Apakah Penyakit Hipertiroid Bisa Disembuhkan? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Juni 2023

“Penyakit hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid seseorang memiliki aktivitas yang lebih tinggi dari normal sehingga mengeluarkan hormon tiroid yang tinggi. Hipertiroid bisa disembuhkan permanen dengan cara operasi pengangkatan tiroid atau ditangani dengan konsumsi obat-obatan serta terapi.”

Apakah Penyakit Hipertiroid Bisa Disembuhkan? Ini FaktanyaApakah Penyakit Hipertiroid Bisa Disembuhkan? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Penyakit hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid seseorang memiliki aktivitas yang lebih tinggi dari normal sehingga mengeluarkan hormon tiroid yang tinggi. Kelenjar tiroid terletak pada leher bagian depan dan berperan dalam meregulasi temperatur tubuh serta metabolisme.

Kondisi hipertiroid bisa memengaruhi seluruh tubuh pengidapnya. Kondisi ini bisa menyebabkan beberapa dampak bagi tubuh, seperti metabolisme yang lebih cepat, nafsu makan lebih tinggi, dan detak jantung berdebar. Oleh karena itu, hipertiroid perlu penanganan medis yang tepat.

Apakah Hipertiroid Bisa Disembuhkan?

Untungnya, penyakit hipertiroid ini merupakan kondisi kesehatan yang bisa disembuhkan secara permanen. Caranya adalah dengan melalui operasi pengangkatan kelenjar tiroid pengidap. Operasi ini bernama tiroidektomi dan tergolong sebagai operasi yang umum dokter lakukan.

Pasien yang melalui prosedur medis ini bisa membutuhkan pengangkatan kelenjar tiroid sebagian atau total. Jadi, tidak hanya pengidap tiroid saja yang menjalani operasi. Pasien yang merupakan pengidap kanker tiroid atau pembengkakan juga bisa menjalani tiroidektomi.

Namun, beberapa pengidap hipertiroid tidak memilih operasi ini meski bisa menyembuhkan penyakit mereka secara permanen. Ini karena pengangkatan kelenjar tiroid bisa menyebabkan hipotiroid, yaitu kondisi yang terjadi jika keaktifan kelenjar di bawah rata-rata. Hipotiroid juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain seperti mudah lelah, tidak bisa menahan dingin, dan metabolisme lambat.

Selain itu, operasi tiroidektomi akan mengharuskan pasien untuk mengonsumsi suplemen tiroid seumur hidup agar kadar hormon dalam tubuh tetap normal. Maka dari itu, cara penanganan ini biasanya lebih baik untuk pengidap hipertiroid yang tidak merespon pada pengobatan lain atau mengalami pembengkakan serius pada kelenjar tiroid.

Alternatif Penanganan Hipertiroid

Berita baiknya, pengidap kondisi ini juga bisa tetap menjalani perawatan non-operasi untuk mengurangi gejala penyakit. Beberapa caranya antara lain:

1. Konsumsi obat-obatan

Dokter kemungkinan besar akan meresepkan obat-obatan untuk mengontrol tiroid yang terlalu aktif. Obat-obatan ini bekerja dengan cara menghambat produksi kelebihan hormon. Jenis obat yang umumnya pengidap konsumsi adalah jenis anti-tiroid seperti methimazole dan propylthiouracil. 

Selain jenis obat tersebut, beta blockers juga bisa pengidap konsumsi berdasarkan rekomendasi dokter. Obat ini menghambat dampak hormon tiroid ke tubuh tanpa mengubah kadar hormon di dalam darah. Oleh karena itu, gejala hipertiroid bisa berkurang.

Pengidap umumnya perlu mengonsumsi obat selama 12-18 bulan. Obat-obatan ini juga membutuhkan beberapa bulan sampai terasa efeknya.

2. Terapi iodine radioaktif

Terapi iodine radioaktif adalah suatu bentuk terapi radiasi yang menggunakan isotop radioaktif iodine untuk mengobati beberapa jenis penyakit kelenjar tiroid. Dalam kasus hipertiroid, tujuan terapi iodine radioaktif adalah menghancurkan sebagian kelenjar tiroid untuk mengurangi produksi hormon tiroid yang berlebihan.

Iodine radioaktif adalah bentuk iodine yang memiliki aktivitas radioaktif. Ketika dokter menyuntikkan iodine radioaktif ke dalam tubuh pengidap, kelenjar tiroid akan mengumpulkan iodine tersebut. 

Kemudian, kelenjar tiroid akan menggunakan iodine untuk memproduksi hormon tiroid yang penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Iodine radioaktif akan mengeluarkan radiasi dalam bentuk partikel beta yang dapat menghancurkan jaringan kelenjar tiroid yang berlebihan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mencari tahu juga Seberapa Penting Melakukan Terapi Radiasi untuk Penyakit Tiroid.

Itulah fakta mengenai penyembuhan penyakit hipertiroid. Kalau kamu sedang mengalami gejala-gejalanya, jangan ragu untuk segera meminta bantuan lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. Overactive thyroid (hyperthyroidism) treatment.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Hyperthyroidism.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Thyroidectomy.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Hypothyroidism.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan