Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Awasi 5 Penyakit Ini 

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Juni 2023
Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Awasi 5 Penyakit Ini Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Awasi 5 Penyakit Ini 

"Jika Si Kecil mengalami batuk, orangtua tentu khawatir. Apalagi jika batuk anak tidak sembuh-sembuh meski telah diberi obat bebas resep. Sebaiknya jangan biarkan kondisi tersebut berlangsung lama. Karena bisa jadi anak mengidap penyakit pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis, atau batuk rejan. Kondisi tersebut harus segera ditangani dokter."

Halodoc, Jakarta - Si Kecil sedang atau pernah mengalami batuk kronis yang tak kunjung membaik? Hmm, sebaiknya ibu jangan sekali-kali menganggap remeh kondisi ini. Alasannya jelas, bisa jadi batuk kronis menandai adanya penyakit yang lebih serius pada anak. Lantas, apa saja sih penyakit yang bisa membuat batuk pada anak tak kunjung sembuh?


1. Batuk Rejan

Batuk tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh penyakit ini. Batuk rejan merupakan infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan yang amat menular. Pengidapnya bisa mengalami batuk hingga tiba bulan lamanya. Nah, karena durasi tersebut, batuk rejan juga biasa disebut dengan “batuk seratus hari”.

Batuk seratus hari ini bisa mengancam nyawa bila terjadi pada lansia dan anak-anak, apalagi pada bayi yang belum cukup umur untuk mendapatkan vaksin pertusis. Batuk ini bisa dikenali dari rentetan batuk keras yang terjadi terus-menerus. Batuknya ditandai dengan tarikan napas panjang lewat mulut (whoop).

Fase pertama dari batuk rejan ini adalah masa di mana infeksi akan sangat rentan menular. Nah, di fase kedua manula mesti berhati-hati, jangan tunda untuk mendapatkan penanganan medis. Sebab fase ini memiliki tingkat risiko kematian yang paling tinggi.


2. Pneumonia

Penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae ini, merupakan infeksi di unit penukar gas paru-paru (alveoli). Kondisi ini juga disebut sebagai radang paru yang terisi dengan cairan atau nanah.

Di Indonesia, penyakit pneumonia juga dikenal dengan istilah paru-paru basah. Infeksi yang memicu inflasi pada kantong-kantong udara itu, bisa terjadi di salah satu atau kedua paru-paru. Imbasnya, sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan membengkak dan dipenuhi cairan.


3. Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyebab batuk pada anak tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit ini mengakibatkan paru menghasilkan lendir secara berlebihan. Gejala paling umum dari penyakit ini adalah batuk yang tak kunjung sembuh dengan lendir dahak berwarna agak kuning atau hijau.

Dari banyaknya jenis PPOK, emfisema merupakan salah satu penyakit PPOK yang bisa menyebabkan batuk terus-menerus. Jangan main-main dengan penyakit yang satu ini, pasalnya gangguan paru-paru ini bisa menghantui banyak orang, lho. Enggak percaya?

Menurut National Health Interview Survey di Amerika Serikat (AS), setidaknya lebih dari dua juta orang di sana mengidap emfisema.


4. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) atau TBC merupakan penyakit yang menyerang paru-paru. Kita mesti hati-hati dengan penyakit ini, sebab TBC bisa mengakibatkan kematian bila tak ditangani dengan tepat. Mereka yang belum diperiksa dan diobati akan menjadi sumber penularan bagi orang di sekitarnya.

Ingat, jangan sekali-kali meremehkan penyakit yang satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam banyak kasus TBC bisa sebabkan kematian pada pengidapnya. Nah, salah satu gejala umum dari TB adalah batuk yang terjadi secara terus (3 minggu atau lebih).

Biang keladi dari penyakit paru ini disebabkan oleh infeksi kuman atau bakteri. Namanya Mycobacterium tuberculosis. Meski bisa menular lewat percikan ludah pengidapnya, tetapi penularan TBC membutuhkan kontak yang cukup dekat dan lama dengan pengidapnya. Dengan kata lain, enggak semudah penyebaran flu.

Awas, Mycobacterium tuberculosis ini bisa berkembang biak hingga menyebabkan kerusakan pada alveolus. Tanpa perawatan yang cepat dan tepat, bakteri ini bisa terbawa bersama darah. Selanjutnya, bakteri ini akan menyerang ginjal, sumsum tulang belakang, dan otak, yang pada akhirnya TBC bisa mengakibatkan kematian.


5. Keluhan Lainnya

Selain empat penyakit di atas, batuk tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Seperti asma, GERD, bronkitis akut, infeksi saluran pernapasan, alergi, hingga virus flu.

Itulah yang perlu diketahui tentang batuk yang tak kunjung sembuh pada anak. Jika anak mengalami batuk dan tak kunjung sembuh juga, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Batuk yang Dapat Terjadi pada Anak



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases and Conditions. Chronic Cough.
WebMD. Diakses pada 2021. Your Child’s Cough.
Healthline. Diakses pada 2021. Tuberculosis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Pneumonia.
Medscape. Diakses pada 2021. Drugs & Diseases. Pertussis.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan