• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak 1 Tahun Susah Makan? Ini Tips Mudah Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak 1 Tahun Susah Makan? Ini Tips Mudah Mengatasinya

Anak 1 Tahun Susah Makan? Ini Tips Mudah Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 November 2022

“Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mengatasi kondisi anak susah makan. Salah satunya adalah dengan menciptakan suasana makan yang positif bersama dengan anggota keluarga lainnya.”

Anak 1 Tahun Susah Makan? Ini Tips Mudah MengatasinyaAnak 1 Tahun Susah Makan? Ini Tips Mudah Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Agar tumbuh kembangnya berjalan maksimal, asupan nutrisi anak tentunya perlu diperhatikan dan dipenuhi dengan baik. Namun sayangnya, salah satu permasalahan orang tua yang memiliki anak toddler berusia satu tahun adalah anak yang susah makan. Hal ini tentunya tidak dapat disepelekan dan orang tua perlu khawatir. Sebab, jika dibiarkan, kondisi susah makan dapat memicu terjadinya malnutrisi. Karena itu, penting untuk mengatasi kondisi ini agar pertumbuhan anak tidak terhambat. 

Tips Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Sudah umum bagi balita untuk makan hanya dalam jumlah yang sangat kecil, atau rewel tentang apa yang mereka makan, dan menolak makan sama sekali. Ada beberapa alasan untuk hal ini:

  • Nafsu makan balita bervariasi secara konstan karena percepatan pertumbuhan dan variasi aktivitas.
  • Balita tidak tumbuh secepat bayi, jadi mereka membutuhkan lebih sedikit makanan.
  • Anak balita memiliki perut yang kecil.
  • Balita sangat tertarik dengan dunia di sekitar mereka, sehingga mereka memiliki rentang perhatian yang pendek untuk makanan.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mengatasi kondisi anak susah makan: 

1. Menciptakan suasana makan yang positif

Tips pertama yang dapat ibu lakukan adalah dengan membuat suasana makan yang positif. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjadikan waktu makan sebagai momen berkumpul bersama keluarga. Selain itu, penting bagi ibu untuk menunjukkan seberapa ibu menikmati makanan yang disajikan kepada anak, agar anak tertarik mengonsumsinya. Berikan porsi kecil dan pujilah anak untuk makan, meskipun mereka hanya makan sedikit. Hindari menghukum anak jika mencoba menolak makan. Sebab, hal ini malah dapat mengubah cara pandang anak ketika makan bersama keluarga sebagai hal negatif. 

2. Menyajikan makanan baru

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menawarkan dan menyajikan makanan baru untuk anak. Sebab, bisa jadi anak merasa bosan dengan makanan yang disajikan untuknya. Namun, jika anak tetap menolak makanan baru yang disajikan, cobalah untuk mengonsumsinya terlebih dahulu di depan anak. Jika anak masih menolak, ibu dapat mencoba memasak menu lainnya. Hal yang perlu dicatat, dalam menyajikan makanan yang baru, ibu juga perlu bersabar. Sebab, kemungkinan bahwa percobaan pertama tidak secara langsung membuat anak tertarik untuk mengonsumsi menu baru yang ibu masak. 

3. Membiarkan anak mengeksplor makanannya

Ibu juga perlu membiarkan anak menyentuh, menjilat, atau bermain dengan makanan yang disajikan untuknya. Selain itu, ibu juga dapat membuatkan anak mengeksplor dan mengonsumsi makanannya sendiri. Namun, apabila anak terlihat mengalami kesulitan saat makan, tawarkan bantuan kepada anak. Di sisi lain, ketika anak yang sedang makan malah kehilangan minatnya untuk makan, atau tampak rewel, segeralah singkirkan makanannya. 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi anak satu tahun yang susah makan. Mulai dari membuat suasana yang positif, menyajikan menu yang baru dan bervariasi, serta membiarkan anak mengeksplor makanannya. Setelah ibu menemukan sesuatu yang dimakan dan dinikmati anak, ibu mungkin tergoda untuk terus menyajikannya. 

Tetapi anak memerlukan berbagai macam makanan untuk mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi, penting untuk terus menyajikan banyak makanan berbeda kepada anak. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar hal ini atau anak memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Raising Children.net.Au. Diakses pada 2022. Toddler not eating? Ideas and tips. 
NHS. Diakses pada 2022. Fussy eaters.