• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Memilih Sampo Terbaik untuk Atasi Ketombe

Begini Cara Memilih Sampo Terbaik untuk Atasi Ketombe

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Munculnya ketombe pada kulit kepala terkadang membuat seseorang mengalami rasa tidak nyaman. Mulai dari rasa malu hingga gatal pada bagian kulit kepala yang tidak tertahankan. Menggaruk area yang gatal ternyata bukanlah jalan keluar yang tepat. Kondisi ini dapat memperburuk kondisi kulit kepala bahkan membuat ketombe terlihat di antara rambut.

Baca juga: Kulit Kepala Sensitif Dapat Sebabkan Ketombe

Lalu, bagaimana mengatasi masalah ketombe? Masalah pada kulit kepala ini bisa kamu atasi dengan perubahan gaya hidup, seperti mengelola tingkat stres, rajin menjaga kebersihan diri dan area rambut, serta menggunakan perawatan rambut yang tepat, seperti sampo. Tidak ada salahnya ketahui beberapa cara yang tepat untuk memilih sampo terbaik dalam mengatasi masalah ketombe. Berikut ulasannya.

Kenali Penyebab Ketombe

Ketombe merupakan salah satu kondisi yang cukup sering terjadi di mana kulit kepala mengelupas. Kondisi ini tidak berbahaya dan juga tidak menular. Namun, ketombe yang tidak diatasi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Seseorang yang memiliki ketombe biasanya akan merasakan kondisi gatal pada kulit kepala. Selain itu, kulit kepala yang mengelupas dapat terlihat dan menyebabkan penurunan rasa percaya diri pada seseorang yang berketombe.

Ketombe sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kulit yang mengalami iritasi, kulit kepala yang berminyak, adanya paparan jamur pada kulit kepala, kulit kering, dan juga akibat penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok pada jenis kulit kepala. Selain itu, kurang menyisir dan merapikan rambut juga dapat meningkatkan risiko munculnya ketombe. Menyisir rambut dapat membantu proses pengelupasan kulit kepala yang mati secara normal.

Pola makan yang kurang tepat juga dapat meningkatkan risiko ketombe akibat tubuh kekurangan vitamin B dan juga zat besi. Tingginya tingkat stres juga menyebabkan seseorang alami gangguan kesehatan pada kulit, salah satunya adalah kulit kepala. 

Baca juga: Ketombe Berulang, Ini Bahaya untuk Kulit Kepala

Inilah Cara Memilih Sampo untuk Rambut Berketombe

Rasa gatal dan ketombe yang masih tergolong ringan dapat kamu atasi dengan menjaga kebersihan area kulit kepala. Rutin membersihkan rambut dan menyisir rambut menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan gejala ketombe. Namun, jika ketombe masih terus muncul, sebaiknya pilihlah sampo yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut ketombe.

Lalu, bagaimana memilih sampo anti ketombe yang tepat? Melansir Mayo Clinic, sebaiknya pilihlah sampo yang memiliki kandungan, seperti:

1.Pyrithione Zinc

Kandungan ini memiliki antibakteri dan antijamur di dalamnya sehingga dapat mengatasi ketombe membandel akibat bakteri maupun jamur pada kulit kepala.

2.Kandungan Tar

Kandungan tar dapat membantu kamu untuk memperlambat sel-sel kulit mati dan mengelupas yang menyebabkan ketombe.

3.Salicyd Acid

Kandungan ini dapat membantu menghilangkan ketombe yang cukup parah dan menyerupai kerak pada kulit kepalamu.

4.Selenium Sulfida

Selenium sulfida dapat berfungsi sebagai antijamur. Namun, bilas dengan bersih setelah penggunaan sampo dengan kandungan ini untuk menghindari perubahan pada warna rambut.

5.Ketoconazole

Kandungan ketoconazole dapat menghentikan perkembangan jamur pada kulit kepala.

Baca juga: Ketombe Bandel, Jangan-Jangan Dermatitis Seboroik

Biasanya, kamu perlu mendiamkan beberapa menit saat menggunakan sampo anti ketombe agar kandungan yang terdapat dalam sampo bisa bekerja secara maksimal. Setelah itu, bilaslah dengan bersih hingga tidak ada sampo yang tertinggal pada batang rambut maupun kulit kepala. 

Jika penggunaan sampo dirasa kurang efektif dalam mengatasi ketombe, sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter kulit mengenai kondisi kesehatan rambut yang kamu alami. Selain penggunaan sampo, mengurangi tingkat stres dan menjalani pola makan seimbang menjadi cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketombe secara alami.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Dandruff.
Medical News Todays. Diakses pada 2020. How to Treat Dandruff.
Healthline. Diakses pada 2020. All About Dandruff Shampoos, Plus 5 Recommendations.