• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Tea Tree Oil Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Benarkah Tea Tree Oil Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Tea Tree Oil Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Halodoc, Jakarta – Terdapat berbagai cara yang terbilang ampuh menghilangkan jerawat. Tea tree oil adalah salah satu bahan yang dipercaya efektif untuk mengusir jerawat dari kulit. Kandungan di dalam minyak ini diduga membantu menghilangkan jerawat dengan ampuh. 

Jerawat dapat timbul karena berbagai hal, mulai dari masalah hormon hingga bakteri. Masalahnya, menangani jerawat butuh perhatian dan kesabaran ekstra. Lantas, benarkah dapat menghilangkan jerawat pada kulit? Lalu, bagaimana cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat?

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Apakah Ampuh Usir Jerawat? 

Tea tree oil adalah pilihan populer untuk mengobati jerawat karena sifat antiinflamasi dan antimikrobanya. Minyak ini diperkirakan mampu menenangkan kemerahan, pembengkakan, dan peradangan akibat jerawat. Menariknya lagi, bisa membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat, sehingga kulit jadi halus dan bersih.

Namun, bagaimana pendapat ahli mengenai efeknya terhadap jerawat? Menurut studi 2015 tentang  penggunaan perawatan pelengkap untuk jerawat menyimpulkan, bahwa ada beberapa bukti yang mendukung penggunaan tea tree oil untuk jerawat. Namun, para peneliti mencatat bahwa bukti ini bukan dengan kualitas terbaik.

Ada pula pendapat dari studi lain pada 2006. Menurut ahli dalam studi tersebut tea tree oil memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Kandungan ini yang membantu mengobati lesi jerawat yang meradang, seperti jerawat.

Ada studi menarik lainnya yang bisa kita simak mengenai tea tree oil. Studi tersebut dipublikasikan dalam Journal of Dermatology Research and Therapy berjudul “Development and Preliminary Cosmetic Potential Evaluation of Melaleuca alternifolia cheel (Myrtaceae) Oil and Resveratrol for Oily Skin”.

Studi di atas mengamati penggunaan kombinasi tea tree oil dan resveratrol untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Meskipun bukan tujuan penelitian, para peneliti menemukan sebagian besar peserta memiliki lebih sedikit minyak, dan bakteri pada kulit mereka, serta pori-pori yang lebih kecil. Hal ini dapat menurunkan risiko timbulnya jerawat pada kulit. 

Studi lainnya pada 2017 mengatakan, tea tree oil memiliki kemampuan untuk “memperbaiki secara signifikan” jerawat ringan hingga sedang tanpa efek samping yang serius. Namun, penelitian ini hanya memiliki 14 partisipan dan tidak mengikuti standar kualitas penelitian lainnya.

Nah, umumnya penelitian mengatakan tea tree oil mungkin membantu memperbaiki jerawat, tetapi bukan digunakan sebagai obat atau bahan utama untuk mengatasi jerawat. 

Baca juga: Hilangkan Jerawat dengan Bawang Putih, Ini Caranya

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai manfaat tea tree oil pada kulit, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Cara Menggunakan Tea Tree Oil 

Cara menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jerawat tak boleh asal. Nah, berikut tips mengaplikasikannya pada kulit untuk mengusir jerawat. 

  • Campurkan 1 hingga 2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak pembawa. Namun, berhati-hati saat menggunakan minyak tambahan di wajahmu. Semua jenis produk minyak berpotensi memperburuk jerawat.
  • Sebelum mengoleskan encer ke wajah, lakukan uji tempel kecil di bagian dalam siku. Tujuannya untuk mengetahui tanda-tanda sensitivitas kulit atau reaksi alergi termasuk gatal, kemerahan, bengkak, dan terbakar.
  • Sebelum mengoleskan minyak yang telah dicampur, cuci muka dengan pembersih lembut untuk kulit berjerawat, dan keringkan.
  • Oleskan tea tree oil yang diencerkan secara lembut pada jerawat dengan kapas. 
  • Biarkan hingga kering. Lalu, tindak lanjuti dengan pelembap kulit yang biasa kamu gunakan.
  • Ulangi pagi dan malam untuk hasil yang maksimal.

Bagaimana, tetartik mencoba tea tree oil untuk mengatasi jerawat? Ingat, andaikan jerawat tak kunjung membaik, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Munculnya Jerawat Pasca Melahirkan

Kamu juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.

Referensi:
Journal of Dermatology Research and Therapy. Diakses pada 2021. Development and Preliminary Cosmetic Potential Evaluation of Melaleuca alternifolia cheel (Myrtaceae) Oil and Resveratrol for Oily Skin
Healthline. Diakses pada 2021. Can Tea Tree Oil Help Get Rid of Acne? 
Healthline. Diakses pada 2021. How Does Tea Tree Oil Help the Skin?