• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Narkotika Bisa Beri Efek Negatif pada Tubuh

Alasan Narkotika Bisa Beri Efek Negatif pada Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Hingga kini, masih banyak orang yang menjadi korban dari penyalahgunaan obat-obat terlarang, disebut juga narkoba atau narkotika, termasuk dalam kelompok zat-zat adiktif yang disebut NAPZA. Di Indonesia, obat-obatan terlarang ini lazim disebut sebagai narkoba, yakni singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya lainnya.

Beberapa orang menggunakan narkoba sebagai alasan untuk mendapatkan kesenangan, meringankan stres, atau pelarian dari masalah hidup yang dialami. Sayangnya, narkoba malah membawa lebih banyak dampak negatif, terutama pada kesehatan tubuh. Terlebih narkoba umumnya memiliki efek kecanduan yang membuatnya berbahaya jika dikonsumsi tanpa pengawasan dokter atau disalahgunakan. 

Baca juga: Dilarang di Indonesia, Ini Fakta Menarik Tentang Ganja

Efek Negatif Narkoba Bagi Kesehatan

Efek negatif narkoba bisa terjadi tergantung dari jenisnya. Namun, secara umum efek yang bisa terjadi, yaitu: 

  • Dehidrasi

Penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang, akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Apabila efek ini terus terjadi, maka tubuh bisa alami kejang-kejang, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Dehidrasi berkepanjangan yang tidak diberikan penanganan serius bisa menyebabkan kematian.

  • Halusinasi

Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami dan bahkan diinginkan oleh pengguna narkoba jenis ganja. Namun, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian ganja berlangsung lama, maka dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk, mulai dari gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus. 

  • Menurunnya Tingkat Kesadaran

Penggunaan narkoba juga bisa membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang. Beberapa kasus, pengguna narkoba bahkan bisa tidur terus dan tidak bangun-bangun. Hilangnya kesadaran ini membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Parahnya lagi, jika kondisi ini dibiarkan mala cukup berisiko terjadinya kehilangan ingatan dan sulit mengenali lingkungan sekitar.

  • Hipertermia

Penggunaan narkoba ternyata juga bisa menyebabkan suhu tubuh seseorang meningkat (hipertermia). Biasanya hal ini sering terjadi pada pengguna sabu-sabu. Pasalnya, narkotika yang juga dikenal dengan sebutan crystal meth ini membuat suhu tubuh pengguna naik begitu tinggi, akibat hipertermia ini, seseorang bisa pingsan atau kehilangan nyawanya. 

  • Kematian

Dampak narkoba yang paling buruk bisa menyebabkan penggunanya mengalami overdosis.  Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan maka nyawa seseorang tidak dapat tertolong lagi. Inilah akibat fatal yang harus dihadapi jika seseorang alami kecanduan narkoba, nyawa menjadi taruhannya.

Selain terkait kesehatan, narkoba juga bisa berdampak buruk bagi kehidupan seseorang, Penggunanya bisa mengalami kesulitan berkonsentrasi saat bekerja, perubahan perilaku dan gangguan mood, mengalami masalah keuangan, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian karena menggunakan narkoba berarti telah melanggar hukum.

Baca juga: Justin Bieber Akui Konsumsi Narkoba, Ini Efeknya

Hentikan Penggunaan Narkoba Secepatnya

Penggunaan obat-obatan terlarang memiliki efek yang membahayakan. Kamu wajib mengenali tanda-tanda yang muncul jika seseorang  menjadi pengguna narkoba. Semakin cepat pengguna mendapatkan pertolongan, maka semakin cepat proses pemulihannya. 

Ada beberapa gejala yang perlu kamu atasi sesegera mungkin jika seseorang mengalami efek samping dari penggunaan obat-obatan terlarang, tanda-tanda tersebut antara lain:

  • Penurunan kesadaran;

  • Kesulitan bernapas;

  • Sakit pada dada;

  • Kejang;

  • Gangguan fisik atau psikologis lain setelah penggunaan obat;

  • Kemungkinan overdosis.

Baca juga: Ketahui Bahaya Narkoba Jika Dikonsumsi Bertahun-Tahun

Kamu juga bisa konsultasikan dengan dokter di Halodoc mengenai hal ini. Gunakan fitur chat yang ada di aplikasi, dan dokter akan memberikan semua saran kesehatan yang kamu butuhkan.

Referensi:
BNN. Diakses pada 2020. Pengertian Narkoba Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Drug Addiction (Substance Use Disorder).
Kids Health. Diakses pada 2020. Drugs: What to Know.