Begini Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami dan Obat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Januari 2022

"Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa kamu lakukan di rumah, baik dengan cara alami sepert mandi dalam waktu lama atau hirup uap dari panci berisi air hangat. Ada pula dengan menggunakan obat yang tanpa resep dokter. Namun, beberapa cara ini juga perlu dibarengi dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makan bergizi seimbang supaya tubuh bisa lebih cepat untuk pulih."

Begini Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami dan ObatBegini Cara Mengatasi Hidung Mampet Secara Alami dan Obat

Halodoc, Jakarta – Ada banyak yang menjadi penyebab hidung tersumbat, seperti pilek, flu, dan alergi. Apa pun pemicunya, gejalanya bisa sangat membuat kamu menjadi tidak nyaman. Untungnya ada banyak cara mengatasi hidung mampet yang bisa kamu lakukan. 

Saat pilek atau alergi, selaput yang melapisi saluran hidung juga bisa meradang dan teriritasi. Mereka kemudian mulai membuat lebih banyak lendir untuk mengeluarkan apa pun yang menyebabkan iritasi, seperti alergen. Kamu bisa ikuti cara mengatasi hidung mampet berikut ini dengan cara alami atau dengan menggunakan obat.

Cara Mengatasi Hidung Mampet dengan Cara Alami

Saat hidung mampet, fokuslah untuk menjaga saluran hidung dan sinus tetap lembap. Meskipun kamu berpikir bahwa udara kering dapat membantu membersihkan hidung meler, tetapi itu sebenarnya memiliki efek sebaliknya. Mengeringkan membran akan semakin mengiritasi hidung. Untuk menjaga saluran hidung tetap lembap, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti: 

  • Menggunakan pelembap udara atau vaporizer.
  • Mandi dalam waktu lama atau hirup uap dari panci berisi air hangat. 
  • Minum banyak cairan karena ini akan mengencerkan lendir yang dapat menjadi cara mengatasi hidung tersumbat.
  • Gunakan semprotan saline hidung, semprotan ini berisi air asin dan ia akan membantu menjaga saluran hidung dari kekeringan.
  • Cobalah Neti pot atau irigasi hidung. Kamu bisa gunakan air suling steril atau H2O yang telah direbus dan didinginkan untuk membuat larutan irigasi. Bilas perangkat irigasi setelah setiap kali digunakan dan biarkan mengering.
  • Letakkan handuk basah yang hangat di wajah. Ini dapat meredakan ketidaknyamanan dan membuka saluran hidung.
  • Di malam hari, berbaringlah di atas beberapa bantal. Menjaga kepala tetap tinggi dapat membuat pernapasan lebih nyaman.
  • Tiup hidung dengan cara yang benar dan dengan lembut, sehingga kamu tidak memaksa atau mendorong lendir ke telinga atau bagian lain dari sinus. Buang ke dalam tisu sekali pakai sehingga kamu tidak menyebarkan kuman dan cuci tangan setelahnya.

Jika beberapa cara di atas tidak bisa membantu, kamu bisa tanya pada dokter di Halodoc. Dokter bisa memberikan saran untuk yang tepat sebagai cara mengatasi hidung mampet . Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Obat untuk Atasi Hidung Tersumbat

Cara mengatasi hidung mampet juga bisa menggunakan obat yang dijual bebas di apotek. Berikut ini beberapa obat yang bisa dicoba: 

  • Dekongestan

Obat-obatan ini membantu mengurangi pembengkakan di saluran hidung dan meredakan hidung tersumbat dan tekanan sinus. Mereka bisa berupa semprotan hidung, atau obat yang diminum. Ikuti petunjuk untuk menggunakannya dan jangan gunakan dekongestan yang kamu minum melalui mulut selama lebih dari seminggu tanpa berkonsultasi dengan dokter. 

Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan semprotan hidung dekongestan selama lebih dari 3 hari, atau itu bisa memperburuk hidung yang mampet. Jangan pernah juga memberikan dekongestan atau obat flu yang dijual bebas kepada anak di bawah usia 4 tahun.

  • Antihistamin

Jika alergi jadi penyebabnya, maka cara mengatasi hidung mampet ini bisa menggunakan obat antihistamin. Coba cari obat alergi yang memiliki antihistamin untuk meredakan pilek dan bersin bersama dengan dekongestan untuk hidung tersumbat dan tekanan sinus.

  • Semprotan Hidung Steroid

Ini juga bisa membantu mengatasi alergi dan hidung tersumbat. 

  • Menthol

Salep obat yang mengandung mentol dapat membantu kamu bernapas lebih baik. Kamu bisa menggosokkannya di dada atau atas bibir. Kamu juga bisa membeli jenis yang bisa dicampur dengan air hangat untuk dihirup uapnya. 

  • Obat Pereda Nyeri

Meskipun tidak menghilangkan hidung mampet, tetapi pereda nyeri, seperti acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh tekanan sinus. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis pada label.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. 10 Tips for Getting Rid of a Stuffy Nose.
Web MD. Diakses pada 2021. How to Treat Nasal Congestion and Sinus Pressure.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan