Batuk Tak Kunjung Sembuh, Begini Cara Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 April 2024

“Ada berbagai cara untuk mengatasi batuk tak kunjung sembuh. Selain dengan obat, perlu juga dibantu dengan perbanyak asupan cairan, membatasi asupan makanan yang menjadi pemicu batuk, serta tidak merokok.”

Batuk Tak Kunjung Sembuh, Begini  Cara MengatasinyaBatuk Tak Kunjung Sembuh, Begini  Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Batuk kronis yang tidak kunjung membaik pastinya bisa sangat membuat tidak nyaman. Pasalnya, ini dapat membuat pengidapnya tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Bahkan, batuk tak kunjung sembuh bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu yang lebih serius.

Oleh karena itu, kamu harus tahu sebenarnya apa yang menjadi penyebab terjadinya batuk kronis dan cara tepat mengatasinya. Tujuannya agar batuk bisa segera membaik dan kamu bisa beraktivitas kembali seperti biasanya. 

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Batuk kronis atau batuk yang tak kunjung sembuh berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya lebih dari satu bulan. Sebenarnya, kondisi ini bukan menjadi suatu penyakit, tetapi dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan tertentu dan penyebabnya juga bisa sangat beragam.

Misalnya, paparan polusi udara berlebihan, memiliki kondisi medis seperti infeksi, asma, penyakit asam lambung, atau efek samping dari pemakaian obat tertentu. 

Selain itu, batuk tak kunjung sembuh juga dapat menunjukkan gejala dari gangguan pada paru-paru, bronkitis kronis, kanker paru, dan masalah pada jantung. 

Inilah mengapa batuk tak kunjung sembuh tidak boleh dibiarkan dan harus segera mendapatkan penanganan. Apalagi jika disertai dengan gejala seperti sesak napas, sakit tenggorokan, suara serak, sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri pada dada, demam, hingga batuk yang disertai dengan darah. 

Jika ada gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Kamu juga bisa chat dokter terlebih dahulu, lebih praktis dan mudah bisa dari mana saja dan kapan saja, dengan klik gambar di bawah ini.

chat dokter halodoc

Nah, mau tahu apa saja obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi batuk? Baca di artikel ini: 

Penanganan Batuk Tak Kunjung Sembuh

Lalu, bagaimana penanganan yang efektif untuk batuk tak kunjung sembuh? Selain mengonsumsi obat seperti anjuran dokter, kamu bisa melakukan beberapa tindakan penanganan secara mandiri berikut ini. 

  • Perbanyak asupan cairan terutama air putih hangat untuk membantu melegakan tenggorokan sekaligus mencegah dehidrasi, sehingga tenggorokan tidak terlalu gatal dan membantu membuat lendir menjadi lebih encer.
  • Hindari asupan makanan yang dapat membuat batuk menjadi semakin memburuk. Jika memang perlu, berhenti mengonsumsinya. Misalnya, makanan berminyak, tinggi lemak, makanan pedas, dan asam yang bisa membuat tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman.
  • Tidak merokok dan sebisa mungkin menjauh dari paparan asap rokok. Keduanya bisa membuat batuk menjadi lebih buruk.
  • Jaga udara di rumah tetap lembap. Kamu bisa menggunakan alat pelembap udara, mandi air hangat, atau menggunakan uap dari minyak esensial untuk membantu melegakan tenggorokan dan pernapasan.
  • Menjalani terapi neti pot atau irigasi hidung dengan menggunakan larutan garam. Ini dapat membantu mengeluarkan lendir sekaligus membersihkan hidung. 

Pastikan untuk tidak menunda melakukan pemeriksaan medis bila kamu merasakan batuk tak kunjung sembuh.

Selain itu, kamu bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya yang ampuh mengatasi batuk di Toko Kesehatan Halodoc

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Dengan begitu, kamu terhindar dari risiko komplikasi yang bisa jadi lebih berbahaya. 

Jangan pernah menganggap batuk kronis sebagai hal sepele. Sebab, gangguan kesehatan ini dapat menjadi salah satu tanda dari kondisi medis yang serius dan mengancam nyawa. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Postnasal Drip: What You Need to Know.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Chronic cough.
Healthline. Diakses pada 2022. Do I Have a Chronic Cough? Symptoms, Treatment, and More.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan