• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 23 November 2020
Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Dilakukan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Anjing banyak dipilih sebagai hewan peliharaan di rumah karena kesetiaan, rasa kasih sayang yang tak terbatas, selalu bergembira dan mampu meningkatkan semangat hidup pemiliknya. Tak heran jika hal-hal inilah yang membuat anjing sering kali disebut sebagai sahabat manusia yang paling setia.

Mungkin, bukan hal yang baru bagimu melihat anjing-anjing yang terlatih. Sebenarnya, melatih anjing bisa membantu membangun ikatan yang lebih baik lagi antara kamu dan anjing kesayangan. Kamu perlu tahu bahwa anjing merupakan hewan yang sangat ingin belajar hal-hal baru, dan salah satu caranya adalah dengan melatihnya dan membangun komunikasi yang baik. 

Bicara tentang melatih anjing, kamu bisa saja mendapatkan banyak masukan tentang hal ini. Beberapa orang akan menyarankan kamu untuk menggunakan hadiah sebagai bentuk penghargaan dan tidak memberikan hukuman terhadap kesalahan. Ada pula yang menyarankan kamu untuk menegaskan posisimu sebagai pemimpin yang seharusnya dipatuhi. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyikat Bulu Anjing

Ya, ada banyak sekali cara yang mungkin kamu temui di luar sana tentang melatih anjing. Namun, apa pun metode dan teknik yang nantinya kamu pakai, tujuannya hanya satu, yaitu mengendalikan perilaku anjing peliharaan. Jika kamu ingin anjing kesayanganmu terlatih, hal sederhana yang perlu diterapkan adalah menghargai setiap perilakunya yang kamu sukai dan sebaliknya untuk semua perilaku yang tidak kamu sukai.

Cara Melatih Anjing di Rumah

Ternyata, tidak harus mengunjungi atau memanggil tenaga pelatih anjing profesional. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara mudah berikut ini.

  • Ciptakan Penguatan Positif

Memang benar, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih anjing kesayangan. Namun, sebagian besar pelatih profesional setuju bahwa membangun penguatan yang positif atau positive reinforcement adalah cara terbaik baik untuk anjing maupun pemiliknya. Menggunakan cara ini berarti kamu menghargai setiap perilaku yang kamu sukai dan tidak memberikan apresiasi terhadap semua perilaku yang tidak sesuai. 

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Anjing Pelaiharaan Mengalami Alergi

Kamu bisa menggunakan pujian, memberikan hadiah seperti berjalan-jalan (baik itu jalan kaki maupun mengendarai mobil), mengajaknya bermain, atau memberikan snack kesukaan. Cara yang bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga tidak hanya membangun ikatan yang kuat antara kamu dan anjing peliharaan, tetapi juga menjadi cara membangun komunikasi yang baik.

  • Melatih dengan Permainan

Tidak hanya kamu, anjing juga suka bermain dan bersenang-senang. Jadi, tidak ada salahnya memasukkan waktu bermain dalam program pelatihan yang kamu terapkan. Waktu bermain akan memberi anjing pelatihan dan stimulasi untuk mentalnya, dapat menjadi cara lain selain positive reinforcement yang bisa membangun ikatan yang lebih kuat antara kamu dan anjingmu. 

Beberapa permainan yang bisa kamu lakukan bersama anjingmu seperti petak umpet, bermain lempar tangkap, permainan tarik-menarik, permainan interaktif, hingga olahraga anjing jika kamu merasa hewan kesayanganmu ini masih belum puas dengan ragam permainan yang telah kamu buat.

Baca juga: Anjing Dapat Terkena Malasah Persendian, Ini Penyebabnya

Tips Melatih Anjing Peliharaan

Melatih anjing memang tidak mudah. Namun, agar tetap bisa konsisten, tips berikut mungkin bisa membantu:

  • Ketika mengajarkan keterampilan yang baru, pastikan kamu menerapkan sesi latihan yang singkat. Seperti anak-anak, anjing tidak memiliki kemampuan untuk memperhatikan hal dalam waktu yang panjang. Memang tidak ada aturan yang baku, tetapi sesi latihan yang ideal adalah rata-rata selama 15 menit, atau bahkan kurang.
  • Hanya lakukan satu keterampilan pada satu waktu, karena terlalu banyak latihan dalam waktu yang bersamaan akan membuat anjing merasa bosan dan frustasi.
  • Gunakan langkah kecil setiap latihan. Pasalnya, seperti halnya manusia, anjing akan lebih baik belajar ketika tugas yang baru diberikan padanya dipecah menjadi langkah kecil dan sederhana.
  • Lakukan pengulangan. Saat anjing dilatih suatu pelajaran baru dan sudah mulai memahami atau mulai bisa mengerjakan perintah, lakukan pelatihan ulangan perintah yang sama di setiap waktu pelatihan yang berbeda.
  • Sabar dan jangan mudah marah jika anjing belum bisa melakukan hal yang diperintahkan. Diperlukan kesabaran dan kontrol diri sangat tinggi dalam melatih anjing, kemarahan saat anjing tidak mampu melaksanakan apa yang diperintahkan bisa membuat anjing menjadi bingung dan stress.

Jangan lupa, selalu pastikan bahwa kondisi anjingmu selalu sehat dan fit. Apabila kamu menemui kondisi yang janggal atau adanya gejala penyakit, segera buka aplikasi Halodoc dan tanyakan pada dokter hewan. Sekarang, penanganan hewan peliharaan jauh lebih mudah di aplikasi Halodoc karena adanya layanan kesehatan hewan. 



Referensi: 
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. How to Train Your Dog.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. 5 Fun Games for Dogs.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. How to Positive Reinforcement to Train Your Dog.
Fetch by WebMD. Diakses pada 2020. Obedience Training for Dogs.