• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Skincare Witch Hazel bagi Kulit Sensitif?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Skincare Witch Hazel bagi Kulit Sensitif?

Amankah Skincare Witch Hazel bagi Kulit Sensitif?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Oktober 2022

“Witch hazel merupakan ekstrak dari tanaman semak yang bernama Hamamelis virginiana. Kandungan astringent dan antioksidan di dalamnya efektif mencegah munculnya gejala kulit sensitif.”

Amankah Skincare Witch Hazel bagi Kulit Sensitif?Amankah Skincare Witch Hazel bagi Kulit Sensitif?

Halodoc, Jakarta – Witch hazel menjadi salah satu kandungan dalam skincare yang diolah dari daun dan kulit kayu. Ini adalah ekstrak yang berasal dari tumbuhan semak bernama Hamamelis virginiana.

Tumbuhan yang berasal dari Amerika Utara ini bisa digunakan pada kulit wajah dan kulit kepala. Salah satu manfaatnya adalah menenangkan gejala kulit sensitif. Di antaranya mudah berjerawat dan bereaksi terhadap produk kimia.

Witch hazel mengandung tanin yang bersifat astringent dan antioksidan. Artinya, produk mengandung tinggi air. Antioksidan di dalamnya mampu mengusir efek samping radikal bebas yang menjadi pemicu gejala kulit sensitif.

Manfaat Witch Hazel untuk kulit

1. Meredakan Peradangan

Witch hazel bersifat antiinflamasi dan dapat membantu menenangkan kulit yang tengah meradang. Kandungan ini efektif mengatasi iritasi kulit, seperti ruam popok dan eksim.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan skincare dari kandungan ekstrak tanaman semak. Oles gunakan kapas bersih guna menghindari bakteri pada kulit yang teriritasi.

2. Mengencangkan Pori-pori

Produksi kolagen di kulit akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Akibatnya, kulit kehilangan elastisitasnya dan tampak kendur. Kulit yang kendur membuat tampilan pori-pori jadi lebih besar.

Penggunakan ekstrak tanaman semak ini memberikan efek mengencangkan pada kulit. Kandungan tanin di dalamnya dapat meningkatkan dan mempertahankan kandungan protein dalam kulit.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan toner mengandung Hamamelis virginiana setelah mencuci muka. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Aplikasikan ini sebelum menggunakan makeup.

3. Menghilangkan Minyak Berlebih

Produksi minyak atau sebum kulit menjadi pemicu utama munculnya jerawat di wajah. Minyak memicu penyumbatan pada pori-pori, sehingga terjadi peradangan berupa jerawat dan komedo.

Guna mengatasi masalah tersebut, gunakan sabun muka dengan kandungan ekstrak tanaman semak ini. Produk mampu menyerap ke lapisan pori-pori dan membersihkan ke bagian kulit terdalam.

4. Membantu Menghilangkan Bekas Cukuran

Luka setelah mencukur muncul ketika kulit mengalami gesekan dengan pisau. Masalah ini bisa bertambah parah jika mencukur dilakukan terlalu sering. Dampak lainnya adalah pertumbuhan rambut yang berbalik ke dalam kulit.

Kondisi tersebut memicu peradangan dan benjolan merah yang terasa menyakitkan saat disentuh. Penggunaan sabun muka dengan kandungan witch hazel efektif menghilangkan residu yang tertinggal di kulit setelah mencukur.

Manfaat lainnya adalah menenangkan peradangan akibat gesekan pisau cukur dan meminimalisir risiko iritasi. Namun, pastikan memilih produk dengan kandungan witch hazel tanpa campuran alkohol.

Meski aman digunakan, pemilik alergi perlu melakukan tes terlebih dulu sebelum menggunakan skincare dengan kandungan witch hazel. Cara ini bertujuan untuk meminimalisir risiko reaksi alergi setelah penggunaan.

Tes alergi bisa dilakukan dengan mengoleskan sedikit skincare di bagian kulit. Diamkan dalam waktu 24 jam. Jika tidak muncul kemerahan, gatal atau perih, silakan lanjutkan penggunaan.

Tapi, jika muncul gejala reaksi alergi, segera hentikan penggunaan dan segera buat janji rumah sakit untuk melakukan langkah penanganan. Untuk mendapatkan informasi lain kesehatan dan kecantikan silakan download Halodoc sekarang.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Benefits and Uses of Witch Hazel.
Women’s Health. Diakses pada 2022. 11 Ways Witch Hazel Can Benefit Your Skin, According To Dermatologists.
INSIDER. Diakses pada 2022. The benefits of witch hazel for your skin, including how it can help tighten pores and reduce acne.