• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Cara Perawatan Rambut Rontok untuk Wanita

Perlu Tahu, Ini Cara Perawatan Rambut Rontok untuk Wanita

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu menemukan banyak helaian rambut yang rontok sesaat setelah bangun tidur? Ya, kondisi ini dapat membuat kepercayaan diri wanita menurun. Sebenarnya, rambut masih wajar ketika rontok sebanyak 50-100 per hari. Lebih dari itu, sebaiknya wajib waspada karena kerontokan menjadi tidak wajar. 

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut alami kerontokan, seperti pola makan yang kurang sehat, gaya hidup, alami penyakit tertentu, penggunaan salah satu jenis obat. Rambut rontok juga kerap dialami wanita yang baru melahirkan. Faktor keturunan juga dapat sebabkan seseorang alami kerontokan rambut yang sebabkan kebotakan dini, baik secara permanen maupun sementara.

Perawatan pada Rambut yang Alami Kerontokan

Umumnya, pertumbuhan rambut yang normal akan di awal fase pertumbuhan selama 2-6 tahun. Kemudian, rambut mengalami kerontokan secara alami  namun akan tumbuh setelah 2-3 bulan. Fase ini dikenal sebagai fase telogen. Umumnya, seseorang menyadari kerontokan rambut yang dialami setelah mengalami penipisan rambut.

Kerontokan rambut dapat terjadi secara bertahap maupun tiba-tiba. Ada gejala yang dialami saat alami kerontokan rambut, seperti menipisnya rambut pada bagian atas kepala, mengalami pitak, dan alami penipisan rambut secara merata pada kepala. Segera atasi kondisi kerontokan rambut agar rambut tetap terlihat sehat dan tebal. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk merawat dan mengatasi rambut yang rontok, yaitu:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Dilansir dari Medical News Today, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan merawat rambut rontok dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar kebutuhan nutrisi dan gizi yang diperlukan untuk memperkuat rambut dapat terpenuhi dengan baik. Kekurangan zat besi dan kerontokan rambut memiliki kaitan yang cukup kuat. Tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan zat besi agar kamu dapat mengatasi kerontokan rambut. Tidak hanya zat besi, sebaiknya penuhi juga kebutuhan protein dan vitamin B yang mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

2. Hindari Penataan Rambut dengan Pengering Rambut

Jika kamu memiliki kondisi rambut yang rontok, hindari penataan rambut yang menggunakan pengering rambut terlalu lama. Kondisi ini dapat membuat kerontokan rambut semakin parah. Jika terlalu panas, alat ini menghilangkan kelembapan alami rambut. Coba untuk mengeringkan rambut dengan cara yang lebih alami agar kerontokan yang dialami dapat teratasi.

3. Jaga Kebersihan Kulit Kepala dan Rambut

Kulit kepala yang kurang sehat sebabkan berbagai macam gangguan pada kesehatan, khususnya rambut. Kulit kepala dapat mengalami peradangan yang membuat sulit untuk tumbuh. Selain itu, beberapa gangguan pada kulit kepala, seperti ketombe dapat sebabkan kerontokan pada rambut. Tidak ada salahnya untuk merawat kulit kepala tetap bersih dan sehat agar kerontokan rambut yang dialami dapat diatasi dengan baik. Pastikan kamu rutin membersihkan rambut dan gunakan jenis sampo yang cocok untuk kulit kepala.

Jika kamu memiliki masalah dengan kulit kepala, kamu bisa bertanya mengenai solusi yang tepat dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

4. Kelola Stres

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerontokan pada rambut adalah mengelola stres dengan baik. Dilansir dari Mayo Clinic, stres yang cukup tinggi berkaitan dengan kerontokan rambut. Ketika tubuh alami stres, imunitas tubuh mengalami penurunan. Berbagai gangguan kesehatan dapat terjadi, salah satunya adalah kerontokan rambut. 

Baca juga: Jangan Abaikan, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok di Usia 20an

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerontokan rambut. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan istirahat agar kesehatan tetap terjaga. Jika kerontokan rambut yang kamu alami sudah cukup parah, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar penanganan dapat dilakukan.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Treat Female Hair Loss
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Hair Loss
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Hair Loss
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Stress Management
Huffpost. Diakses pada 2020. 8 Amazing Tips to Prevent Hair Loss in Women
Healthline. Diakses pada 2020. Hair Loss Prevention