Baik untuk Kesehatan, Ini Nutrisi yang Terdapat dalam Ubi Ungu

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Januari 2023

“Ada berbagai nutrisi yang terdapat di dalam ubi ungu. Beberapa di antaranya serat, protein, hingga vitamin C. Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.”

Baik untuk Kesehatan, Ini Nutrisi yang Terdapat dalam Ubi UnguBaik untuk Kesehatan, Ini Nutrisi yang Terdapat dalam Ubi Ungu

Halodoc, Jakarta – Ubi ungu atau sweet purple potatoes adalah salah satu jenis umbi-umbian yang bisa kamu jadikan makanan maupun camilan sehat. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi ubi ungu, seperti merasa kenyang lebih lama hingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ubi ungu yang memiliki rasa manis dan tekstur makanan yang lembut membuat makanan ini cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Pertanyaannya, apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam ubi ungu?

Nutrisi di Dalam Ubi Ungu

Kebanyakan pengolahan ubi ungu dilakukan dengan cara dikukus. Saat ubi ungu siap untuk dinikmati, ubi ungu akan mengeluarkan aroma yang harum dengan cita rasa manis dan tekstur yang sangat lembut.

Tentunya dari sisi tampilan, ubi ungu akan berbeda dengan jenis ubi lainnya. Ubi ini memiliki kulit luar yang berwarna ungu gelap bahkan hampir menyerupai warna hitam. Namun, bagian dalam ubi ini memiliki warna ungu yang cerah. Bahkan, setelah diolah, warna ungu pada ubi akan tetap terlihat.

Jika dibandingkan dengan ubi lain, ubi ungu juga memiliki kondisi daging yang lebih padat. Lalu, apa saja nutrisi yang terdapat di dalam ubi ungu? Warna ungu pada ubi ini nyatanya bukan hanya tampilan yang bisa mempercantik makanan ini. Warna ungu berasal dari kandungan anthocyanin yang merupakan salah satu jenis antioksidan.

Dengan begitu, ubi ungu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga membantu melawan peradangan dalam tubuh dan mencegah risiko gangguan jantung. Selain antioksidan, ada berbagai nutrisi lainnya dalam ubi ini, seperti:

1. Serat

Dengan mengonsumsi 100 gram ubi ungu, kamu bisa memenuhi kebutuhan serat sebanyak 3,3 gram. Pastikan kamu mengetahui kebutuhan serat setiap hari yang disesuaikan dengan usia kamu.

Saat kebutuhan serat dalam tubuh terpenuhi dengan baik, ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan, seperti:

  • Mampu membantu kamu mengontrol berat badan.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2.
  • Menurunkan risiko gangguan jantung.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan.
  • Mencegah perkembangan kanker kolorektal.

Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan serat yang dibutuhkan, salah satunya dengan mengonsumsi ubi ungu.

2. Vitamin C

Dalam 100 gram ubi ungu, kamu bisa memenuhi vitamin C sekitar 14 persen kebutuhan harian. Vitamin C yang terpenuhi dengan baik di dalam tubuh mampu membantu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat.

Vitamin C juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, hingga tulang. Kebutuhan vitamin C yang dapat terpenuhi dengan baik juga bisa membuat sistem imun tubuh menjadi lebih optimal, dan membuat proses pemulihan luka menjadi lebih cepat.

3. Kalium

Kalium adalah salah satu mineral yang penting untuk tubuh. Dengan mengonsumsi 100 gram ubi ungu, kamu bisa memenuhi delapan persen kebutuhan harian kalium. Kalium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem saraf. 

Selain itu, memenuhi kebutuhan kalium harian juga bisa mencegah tekanan darah. Jadi, ubi ungu sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah.

4. Protein

Makanan sehat ini juga mengandung protein yang cukup baik di dalamnya. Dalam 100 gram ubi, terdapat dua gram protein.

Selain membantu respon sistem imun tubuh, protein juga meningkatkan kemampuan penglihatan, memperbaiki jaringan tubuh, hingga menjadi sumber energi untuk tubuh. 

Itulah beberapa nutrisi yang terdapat dalam ubi ungu. Kamu bisa bertanya lebih banyak secara langsung pada dokter dan janji medis menggunakan Halodoc, untuk memastikan makanan sehat lain untuk kesehatan tubuh. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

Eating Well. Diakses pada 2023. Health Benefits of Purple Potatoes.

Healthline. Diakses pada 2023. Purple Power: 7 Benefits of Purple Potatoes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan