Benarkah Lidah Buaya Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Juni 2023
Benarkah Lidah Buaya Bisa Mengatasi Rambut Rontok?Benarkah Lidah Buaya Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

Halodoc, Jakarta - Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang cukup umum dialami wanita. Selain merasa sebal karena menemukan helaian rambut di berbagai penjuru rumah, masalah ini juga dapat membuat rambut semakin menipis. Itulah sebabnya, banyak wanita yang mencari cara mengatasi rambut rontok yang efektif.

Salah satu bahan alami yang digadang-gadang mampu mengatasi rambut rontok adalah lidah buaya. Untuk tahu apakah benar tanaman ini mampu mengatasi rambut rontok, yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: 6 Kesalahan Perawatan Ini Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Lidah Buaya sebagai Cara Mengatasi Rambut Rontok

Tidak ada salahnya mencoba bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi rambut rontok. Termasuk lidah buaya, yang sudah lama dikenal baik untuk rambut. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari lidah buaya adalah mengurangi kerontokan rambut. 

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 dan asam folat, yang berfungsi untuk mengurangi rambut rontok. Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung nutrisi penting untuk sel-sel rambut, seperti vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut dapat membantu mempercepat regenerasi dan menyehatkan sel-sel rambut. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba lidah buaya sebagai perawatan untuk rambut rontok, kok. Sebab, bahan alami ini cukup aman digunakan, dan jarang menimbulkan efek samping serius.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengambil gel lidah buaya segar, atau menggunakan produk lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun, pastikan produknya mengandung gel lidah buaya murni, ya. 

Setelah mendapatkan gel lidah buaya, oleskan saja langsung pada helaian rambut dan kulit kepala secara merata. Kamu juga bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, agar lebih mudah digunakan. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

Kemudian, diamkan selama sekitar satu jam dan keramaslah menggunakan air dan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini di rumah sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu, secara rutin. 


Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Efektif

Alih-alih hanya mengandalkan lidah buaya, atau bahan apapun, sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok yang efektif, yaitu:

1.Jangan Keramas Terlalu Sering

Suka keramas setiap hari? Sebaiknya kamu hentikan kebiasaan ini deh. Sebab, terlalu sering keramas dengan menggunakan sampo dapat menyebabkan rambut jadi mudah patah, rusak, kering, dan terlihat lebih tipis. Jadi, sebaiknya keramas hanya 1-3 kali saja dalam seminggu.

2.Keringkan Rambut dengan Lembut

Mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggosoknya kencang-kencang menggunakan handuk juga bisa menyebabkan kerontokan. Oleh karena itu, sebaiknya keringkan handuk dengan lembut dan perlahan. 

3.Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat akar rambut tertarik dan rambut mudah rontok. Oleh sebab itu, sebaiknya ikat rambut longgar saja, ya. 

Baca juga: 5 Tips Ampuh Mencegah Kerontokan Rambut Sebelum Lanjut Usia

4.Menerapkan Pola Hidup Sehat

Mungkin kamu tidak menyangka, tetapi menerapkan pola hidup sehat dapat menjadi cara mengatasi rambut rontok yang efektif, lho. Sebab, beberapa jenis penyakit seperti anemia atau kurang gizi, dapat menyebabkan rambut rontok. 

Jadi, cobalah untuk mencukupi asupan nutrisi yang seimbang dari makanan, rutin berolahraga, minum air putih dan tidur yang cukup, serta kelola stres dengan baik. Sebab stres juga dapat menjadi pemicu rambut rontok. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara mengatasi rambut rontok. Perlu diketahui, masalah rambut rontok tidak bisa diatasi dengan instan. Baik itu dengan lidah buaya, atau penerapan pola hidup sehat, kamu perlu konsisten dan sabar dalam menjalaninya. 

Bila masalah rambut rontok tak kunjung hilang dengan berbagai cara, tidak ada salahnya untuk membicarakannya pada dokter. Agar lebih mudah, kamu juga bisa membicarakan masalah rambut rontok pada dokter di aplikasi Halodoc.

Baca juga: Tak Hanya Mencerahkan, Ini 10 Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah



Referensi:
Dermatology and Therapy. Diakses pada 2021. The Role of Vitamins and Minerals in Hair Loss: A Review.
Healthline. Diakses pada 2021. Aloe Vera for Your Hair: What Are the Benefits?
Medical News Today. Diakses pada 2021. How Is Aloe Vera Good For Hair?
DermNet New Zealand. Diakses pada 2021. Hair Loss.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 6 Supplements for Glowy Skin and Gorgeous Hair.
MedicineNet. Diakses pada 2021. Hair Loss in Men and Women (Alopecia).
Verywell Mind. Diakses pada 2021. The Link Between Stress and Hair.
WebMD. Diakses pada 2021. Understanding Hair Loss – Prevention.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan