Apa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 September 2018
Apa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan?Apa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan?

Halodoc, Jakarta – Memasak makanan terasa kurang sedap jika tanpa bawang merah. Apalagi masakan Indonesia, menggunakan bawang merah adalah hal yang wajib sebagai salah satu bumbu masakannya. Bawang merah memang telah menjadi bumbu dasar yang tidak boleh tidak ada di tempat penyimpanan dapur kamu.

Ternyata bawang merah tidak hanya penting sebagai bumbu dasar dalam membuat makanan menjadi lebih kaya rasa, tetapi bawang merah ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat bawang merah?

Sebelum mengetahui apa saja manfaat bawang merah, kamu perlu tahu kandungan zat gizi apa saja yang ada di dalam bawang merah. Berikut kandungan zat gizi di dalamnya:

  1. Kalori: bawang merah memiliki kandungan kalori yang rendah. 28 gram bawang hanya mengandung 11 kalori.
  2. Zat gizi makro: sebagian besar, bawang merah terdiri dari karbohidrat dan air.  Selain itu, bawang merah juga tidak mengandung lemak sama sekali.
  3. Vitamin dan mineral: kandungan vitamin yang tinggi adalah viamin C dan vitamin B6, sementara jenis mineral yang paling banyak terkandung adalah kromium.
  4. Indeks glikemik: bawang merah termasuk makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemiks yang rendah yaitu mencapai 10.

Manfaat Bawang Merah

1. Mencegah Kanker

Bawang merah mengandung zat yang disebut dengan quercetin, yaitu zat yang membuat warna merah gelap. Menurut University of Maryland Medical Center, zat quercetin ini termasuk zat antioksidan yang berperan penting dalam mengatasi proses radikal bebas yang dianggap sebagai penyebab kanker.

Sat antioksidan seperti quercetin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, serta kanker endometrial.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam jurnal Pharmacological Report yang diterbitkan pada 2009, menyebutkan bahwa zat quercetin yang cukup tinggi dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes melitus.

3. Menormalkan Kadar Gula

Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes melitus. Menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah yang tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah daerah di Sudan, pengidap diabetes melitus tipe satu dan dua yang mengonsumsi bawang merah mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang merah memang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Para ahli menyimpulkan jika bawang jenis ini memang mampu meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glikolisis pada pengidap diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah. 

4. Menurunkan Kolesterol

Dalam jurnal Phytotherapy Research menyebutkan bahwa bawang merah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi yang dilakukan pada hewan ini menunjukkan jika diet yang mengandung makanan dengan banyak bawang merah mampu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Para ahli percaya penurunan kolesterol yang terjadi ini diakibatkan oleh kandungan zat antioksidan serta zat bioaktif lainnya yang ada di dalam bawang tersebut. Alhasil, jumlah lemak total dalam tubuh akan menurun secara langsung.

Itulah manfaat bawang merah yang perlu kamu tahu. Untuk mengetahui manfaat bahan makanan lain untuk kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter ahli di Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya pada dokter tanpa harus ke rumah sakit, karena komunikasi dilakukan via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga:

 

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan