• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Atasi Cemas, Ini 5 Benefit Lain Tentang Daun Kratom
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bantu Atasi Cemas, Ini 5 Benefit Lain Tentang Daun Kratom

Bantu Atasi Cemas, Ini 5 Benefit Lain Tentang Daun Kratom

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Desember 2022

“Daun kratom termasuk obat alami yang dapat mengatasi banyak masalah kesehatan. Salah satu manfaatnya yang kerap dicari-cari adalah mampu mengatasi nyeri pada tubuh.”

Bantu Atasi Cemas, Ini 5 Benefit Lain Tentang Daun KratomBantu Atasi Cemas, Ini 5 Benefit Lain Tentang Daun Kratom

Halodoc, Jakarta – Daun kratom merupakan salah satu bagian dari pohon dengan nama yang sama dan tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan yang memiliki nama latin mitragyna speciosa ini memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Maka dari itu, daun kratom kerap diekstrak dan digunakan sebagai kandungan suplemen kesehatan.

Manfaat Daun Kratom untuk Kesehatan saat Dikonsumsi secara Rutin

1. Pereda Nyeri

Manfaat paling utama dari daun kratom adalah sebagai pereda nyeri. Bila mengalami nyeri kronis, konsumsi dedaunan ini, agar dapat melakukan aktivitas harian secara nyaman.

Obat pereda nyeri dengan bahan kimia memang ampuh dalam mengatasi rasa sakit tersebut, tetapi memiliki kemungkinan meninggalkan banyak efek negatif pada tubuh. Selain itu, daun kratom juga kerap digunakan sebagai penghilang rasa sakit untuk nyeri otot pasca latihan berat. Tumbuhan ini tidak menyebabkan seseorang khawatir mengalami kecanduan layaknya obat buatan.

2. Penambah Energi

Daun kratom juga terkenal akan efek metaboliknya yang dapat meningkatkan energi pada tubuh. Saat tubuh mengalami peningkatan sirkulasi darah, oksigen lebih cepat untuk mencapai sel-sel pada bagian tubuh yang vital. Dengan begitu, energi pada tubuh lebih tinggi, bahkan dapat mengalami sindrom kelelahan kronis.

Tidak sedikit orang yang mulai mengganti kopi dengan daun kratom yang dijadikan teh. Bahkan, beberapa orang lebih merasakan dorongan energi tanpa merasa gelisah akibat kafein yang berlebih.

3. Antidepresan

Pengobatan alami ini memiliki efek yang mirip dengan opioid. Kandungan dari daun kratom memiliki efek terapeutik yang dapat menenangkan saraf dan meningkatkan kerangka berpikir ke arah lebih positif.

Bahkan, daun ini memiliki efek sedatif yang kuat saat dikonsumsi dalam dosis yang lebih tinggi. Kombinasi dari efek terapeutik dan sedatif ini mampu membantu dalam menekan gejala kecemasan dan depresi. Dengan begitu, seseorang bisa tetap rileks dalam situasi yang menegangkan.

4. Stimulasi Mental

Daun ini juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif agar lebih produktif saat beraktivitas. Kandungan dari daun kratom juga dapat membuat seseorang lebih waspada dan fokus, serta meningkatkan konsentrasi.

Ini dapat disebabkan alkaloid yang terdapat pada daun ini dapat membantu dalam melepaskan asetilkolin, senyawa pada sistem saraf yang berfungsi sebagai neurotransmitter. Konsumsi daun ini sebagai teh secara rutin dapat membuat seseorang lebih berprestasi.

5. Peningkatan Libido

Kabar baik untuk para pria, nih, menurut penelitian dari Journal of Herbal Medicine, daun kratom sangat baik dalam meningkatkan kinerja seksual. Pria yang mengonsumsinya akan merasakan peningkatan libido dan kemampuan seksual yang lebih baik. Tumbuhan ini memberikan efek afrodisiak yang kuat, sehingga cocok untuk meningkatkan kinerja para pria.

Itulah berbagai manfaat dari daun kratom yang bisa didapatkan untuk kesehatan. Kamu bisa mendapatkan olahan daun ini yang sudah dijadikan bubuk teh, sehingga bisa dikonsumsi dengan mudah. Cobalah untuk mengonsumsinya setiap pagi agar lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Apabila masih ingin tahu lebih jauh terkait manfaat dari daun ini, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Untuk kemudahan ini, kamu perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari. Segera unduh aplikasi Halodoc untuk mempermudah akses kesehatan tanpa batas!

Referensi:
University of Massachusetts Amherst. Diakses pada 2022. Health Benefits of Kratom.
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Kratom.