Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2024

“Pengobatan batuk dapat dilakukan dengan atau tanpa obat medis. Kamu juga bisa lakukan beberapa cara sederhana di rumah, seperti mengonsumsi madu, berkumur dengan air garam, hingga meningkatkan asupan cairan.”

Begini Cara Menghilangkan Batuk dengan CepatBegini Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat

Halodoc, Jakarta – Batuk adalah suatu hal yang umum terjadi dan merupakan mekanisme alami tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari dahak dan iritasi. Namun, jika batuk berkelanjutan, dapat menjadi sangat mengganggu dan perlu segera tertangani. 

Cara mengatasi batuk dapat melibatkan penggunaan obat alami atau obat medis, tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan kondisi tersebut.

Mau tahu apa saja tips mengatasi batuk berdahak dengan cara alami di rumah? Berikut ulasannya!

Apa Saja Penyebab Batuk?

Ada sejumlah kondisi yang dapat menjadi penyebab batuk, antara lain: 

  • Infeksi saluran pernapasan. Infeksi virus seperti flu, pilek, bronkitis, atau pneumonia dapat menyebabkan batuk. Selain itu, infeksi akibat bakteri juga dapat menjadi penyebab batuk yang lebih serius.
  • Alergi. Reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu, bulu hewan, atau bahan kimia tertentu dapat merangsang saluran pernapasan dan menyebabkan batuk.
  • Asma. Batuk merupakan salah satu gejala umum pada asma, yaitu kondisi ketika saluran pernapasan mengalami penyempitan.
  • Reaksi terhadap iritasi. Paparan terhadap asap rokok, polusi udara, bahan kimia, atau bahan iritan lainnya dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan memicu batuk.
  • Refluks asam lambung. Saat asam lambung naik ke kerongkongan (refluks), hal ini dapat merangsang batuk kronis yang terjadi akibat iritasi pada tenggorokan.
  • Efek samping obat. Beberapa obat tertentu, seperti ACE inhibitor yang bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan batuk sebagai efek sampingnya.
  • Kondisi medis lainnya. Batuk juga dapat menjadi gejala dari kondisi medis lainnya seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), penyakit pernapasan interstisial, dan kanker paru-paru.

Jika batuk yang kamu alami bercampur darah, sebaiknya segeralah periksakan kondisi ke dokter. Baca lebih lanjut mengenai alasannya pada: Batuk Dahak Bercampur Darah, Berbahayakah?

Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat 

Kamu bisa mengobati batuk akibat pilek, alergi, dan infeksi sinus dengan sejumlah obat bebas resep. Namun, jika kamu ingin mengatasi batuk dengan pilihan lain, berikut beberapa cara rumahan yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Penggunaan obat bebas resep

Ada beberapa obat tanpa resep yang dapat kamu gunakan untuk meredakan batuk adalah sebagai berikut:

  • Obat batuk dengan bahan aktif guaifenesin

Guaifenesin merupakan agen ekspektoran yang membantu melonggarkan lendir dalam saluran pernapasan, sehingga mempermudah pengeluaran dahak. 

Kamu juga bisa dapatkan rekomendasi obat batuk berdahak terbaik pada artikel ini:

  • Obat batuk dengan bahan aktif dekstrometorfan

Dekstrometorfan adalah agen antitusif yang bekerja dengan mengurangi refleks batuk di otak. Obat-obatan yang mengandung dekstrometorfan, seperti sirup batuk, dapat membantu meredakan batuk kering yang tidak produktif. Baca lebih lanjut mengenai tips memilih obat batuk pada: 3 Tips Memilih Obat Batuk Berdasarkan Jenisnya

2. Madu

Madu telah lama digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat bebas resep yang mengandung dekstrometorfan. 

Kamu bisa membuat obat batuk sendiri di rumah dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

3. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, tetapi probiotik dapat membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal atau bakteri alami yang hidup dalam usus manusia.

Nah, cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, misalnya: 

  • Yoghurt.
  • Kefir.
  • Tempe.
  • Kimchi.

3. Minuman hangat

Mengonsumsi minuman seperti teh hangat atau air lemon hangat dapat memberikan efek menghilangkan rasa perih atau sakit pada tenggorokan akibat batuk. Minuman hangat juga dapat membantu melonggarkan lendir yang menempel di tenggorokan saat batuk. 

Selain itu, cairan hangat dapat membantu dalam proses pengeluaran lendir tersebut sehingga lebih mudah keluar.

4. Tingkatkan asupan cairan

Meningkatkan kebutuhan cairan merupakan tindakan yang baik ketika sedang batuk. Tetap terhidrasi dengan baik adalah cara yang tepat untuk membantu mengencerkan lendir. Cairan tidak hanya kamu dapatkan dari minuman, tapi bisa juga melalui sup ayam atau sup daging. 

5. Berkumur dengan air asin

Cara ini mungkin relatif sederhana, akan tetapi nyatanya berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang menyebabkan batuk. Mencampur ¼ hingga ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat dapat meredakan iritasi. 

6. Minum air jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang terkenal dan sering digunakan untuk meredakan berbagai penyakit, termasuk batuk. Konsumsi air jahe diyakini dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran napas. Manfaat ini dapat memberikan bantuan bagi gejala asma dan batuk.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan batuk dengan cepat. Jika batuk yang kamu rasakan tak kunjung membaik, sebaiknya segeralah periksakan kondisi ke dokter spesialis paru

Tujuannya agar penanganan batuk sesuai penyebab yang mendasari dapat segera dokter lakukan, sehingga risiko komplikasi dapat berkurang. 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2024. 10 Tips for Day and Night Cough Relief
Healthline. Diakses pada 2024. The Best Natural Cough Remedies
WebMD. Diakses pada 2024. Slideshow: Tips for Calming Your Cough

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan