• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Wanita yang Haid Boleh Melakukan Medical Check Up?

Apakah Wanita yang Haid Boleh Melakukan Medical Check Up?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Ahli medis selalu menyarankan untuk melakukan medical check up setiap tahunnya. Namun saat melakukan pemeriksaan tersebut, setiap orang harus dalam keadaan sehat agar hasilnya benar-benar tepat. Meski begitu, beberapa wanita juga bertanya apakah sedang mengalami menstruasi atau haid diperkenankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ini? Temukan jawabannya di bawah ini!

Wanita Tidak Disarankan Melakukan Medical Check Up saat Menstruasi

Bukan hanya pria, wanita juga membutuhkan pemeriksaan kesehatan setiap tahunnya agar terhindar dari banyak penyakit. Beberapa penyakit yang didiagnosis adalah kanker payudara dan serviks yang sering terjadi pada wanita. Untuk mendeteksi kanker serviks, setiap wanita harus melakukan pap smear yang biasanya termasuk salah satu langkah yang terdapat pada medical check up.

Baca juga: 3 Jenis Medical Check Up yang Harus Diketahui

Namun, bolehkah wanita menjalankan pemeriksaan kesehatan saat haid?

Idealnya, medical check up yang dilakukan setiap tahun harus dilakukan saat wanita tidak sedang mengalami menstruasi. Hal tersebut karena menstruasi yang berat dapat mengganggu interpretasi dari pap smear. Meski ahli medis tetap dapat mendapatkan hasil pemeriksaan panggung dan Pap smear, tetapi lebih banyak wanita yang nyaman jika diperiksa saat menstruasi dan meminta untuk menjadwalkan ulang.

Namun, hal lainnya yang dapat dipengaruhi saat melakukan pemeriksaan tersebut saat menstruasi adalah hasil pengecekan urine yang dapat berubah. Beberapa penyakit yang menjadi sulit untuk dideteksi karena hal itu adalah penyakit ginjal, hati, infeksi saluran kencing, dan diabetes. Urine yang akan diperiksa haruslah murni tidak boleh bercampur dengan darah menstruasi.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memberitahu dokter saat kamu tiba-tiba mendapati darah menstruasi keluar agar hasil pemeriksaan yang dilakukan tetap maksimal. Tentu saja ahli medis akan senang hati membuat jadwal baru agar hasilnya maksimal. Namun, jika pemeriksaan yang dilakukan terbilang darurat, maka dokter terpaksa tetap menjalankan tes urine, karena mungkin saja gangguan yang terjadi butuh penanganan yang cepat.

Baca juga: Sebelum Lakukan Cek Pra Nikah, Siapkan 3 Hal Berikut

Selain menstruasi, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan medical check up, antara lain:

  • Tidak mengonsumsi alkohol: Pastikan kamu tidak mengonsumsi kandungan alkohol apa pun dalam waktu paling tidak 24 jam sebelum pemeriksaan tersebut akan dilakukan. Tentu kandungan ini dapat memengaruhi hasil pemeriksaannya kelak.
  • Cukup tidur: Setiap orang yang akan menjalankan medical check up harus mendapatkan istirahat yang cukup pada malam sebelumnya. Seseorang yang kekurangan tidur mungkin saja memengaruhi hasil pemeriksaan, karena pengaruh dari tekanan darah dan suhu tubuh yang tidak normal.
  • Puasa: Kamu juga mungkin disarankan oleh dokter untuk melakukan puasa sebelum melaksanakan beberapa pemeriksaan, seperti kadar kolesterol dan gula darah. Ahli medis akan melarang kamu untuk makan dan minum selama 8 jam sebelumnya.

Setelah mengetahui apa alasannya di atas, seseorang yang sedang menstruasi disarankan untuk tidak mendapatkan medical check up. Semoga kamu tidak memaksakan diri terkait hal tersebut. Hal ini dilakukan agar hasil pemeriksaan yang dilakukan tetap efektif tanpa adanya gangguan dari faktor luar. Dengan begitu, dokter dapat langsung mengambil tindakan jika benar-benar berbahaya.

Baca juga: Bolehkah Lakukan Medical Check Up saat Sakit?

Lalu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait efektivitas medical check up yang dilakukan saat menstruasi, dokter dari Halodoc siap menjelaskannya dengan jelas. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan terkait akses kesehatan hanya dengan genggaman tangan!

Referensi:

Chapel Hill Obgyn. Diakses pada 2020. Irregular Periods and Your Annual Exam: Can You Have Your Annual Checkup While on Your Period?
Healthline. DIakses pada 2020. Physical Examination.