Batuk hingga Sesak Napas, Ini 3 Gejala Black Lung Disease

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Desember 2022

“Penting untuk mewaspadai gejala black lung disease. Terutama jika memiliki risiko tinggi terpapar partikel debu berbahaya.”

Batuk hingga Sesak Napas, Ini 3 Gejala Black Lung DiseaseBatuk hingga Sesak Napas, Ini 3 Gejala Black Lung Disease

Halodoc, Jakarta – Gejala black lung disease sering terjadi pada orang yang terpapar debu mineral, seperti batu bara. Kondisi ini memiliki sejarah panjang sebagai penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan. 

Sebab, menghirup debu tambang batu bara biasa terjadi pada mereka yang bekerja di pertambangan. Ini jarang terjadi di lingkungan umum. Tanpa pengobatan, kondisi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti gagal jantung, tuberkulosis, dan kanker paru-paru.

Baca lebih lanjut ulasan berikut untuk mengetahui bagaimana gejala dan penanganan untuk penyakit ini.

Gejala Black Lung Disease

Black lung disease dapat memakan waktu lama untuk berkembang, karena partikel debu dapat menumpuk secara perlahan. Jadi, penyakit ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menimbulkan reaksi di paru-paru dan menyebabkan gejala. 

Gejalanya mungkin baru muncul bertahun-tahun setelah seseorang tidak lagi bekerja di lingkungan dengan debu yang menyebabkan penyakit ini. 

Berbagai gejala yang muncul mungkin mirip dengan flu atau infeksi dada. Namun, gejalanya cenderung bertahan atau tak kunjung membaik dengan pengobatan biasa. 

Beberapa gejala black lung disease yang utama adalah:

1. Sesak Napas

Peradangan di paru-paru dapat menimbulkan jaringan parut. Jaringan ini dapat menyebabkan pengidap sulit bernapas dengan lega. 

2. Batuk yang Dapat Menghasilkan Dahak

Gejala lain yang dapat terjadi adalah batuk yang dapat menghasilkan lendir atau dahak. Pada beberapa kasus, dapat muncul dahak berwarna gelap.

3. Batuk Berkepanjangan

Gejala lain yang khas dari penyakit ini adalah batuk yang berkepanjangan atau tak kunjung sembuh.

Pilihan Pengobatan yang Tersedia

Tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Dengan demikian, tujuan pengobatan adalah untuk meredakan gejala dan mengurangi risiko komplikasi.

Beberapa pengobatan yang biasa dokter berikan untuk meredakan gejala black lung disease adalah:

  • Obat: Dokter kemungkinan akan meresepkan obat yang mengurangi peradangan di paru-paru dan mendukung pernapasan.
  • Rehabilitasi Paru: Selama rehabilitasi paru, pengidap akan belajar untuk meningkatkan kekuatan paru-paru dan kemampuan bernapas. Hal ini dapat membantu tetap aktif dan bernapas lebih efektif.
  • Terapi Oksigen: Perawatan ini menggunakan alat yang memberikan oksigen ekstra ke paru-paru. Ini biasanya dokter berikan untuk gejala yang parah.
  • Transplantasi paru-paru: Dalam prosedur ini, dokter akan mengganti satu atau kedua paru-paru dengan paru-paru dari donor.

Tanpa manajemen gejala, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi seperti:

  • Tuberkulosis.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  • Penyakit arteri koroner (CAD).
  • Gagal jantung.
  • Kanker paru-paru.
  • Kematian dini.
  • Kualitas hidup yang buruk.

Strategi Pencegahan

Tidak semua pekerja batu bara mengembangkan gejala penyakit ini. Namun, ini adalah penyakit yang dapat kamu cegah, dan metode tertentu dapat membantu mengurangi risikonya.

Jika kamu memiliki risiko tinggi akan penyakit ini, strategi pencegahan yang bisa kamu terapkan adalah:

  • Mengenakan respirator yang sesuai saat bekerja.
  • Mencuci kulit yang terkena debu batu bara.
  • Segera menghilangkan debu tambang batu bara yang menempel di pakaian.
  • Mencuci tangan dan muka sebelum makan atau minum.

Jika kamu bekerja di atau dekat tambang batu bara, ada baiknya juga melakukan pemeriksaan fisik secara teratur. Ini akan memungkinkan dokter untuk memantau fungsi paru-paru dan pernapasan dan untuk melihat tanda-tanda peringatan pada tahap awal.

Itulah pembahasan mengenai gejala black lung disease. Jika kamu mengalami gejalanya, segera download Halodoc untuk berbicara dengan dokter tepercaya kapan dan di mana saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Black Lung Disease?
WebMD. Diakses pada 2022. What Is black lung disease?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan