Apakah Lidah Buaya Bisa untuk Menghilangkan Jerawat?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Oktober 2023

“Gel lidah buaya memiliki kandungan yang mampu meredakan jerawat yang meradang. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan bahan alami lainnya, untuk mendapatkan manfaat optimal.”

Apakah Lidah Buaya Bisa untuk Menghilangkan Jerawat?Apakah Lidah Buaya Bisa untuk Menghilangkan Jerawat?

Halodoc, Jakarta – Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman sukulen yang berasal dari Afrika. Tanaman berdaun tebal yang berisi gel ini punya banyak manfaat. Lantas, apakah lidah buaya bisa untuk menghilangkan jerawat?

Karena kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidannya, lidah buaya mampu mengatasi jerawat yang meradang. Gel dari tanaman ini juga bisa jaga kelembapan kulit, dan membuatnya tetap sehat. Yuk, simak ulasannya!

Apakah Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Jerawat?

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Bagian yang paling sering digunakan adalah gel yang terdapat di dalam daunnya. 

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya dalam menghilangkan jerawat dan merawat kulit:

1. Mengurangi Pembengkakan dan Meredakan Jerawat

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat. Mengoleskan langsung gel lidah buaya pada area yang meradang akan membantu meredakan nyeri dan kemerahan.

2. Mempercepat Penyembuhan Jerawat Nodul

Lidah buaya juga bisa menghilangkan dan mempercepat penyembuhan jerawat nodul. Sifat penyembuhan alami gel lidah buaya ini dapat membantu mengurangi risiko bekas atau noda yang terbentuk akibat jerawat.

Jika kamu memiliki bekas jerawat yang membandel, seperti bopeng, cek cara mengatasinya di sini → 5 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Pipi

3. Menenangkan Kulit yang Teriritasi

Jawaban lain dari pertanyaan apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat ini sekaligus menenangkan kulit. Jika kamu mengalami kulit kering atau teriritasi akibat penggunaan produk jerawat, gel lidah buaya dapat memberikan kelegaan.

Ini berkat kandungan pelembap alami dalam lidah buaya dapat menjaga kelembapan kulit kamu tanpa menyebabkan iritasi tambahan.

4. Meningkatkan Efek Obat Jerawat

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan gel lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas obat-obatan jerawat. 

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Dermatological Treatment pada April 2014 menemukan bahwa penggunaan gel lidah buaya bersamaan dengan obat topikal seperti tretinoin dapat mengurangi kemerahan dan jumlah jerawat secara signifikan.

5. Mengurangi Pertumbuhan Bakteri Penyebab Jerawat

Lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Bagaimana Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Jerawat?

Jadi, kamu sekarang sudah tahu apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat. Gel tanaman ini bisa kamu pakai dengan cara mengoleskannya ke kulit yang mengalami masalah. 

Pemakaiannya bisa sebagai pelembap maupun masker wajah secara rutin, pada pagi dan malam hari. Kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat dengan beberapa cara. Paling mudah, memakai gel yang sudah siap pakai dan bisa kamu beli langsung di apotek. 

Namun, pastikan untuk memilih produk yang mengandung lidah buaya murni dan tidak mengandung pewangi atau bahan kimia lain yang berbahaya. Tak hanya itu, cara pakai lidah buaya juga bisa langsung melalui bagian daunnya. 

Kamu bisa memilih daun tanaman yang masih segar. Lalu, ambil bagian dalamnya dan oles pada kulit secara langsung. Kalau kamu mengalami jerawat yang ringan atau sedang, menggunakan lidah buaya untuk pengobatan rumahan bisa menjadi salah satu pilihan tepat. 

Meski tidak memicu munculnya efek samping, kamu bisa menghentikan pemakain lidah buaya untuk jerawat jika kulit mengalami gatal, bentol, dan kemerahan.

Kamu bisa melakukan tes alergi atau tes kesahatan lainnya secara mudah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Klik gambar berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut:

Layanan Home Lab Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Use Aloe Vera for Acne.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Aloe Vera and Acne.
Journal of Dermatological Treatment. Diakses pada 2023. Effect of Aloe vera topical gel combined with tretinoin in treatment of mild and moderate acne vulgaris: a randomized, double-blind, prospective trial.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan