Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Agustus 2022

“Kopi hitam menjadi minuman dengan rasa pahit yang cukup diminati. Namun, adakah efek samping mengonsumsi kopi hitam bagi pengidap penyakit asam lambung?

Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?Amankah Pengidap Asam Lambung Minum Kopi Hitam?

Halodoc, Jakarta – Minum kopi hitam atau kopi tanpa campuran apapun adalah kegemaran beberapa orang demi mendapatkan energi maksimal meski rasanya pahit. Namun, bagi sebagian orang, jenis kopi ini bisa memicu GERD  dan meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada organ lambung. 

Jika demikian, benarkah pengidap penyakit asam lambung tidak boleh minum kopi sama sekali? Simak penjelasannya di artikel ini!

Hubungan Kebiasaan Minum Kopi Hitam dan GERD

Kafein yang terkandung pada kopi bisa mengakibatkan relaksasi cincin otot kerongkongan di bagian bawah. Akibatnya, asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan dan menjadi tanda utama penyakit GERD. 

Kopi decaf atau kopi dengan kandungan kafein yang rendah atau bahkan tidak mengandung kafein sekalipun, tetap dapat menstimulasi terbentuknya asam. 

Inilah mengapa, konsumsi kopi saat perut dalam kondisi kosong bisa membuat kadar asam di perut meningkat. 

Akibatnya, perut menjadi mulas dan kamu akan merasakan gejala masalah pencernaan lain seharian.

Salah satunya adalah heartburn atau sensasi panas dan seperti terbakar pada tenggorokan dan dada, karena asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Orang dengan kondisi lambung dan pencernaan yang sehat biasanya bisa minum kopi sebanyak 200 miligram. Ukuran ini sama dengan dua hingga tiga cangkir kopi tanpa merasakan efek tertentu setiap hari. 

Proses pemanggangan kopi juga berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kandungan kafein di dalamnya.

Kopi yang melalui proses pemanggangan tidak sampai hitam atau light roast yang kerap disebut “kopi sarapan”, biasanya tinggi kafein. 

Inilah mengapa, minum kopi hitam banyak orang pilih sebagai hal utama di pagi hari. Dengan begitu, pengidap penyakit asam lambung sebaiknya menghindari kopi light roast.

Alternatif Kopi untuk Pengidap GERD

Sebagai pilihan alternatifnya, pengidap asam lambung bisa mengonsumsi kopi yang dipanggang sampai hitam atau dark roast

Selain itu, kopi yang melalui proses cold brew juga lebih aman untuk pengidap GERD. Sebab, jenis kopi ini akan mengekstrak asam lebih sedikit. 

Pilihan lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah kopi decaf yang memang mengandung kafein lebih rendah, jika perbandingannya dengan kopi pada umumnya, atau kopi chicory

Kamu bisa juga menambahkan susu dalam kopi yang kamu seduh, karena susu bisa membantu mengikat asam klorogenik yang selanjutnya menekan terbentuknya asam lambung. 

Selain cold brew, pilihan kopi lain yang ramah untuk pengidap GERD adalah kopi latte. Selain karena biji kopi yang digunakan telah dipanggang dalam waktu lama atau very dark roast, kopi latte juga dengan tambahan susu. 

Tetap Batasi Asupan Minum Kopi Hitam

Seperti yang kamu ketahui, bahwa Konsumsi Kopi Berlebihan Picu Penyakit Asam Lambung. Meski aman untuk konsumsi pengidap penyakit asam lambung, asupan kafein harian dari minum kopi hitam tetap perlu kamu batasi. 

Terlebih jika kamu juga mengonsumsi makanan asam, pedas, cokelat, dan teh. 

Sebab, asupan kafein berlebihan bisa menyebabkan beberapa efek negatif pada tubuh. Beberapa di antaranya yaitu inkontinensia urine, peningkatan tekanan darah, peningkatan risiko asam urat, masalah menstruasi, hingga insomnia atau sulit tidur. 

Bukan hanya itu, kadar kafein yang sangat berlebihan pada tubuh dapat berujung pada terjadinya masalah dalam mengingat, kerusakan tulang, masalah kardiovaskular, hingga peningkatan hormon kortisol. 

Apabila kamu termasuk pengidap GERD, jangan lupa untuk membawa obat pereda asam lambung ketika kamu sedang beraktivitas di luar rumah. 

Jika kamu belum memiliki obat pereda asam lambung andalan, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter terlebih dulu di Halodoc.

Ada beberapa obat GERD yang sering dokter resepkan yang bisa kamu baca di sini: Ini Obat GERD Paling Ampuh yang Kerap Diresepkan Dokter.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. GERD and Caffeine: Are Coffee and Tea Off Limits?
Medical News Today. Diakses pada 2022. GERD and Caffeine: Can You Drink Tea and Coffee?
Verywell Health. Diakses pada 2022. Tips to Brew Coffee That Won’t Irritate Your Stomach.
Fakultas Kedokteran UI. Diakses pada 2022. Pencinta Kopi Perlu Tahu Dampak si Hitam Bagi Lambung dan Kesehatan Lainnya.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan