• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Orang Cerdas Tidak Sadari Kepintarannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Orang Cerdas Tidak Sadari Kepintarannya

Alasan Orang Cerdas Tidak Sadari Kepintarannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 18 Juni 2018
Alasan Orang Cerdas Tidak Sadari KepintarannyaAlasan Orang Cerdas Tidak Sadari Kepintarannya

Halodoc, Jakarta – Kecerdasan sebetulnya tidak hanya dapat diukur dari nilai IPK-mu atau prestasimu di sekolah saja. Terkadang, banyak orang yang juga tidak menyadari bahwa dirinya cerdas. Ia tidak mengetahui hal tersebut karena mungkin ia tidak memiliki percaya diri untuk berkembang. Hanya mereka yang tau cara menggali potensi dirinya yang kemudian akan sukses berkarir dan menghadapi masalah di depannya.

Ciri-Ciri Orang Cerdas
Nah, berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri orang cerdas yang jarang disadari:

  1. Perfeksionis

Jika kamu merasa salah satu dari orang-orang yang selalu mencoba untuk melakukan segala sesuatu dengan cara yang sangat baik dan sempurna, bisa jadi tingkat kecerdasan kamu termasuk tinggi. Hal ini disebabkan karena orang cerdas selalu ingin meningkatkan perbaikan dirinya dan memperhatikan hal-hal detail untuk mencapai kesempurnaan tersebut.

(Baca juga: 3 Cara Ciptakan Lingkungan Sehat untuk Anak Cerdas)

  1. Aktif di Malam Hari

Para ahli telah menemukan bahwa orang-orang yang bekerja secara efisien pada malam hari memiliki kecerdasan yang lebih tinggi daripada mereka yang aktif saat hari masih terang. Orang dengan kecerdasan tinggi lebih suka bekerja pada malam hari. Ketika orang lain sedang asik tidur, mereka malah memilih untuk membaca buku atau belajar sesuatu yang baru. Mereka merasa bahwa malam hari ialah waktu yang tepat untuk mempelajari hal baru, karena pada saat tersebut ia tidak akan banyak mendapat gangguan sehingga ia akan lebih fokus.

  1. Ingin Informasi Lebih

Ciri orang cerdas yang lainnya adalah gemar membaca koran, blog berita, materi pendidikan, dan segala sesuatu yang membuat mereka tetap mendapatkan informasi. Mereka tidak memilih informasi tertentu, tetapi umumnya mendamba informasi di semua bidang. Mereka peduli tentang berbagai kejadian di dunia ini. Bagi mereka, belajar informasi sekecil apapun adalah hal penting dan mereka menggunakannya untuk memperbaiki diri secara perlahan.

  1. Selalu Kritis Bahkan pada Diri Sendiri

Orang cerdas biasanya tidak mudah percaya akan jawaban-jawaban yang menurutnya tidak memiliki alasan yang logis. Mereka juga cenderung mempercayai hal yang berlandaskan fakta. Tidak hanya sampai di sana saja, sifat kritis yang dimiliki oleh orang-orang cerdas juga terbuka untuk dirinya sendiri. Saat mereka membuat kesalahan, mereka akan menerimanya dan tidak takut untuk dikritik. Sebab dengan begitu, ia akan mengenali kesalahan dan memperbaikinya demi menjadi manusia yang lebih baik.

Mengapa Orang Cerdas Tak Menyadari Kecerdasanya

Di atas sudah disebutkan beberapa ciri-ciri orang cerdas. Namun pada kenyataannya, orang cerdas tersebut tidak menyadari akan kecerdasan yang mereka miliki. Mengapa bisa seperti itu? Seperti poin-poin yang sudah disebutkan, sebetulnya sangat mudah menjawab pertanyaan tersebut. Alasannya ialah karena mereka menganggap apa yang mereka lakukan tersebut wajar.

Semisal menjadi perfeksionis, orang-orang biasa cenderung menerima segala sesuatu apa adanya dan ini hal yang tidak bisa diterima oleh orang cerdas. Saat ia sedang melakukan suatu hal, ia ingin agar hal tersebut mendekati sempurna. Karena bukan hanya sebuah kewajiban, mereka menganggap hasil yang lebih baik pasti akan lebih dihargai.

Nah, begitu juga poin-poin lain yang sudah disebutkan, kegiatan seperti aktif di malam hari, ingin informasi lebih, dan sikap kritis bahkan pada diri sendiri tersebut mereka anggap wajar. Padahal sebetulnya, bagi orang dengan kecerdasan biasa menganggap hal tersebut terbilang aneh.

(Baca juga: Benarkah Anak Sulung Lebih Cerdas?)

Nah, apabila kamu mengalami masalah kesehatan, bicarakan kondisi kesehatanmu dengan dokter yang tepat. Konsultasikan kesehatanmu melalui aplikasi Halodoc. Pilih dokter dan hubungi melalui Chat, Video Call, atau Voice Call. Download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang!