai dengan bentuk dan kenyamanan kaki dapat mendukung koordinasi gerak sendi kaki. Alih-alih mendahulukan mode tetapi tidak nyaman, kamu bisa mencari sepatu yang empuk dan fleksibel dengan bentuk kotak atau bulat di ujungnya, sehingga jari-jari kaki dapat bergerak bebas. 

9. Berhenti Merokok

Tips menjaga kesehatan sendi terakhir adalah berhenti merokok. Perokok berisiko tinggi mengalami patah tulang akibat penurunan massa tulang. Hal tersebut dapat menyebabkan osteoporosis seiring berjalannya waktu. Jika terlalu sulit untuk berhenti, tanya dokter saja tentang langkah penanganannya!

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan sendi yang dapat kamu lakukan. Sebaiknya lakukan sejak dini untuk meminimalkan risikonya di kemudian hari. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Tips to Keep Joints Healthy.
Arthritis Foundation. Diakses pada 2022. 16 Joint-Protection Tips.