• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Meredakan Sakit Pinggang Tanpa Obat

Begini Cara Meredakan Sakit Pinggang Tanpa Obat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sakit pinggang adalah masalah umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari setiap orang. Untungnya, sakit pinggang dapat diredakan meskipun tanpa pengobatan. Pilihan meredakan sakit pinggang tanpa obat tetap dapat memperbaiki atau meredakan sakit. Kamu bisa mencoba meredakannya sebelum memutuskan untuk ke rumah sakit. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit pinggang, dan tingkat keparahannya bervariasi. Perlu kamu ketahui, bahwa tidak ada perawatan tunggal yang bisa berhasil untuk semua orang. Kemungkinan kamu memerlukan beberapa kombinasi perawatan, meskipun tanpa obat. Apa cara yang dapat dilakukan?

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Masalah Ginjal, Benarkah?

  • Tidur yang Cukup dengan Posisi yang benar

Saat kamu mengalami sakit pinggang, maka tidur bisa jadi tidak nyaman. Hal ini justru bisa membuat kamu tidak cukup tidur, sakit pinggang mungkin jadi terasa memburuk. Posisi tidur yang buruk bisa memperparah sakit pinggang. 

Cobalah tidur dengan posisi berbaring. Lalu, letakkan bantal di antara kedua lutut untuk menjaga tulang belakang dalam posisi netral dan meredakan ketegangan pada pinggang. Jika kamu harus tidur telengtang, letakkan bantal di bawah lutut. Pastikan untuk tidur di kasur yang kokoh dan nyaman. 

  • Olahraga untuk Melenturkan Otot

Mungkin saat kamu sakit pinggang kamu akan merasa sulit untuk bergerak. Namun, kamu tetap berolahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, olahraga air, atau aktivitas fisik berdampak rendah lainnya. Kegiatan ini sering kali membantu meredakan nyeri pinggang. 

Olahraga dapat mengendurkan otot yang tegang dan melepaskan endorfin yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami otak. Kamu perlu mempertimbangkan untuk memulai program olahraga harian, termasuk olahraga kekuatan dan peregangan untuk membantu menjaga otot tetap fleksibel dan kuat. Olahraga teratur juga mencegah episode nyeri punggung di masa depan yang disebabkan oleh otot tegang. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini yang Picu Sakit Punggung Belakang

  • Terapkan Postur yang Baik

Postur membungkuk tidak baik untuk tubuh. Dan postur tubuh yang buruk dapat memperburuk sakit pinggang dan punggung, terutama jika kamu duduk dalam waktu lama.

Cobalah untuk duduk tegak dengan bahu rileks dan tubuh disangga sandaran kursi saat kamu bekerja. Letakkan bantalan di antara punggung bawah dan tempat duduk. Selain itu, jaga pula agar kaki tetap sejajar di lantai. 

  • Kenakan Sepatu yang Nyaman

Mengenakan sepatu yang tidak pas atau tidak menopang tubuh dapat menyebabkan otot tegang di pinggang dan punggung, kaki serta leher. Sepatu hak tinggi, misalnya, dapat merusak kesejajaran tubuh dan menyebabkan nyeri punggung bawah. Beberapa studi juga menemukan adanya hubungan antara mengenakan sepatu hak tinggi untuk waktu lama dengan sakit pinggang. 

Mengenakan sepatu yang sangat datar juga bisa menambah ketegangan di kaki, pinggang, dan punggung. Jika kamu mengalami sakit punggung berulang, maka pertimbangkan untuk mengganti sepatu yang pas dan menopang kaki. 

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

  • Terapi Fisik

Pada terapi fisik kamu akan diajarkan untuk cara duduk, berdiri, dan bergerak dengan cara yang menjaga tulang belakang tetap sejajar dan mengurangi ketegangan di pinggang dan punggung.

Kamu juga diajarkan latihan khusus yang memperkuat otot inti yang dapat menopang punggung. Inti yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah lebih banyak sakit punggung di kemudian hari. 

Banyak orang yang memiliki sakit pinggang berupaya untuk mengatasinya dengan tanpa obat dan sedikit kesabaran. Namun, kamu tetap harus berbicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc jika mengalami sakit punggung kronis atau parah. Dokter mungkin akan merekomendasikan terapi tanpa obat atau terapi fisik. Jika diperlukan, kemungkinan pengobatan medis juga harus dijalankan beriringan. 

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2020. Ways to Relieve Back Pain
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home remedies for fast back pain relief
Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. 7 Ways to Treat Chronic Back Pain Without Surgery