Apa Saja Kandungan Gizi yang Ada dalam Air Tajin?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 November 2021
Apa Saja Kandungan Gizi yang Ada dalam Air Tajin?Apa Saja Kandungan Gizi yang Ada dalam Air Tajin?

“Air tajin yang biasanya dibuang ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Kandungan gizi yang terkandung pada cairan ini sangat baik untuk menjaga tubuh saat dikonsumsi. Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai kandungan yang terkandung di dalamnya!”

Halodoc, Jakarta – Saat memasak nasi, kamu perlu menyingkirkan air yang digunakan untuk mencuci beras agar rasa yang dihasilkan nikmat. Namun, beberapa orang memilih untuk menyimpan air tersebut dibandingkan membuangnya untuk dimanfaatkan. Sebab, dipercaya jika cairan yang disebut air tajin ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Apa saja kandungan gizinya? Ketahui jawabannya di sini!

Berbagai Kandungan Gizi pada Air Tajin

Tidak banyak orang yang tahu jika air yang biasa dibuang saat akan memasak nasi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara ini ternyata sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu di beberapa daerah di Asia untuk mengatasi beberapa masalah seperti gangguan kulit, rambut, dan lainnya.

Air tajin, atau air beras, dipercaya kaya akan kandungan nutrisi dan pati yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, cairan ini juga disebut-sebut mengandung karbohidrat, inositol tanaman, dan masih banyak zat organik lainnya. Nah, beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam air tajin, antara lain:

  • Protein sebesar 16 persen.
  • Lipid sebesar 10 persen.
  • Trigliserida sebesar 10 persen.
  • Pati sebesar 9 persen.

Nah, semua kandungan yang disebutkan adalah perkiraan dari kandungan gizi ini juga terkandung pada dua gelas air tajin yang sudah diolah.

Jika kamu ingin tahu lebih lengkap terkait berbagai kandungan nutrisi pada air tajin dan segala manfaatnya bagi kesehatan, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan jawaban. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi dengan ahli medis di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan. Jangan ragu lagi, segera unduh aplikasinya!

Berbagai Manfaat dari Air Tajin untuk Kesehatan

Ada berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi air tajin secara rutin setiap hari. Berikut adalah beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Sistem Imun dan Metabolisme

Air beras sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan dan dapat mencegah beberapa jenis infeksi dan penyakit. Selain itu, jumlah vitamin dan mineral yang cukup dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme. Maka dari itu, air tajin sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Membantu Mencegah Degenerasi Otot

Seseorang dapat mengalami masalah degradasi protein dan degenerasi otot apabila jumlah asam amino pada tubuhnya tidak memadai. Namun, air beras memiliki 8 jenis asam amino yang berbeda, yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya semua masalah tersebut.

3. Membantu untuk Mencegah Sembelit

Apabila kamu sedang kesulitan untuk buang air besar secara rutin dan juga mengalami sembelit, konsumsi air tajin dapat membantu untuk mengatasi masalah ini. Nutrisi yang terkandung pada air beras ini dapat membantu untuk meredakan gejala sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

4. Membuat Pikiran dan Tubuh Rileks

Air beras dapat membantu kamu merasa rileks dan segar kembali karena sifatnya yang menenangkan. Kamu dapat menambahkan air tajin ke tempat berendam dan berdiam di dalam air selama beberapa waktu agar mendapatkan perasaan santai dan tenang. Tentu saja, hal ini dapat membuat kulit semakin sehat.

5. Membantu Mengatasi Diare

Cairan ini termasuk salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk mengatasi diare, baik pada orang dewasa maupun bayi. Hal ini ampuh untuk dilakukan karena air beras dapat membuat perut menjadi tenang dalam waktu yang singkat dan akhirnya diare dapat teratasi.

Itulah pembahasan mengenai berbagai kandungan yang terdapat pada air tajin dan manfaatnya untuk kesehatan. Dengan mengetahui hal ini, kamu mungkin saja mulai mengonsumsinya secara rutin agar mendapatkan berbagai manfaatnya. Meski begitu, jangan berlebihan karena mungkin saja ada dampak buruk yang dapat terjadi.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
First Cry. Diakses pada 2021. How Rice Water Is Beneficial for Your Skin, Hair and Health.
Times of India. Diakses pada 2021. Don’t throw that rice water away, use it like this!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan