• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengajarkan Toilet Training pada Anjing?

Bagaimana Cara Mengajarkan Toilet Training pada Anjing?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat kamu mengadopsi anjing baru, salah satu hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melatihnya menggunakan toilet atau toilet training. Anak anjing yang masih kecil mungkin perlu dilatih dari awal, namun meskipun anjing baru kamu lebih tua dan sudah terlatih menggunakan toilet, kadang-kadang kamu masih perlu melatihnya kembali.

Ketika mengajarkan toilet training pada anjing, penting untuk menggunakan cara-cara yang positif berbasis hadiah. Dengan menggunakan cara yang positif, kamu bisa menjalin hubungan yang positif dengan anjing yang akan menjadi fondasi yang baik untuk berbagai macam pelatihan selanjutnya di masa mendatang.

Ingat, sangat wajar bila anjing kamu sesekali buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) sembarangan dalam beberapa minggu pertama di rumah baru. Anjing mana pun memerlukan waktu untuk membiasakan diri dengan lingkungan dan rutinitas yang baru. Karena itu, bersabarlah dan konsisten melatih anjing kamu. 

Anjing biasanya akan BAK dan BAB di tempat yang mereka rasa paling aman atau mereka sukai, seperti di karpet. Karena itu, kamu mungkin perlu menyingkirkan perabotan terbaik untuk sementara waktu sampai mereka sudah terlatih menggunakan toilet. 

Baca juga: Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut langkah-langkah mengajarkan toilet training pada anjing:

1.Bawa Anjing Keluar Secara Teratur

Pertama-tama, bawa anjing kamu keluar setiap jam dan tunggu beberapa menit untuk melihat apakah mereka BAK atau BAB. Cara ini bertujuan untuk mencegah ia BAK dan BAB di dalam rumah, sekaligus untuk mengajarkannya di mana tempat yang baik untuk pergi ke toilet. 

Ingatlah untuk selalu memuji anjing atau anak anjing kamu setiap kali ia BAK dan BAB di tempat yang benar. Seiring waktu, anjing akan mulai menyadari bahwa hal-hal baik terjadi padanya ketika ia pergi ke toilet di luar. Mengajarkan toilet training pada anjing bisa memakan waktu seminggu atau beberapa minggu, bahkan hingga berbulan-bulan, tergantung seberapa konsisten kamu melakukan rutinitas dan seberapa cepat anjing kamu belajar. Ingat, setiap anjing belajar dengan kecepatan yang berbeda.

2.Kenali Tanda-tanda Anjing Perlu Ke Toilet

Berikut adalah tanda-tanda anjing kamu perlu ke toilet:

  • Mondar-mandir dan berputar.
  • Mengendus tanah dengan saksama.
  • Pergi ke tempat atau area yang mereka suka gunakan.
  • Merengek dan menggonggong.
  • Mulai berjongkok.

Anjing biasanya menjadi gelisah ketika mereka ingin BAK atau BAB, dan sering mengendus-endus untuk mencari lokasi yang cocok untuk melakukannya. Awasi anjing terutama setelah tidur siang, waktu makan, dan setelah beberapa waktu ketika anjing ditinggalkan sendirian, misalnya di pagi hari.

3.Bawa Anjing ke Tempat yang Sama

Usahakan untuk membawa anjing ke tempat yang sama dan menggunakan pintu keluar yang sama setiap kali kamu membawanya keluar untuk BAK dan BAB. Pintu keluar haruslah yang mudah terlihat oleh kamu, sehingga ketika anjing menuju ke pintu keluar, kamu akan tahu bahwa ia ingin pergi ke toilet.

4.Temani Anjing Pergi ke Toilet

Penting untuk pergi keluar bersama anjing untuk menemaninya pergi ke toilet. Hal ini karena beberapa anjing, terutama yang ketakutan atau terlalu bersemangat, mungkin sulit untuk pergi ke toilet di luar.

Bagi anjing, dunia luar penuh dengan banyak pemandangan, suara, dan bau yang berbeda. Dorong anjing yang takut atau terlalu bersemangat untuk pergi ke toilet di luar dengan menemaninya dan beri ia waktu untuk menjelajah dan menyelesaikan urusannya.

Pada awal toilet training, bersiaplah untuk menghabiskan waktu yang lama di luar karena anjing kamu mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk bisa fokus menyelesaikan panggilan alamnya. Bila kamu membawa anjing kembali ke dalam rumah sebelum ia sempat BAB atau BAK, awasi ia dengan cermat, sehingga kamu bisa mendorong anjing untuk keluar begitu melihat tanda-tanda ia butuh pergi ke toilet.

Baca juga: 4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

5.Lanjutkan Rutinitas ke Toilet dengan Mengajaknya Bermain

Setelah anjing kamu selesai BAK dan BAB di luar, ajak ia berjalan-jalan dan bermain lebih lama sebelum kembali ke dalam rumah. Cara ini untuk mencegah anjing berpikir bahwa ketika ia menyelesaikan pergi ke toilet, hal itu berarti selesai juga waktu bermainnya.

6.Kurangi Durasi Waktu ke Toilet secara Bertahap

Bila setelah beberapa menit, anjing kamu tidak kunjung BAK atau BAB, bawa ia kembali ke dalam. Pelajari kebiasaan BAK dan BAB anjing kamu, sehingga kamu bisa mengurangi durasi menemaninya pergi ke toilet di luar dan fokus pada kualitas daripada kuantitas.

Baca juga: 5 Masalah yang Terjadi saat Melatih Anjing Peliharaan

Itulah cara mengajarkan toilet training pada anjing. Bila anjing peliharaan kamu mengalami sembelit, gunakan saja aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan dari dokter hewan terpercaya. Kamu bisa menghubungi dokter hewan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Battersea. Diakses pada 2020. How To Toilet Train A Dog.