• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anjing Peliharaan Punya Napas yang Bau? Ini Penyebabnya

Anjing Peliharaan Punya Napas yang Bau? Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah anjing peliharaan kamu tiba-tiba mengeluarkan bau yang tidak sedap dari dalam mulutnya? Tentu saja hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat berdekatan dengannya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga hal tersebut disebabkan oleh beberapa gangguan yang membahayakan kesehatan peliharaanmu. Maka dari itu, kamu harus tahu segala penyebab ketika napas anjing tiba-tiba menjadi bau. Baca ulasannya di bawah ini!

Penyebab Napas Anjing Menjadi Bau

Napas yang bau pada anjing adalah kondisi umum yang menyebabkan pemiliknya enggan untuk mendekati hewan peliharaannya. Penyebab masalah pada mulut anjing tersebut umumnya berkaitan dengan kesehatan gigi. Beberapa penyebab mungkin tidak berbahaya, seperti anjing baru saja memakan kotoran. Namun, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang serius.

Baca juga: Penyebab Anjing Mengalami Gangguan Pencernaan

Meski begitu, ras anjing yang lebih kecil, peliharaan yang sudah berumur tua, dan jenis anjing yang memiliki moncong pendek lebih rentan mengalami bau mulut. Namun, anjing yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan napas yang bau. Maka dari itu, kamu harus tahu segala hal yang menjadi penyebab napas anjing menjadi bau, yang umumnya berhubungan dengan kesehatan mulut yang buruk dan penyakit tertentu. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Masalah Kebersihan Mulut dan Penyakit Periodontal

Penyebab paling umum yang menyebabkan anjing mengeluarkan bau napas tidak sedap adalah kebersihan mulut yang buruk atau gangguan terkait periodontal. Layaknya manusia, hewan peliharaan juga dapat mengalami penumpukan plak dan karang gigi yang menyebabkan bakteri lebih mudah berkembang biak di dalam mulut. Jika anjing jarang dibersihkan giginya, maka adanya penumpukan plak penyebab bau mulut lebih tinggi.

Dengan terlalu banyaknya penumpukan plak dan karang gigi, gusi dapat terdorong menjauh dari gigi, sehingga membuka area baru bagi bakteri untuk berkembang. Hal ini tidak hanya menimbulkan gangguan pada gusi, tetapi juga membuat gigi berlubang, infeksi, kerusakan jaringan, hingga pembentukan nanah di dalam mulut. Segala masalah tersebutlah yang mengakibatkan bau mulut anjing menjadi sangat buruk.

Baca juga: Jenis Anjing yang Cocok untuk Dipelihara Keluarga

2. Konsumsi Sesuatu yang Kotor

Anjing dapat menjadi hewan yang menjijikan karena kebiasaan buruk dari mengonsumsi sesuatu yang kotor, sehingga menimbulkan bau mulut. Seekor anjing yang mudah keluar-masuk rumah bisa saja bermain di tempat sampah atau makan sisa-sisa hewan yang telah membusuk. Selain itu, anjing juga suka untuk makan kotoran kucing yang sulit ditelan oleh hewan tersebut. Bahkan, bisa saja anjing peliharaanmu memakan kotorannya sendiri yang menyebabkan bau napasnya menjadi busuk.

3. Diabetes

Selain bau napas anjing yang tidak sedap, kamu juga harus berhati-hati jika aroma yang keluar harum atau manis. Saat gejala tersebut terjadi, kemungkinan penyebabnya adalah gejala diabetes. Kondisi tersebut dapat menimbulkan masalah yang serius, tetapi bisa saja diobati. Jika dibenarkan mengidap diabetes, ada baiknya untuk memastikannya lebih sering minum dan buang air kecil, serta rutin untuk memeriksakan hewan peliharaanmu tersebut.

Sekarang kamu tahu beberapa hal yang dapat menyebabkan napas anjing menjadi bau tidak sedap. Pengawasan yang ketat dan pemeriksaan rutin ke dokter hewan perlu dilakukan untuk memastikan dirinya tetap sehat. Setiap pemilik hewan peliharaan pasti ingin anjingnya panjang umur sehingga terus menemani hari-harinya agar lebih indah.

Baca juga: Perawatan yang Dibutuhkan saat Anjing Peliharaan Hamil

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc untuk memastikan jika anjing peliharaan yang dimiliki mengalami gangguan berbahaya terkait bau napasnya atau tidak. Caranya mudah saja, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan segala kemudahan akses kesehatan tanpa perlu ke luar rumah!

Referensi:
American Kennel Club. DIakses pada 2020. How to Get Rid of Stinky Dog Breath.
Animal Biome. Diakses pada 2020. What Causes Bad Dog Breath & How to Get Rid of It.