Begini Cara Mencegah Gangguan Kepribadian Antisosial

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juli 2020
Begini Cara Mencegah Gangguan Kepribadian AntisosialBegini Cara Mencegah Gangguan Kepribadian Antisosial

Halodoc, Jakarta – Bila mendengar tentang gangguan kepribadian antisosial, mungkin yang terlintas dalam pikiran kamu adalah seseorang yang enggan atau sama sekali tidak mau bersosialisasi dengan orang lain. Namun nyatanya, gangguan kepribadian antisosial jauh lebih dari sekadar menarik diri dari sosial. 

Melainkan pengidap gangguan tersebut dapat memperlakukan orang lain dengan kasar, tidak berperasaan, bahkan dapat berbuat kriminal. Lantas, apakah gangguan kepribadian antisosial dapat dicegah? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Baca juga: Kenali Perbedaan Introvert dan Gangguan Antisosial

Memahami Gangguan Kepribadian Antisosial

Gangguan kepribadian antisosial atau yang kadang-kadang disebut juga sosiopati adalah pola perilaku yang tertanam di mana seseorang secara konsisten mengabaikan dan melanggar hak orang lain di sekitar mereka. Jenis gangguan kepribadian ini ditandai oleh perilaku impulsif, tidak bertanggung jawab, dan seringkali kriminal.

Dari luar, orang dengan gangguan kepribadian antisosial mungkin tampak menarik, lucu dan menyenangkan, tetapi mereka juga bisa berbohong dan mengeksploitasi orang lain. Mereka juga cenderung mudah tersinggung dan agresif serta tidak bertanggung jawab. Pengidap gangguan ini juga dapat menyakiti orang lain dan memperlakukan orang lain dengan kasar tanpa rasa bersalah.  

Sistem diagnostik modern mengaitkan gangguan kepribadian antisosial dengan dua kondisi terkait, tetapi tidak identik, yaitu psikopat dan sosiopat. Psikopat adalah seseorang yang tindakannya menyakitkan bagi orang lain, cenderung memanipulasi dan penuh dengan kelicikan. Orang yang psikopat juga tidak menunjukkan emosi dan empati terhadap orang lain. 

Psikopat adalah bentuk gangguan kepribadian antisosial yang parah. Sebaliknya, sosiopat lebih mampu untuk menjalin hubungan dengan orang lain, tetapi mereka suka mengabaikan aturan sosial, bertindak impulsif, dan serampangan.  

Baca juga: Waspada Potensi Psikopat Jika Pasangan Lakukan 5 Hal Ini

Penyebab Gangguan Kepribadian Antisosial

Agar dapat menentukan tindakan pencegahan apa saja yang bisa dilakukan, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab gangguan kepribadian antisosial.

Penyebab pasti gangguan kepribadian antisosial sebenarnya belum diketahui sampai saat ini, tetapi faktor lingkungan dan genetik diduga memiliki peran besar terhadap terjadinya gangguan tersebut. Faktor genetik diduga berperan karena perilaku antisosial lebih sering ditemukan pada orang yang memiliki orangtua biologis yang juga menunjukkan karakteristik antisosial. 

Sementara faktor lingkungan diduga dapat memicu orang yang memiliki kecenderungan antisosial untuk lebih mungkin mengembangkan gangguan kepribadian tersebut. Misalnya, tumbuh dalam lingkungan yang traumatis dan kasar dapat membuat seseorang lebih berisiko menjadi sosiopat. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa cacat dan cedera otak selama bertahun-tahun juga dapat dikaitkan dengan gangguan kepribadian antisosial.

Gangguan kepribadian antisosial lebih banyak terjadi pada pria, daripada wanita. Sekitar 3 persen pria dan sekitar 1 persen wanita memiliki jenis gangguan kepribadian tersebut.

Cara Mencegah Gangguan Kepribadian Antisosial

Sayangnya, tidak ada cara yang pasti untuk mencegah gangguan kepribadian antisosial berkembang pada mereka yang memiliki risiko. Namun, karena perilaku antisosial ini dianggap berkembang sejak masa kanak-kanak, orang tua, guru, atau dokter mungkin dapat mengamati dengan lebih seksama untuk menemukan tanda-tanda peringatan gangguan kepribadian antisosial sedini mungkin. Dengan begitu, anak-anak yang berisiko dan menunjukkan tanda-tanda gangguan perilaku ini pun dapat mendapatkan pengobatan lebih dini.

Baca juga: Anak Sulit Bersosialisasi, Orangtua Harus Waspada?

Itulah cara yang setidaknya bisa kamu lakukan untuk mencegah gangguan kepribadian antisosial. Bila kamu masih ingin bertanya lebih lanjut seputar gangguan kepribadian ini, tanyakan saja pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya apa saja seputar kesehatan, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Antisocial Personality Disorder.
WebMD. Diakses pada 2020. Antisocial Personality Disorder.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Antisocial personality disorder.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan