• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Ketahui 5 Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui 5 Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Halodoc, Jakarta – Munculnya jerawat di kulit wajah memang menyebalkan, karena bisa mengganggu penampilan. Apalagi bila jenis jerawat yang muncul adalah jerawat batu yang biasanya berukuran lebih besar daripada jerawat biasanya.

Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat batu juga seringkali menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Lantas, sebenarnya apa penyebab munculnya jerawat batu? Nah, dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa menentukan langkah-langkah untuk mencegah jerawat batu.

Baca juga: Perlu Tahu, Jenis Jerawat Batu Genetis

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat biasanya muncul ketika sel kulit materi, minyak dan bakteri terperangkap di pori-pori kulit tubuh. Nah, jerawat batu terjadi ketika infeksi masuk jauh ke dalam kulit dan menimbulkan benjolan yang berisi nanah.

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling serius dibanding jenis jerawat lainnya. Bila jerawat batu pecah, infeksi bisa menyebar dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Tidak hanya bisa muncul di wajah, jerawat batu bisa muncul di bagian tubuh lainnya, seperti di dada, leher, dan lengan.

Penyebab jerawat batu sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang dipercaya berpengaruh terhadap munculnya jerawat batu, antara lain:

1.Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang bernama androgen berperan besar terhadap munculnya jerawat batu. Pada masa remaja, kadar hormon ini meningkat yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak (sebum) dan pertumbuhan sel-sel kulit menjadi lebih cepat. Hal ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga menimbulkan jerawat batu.

Perubahan hormon yang terjadi akibat siklus menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, penggunaan terapi hormon, sindrom ovarium polikistik dan stres juga bisa menyebabkan jerawat batu.

2.Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan dan bahan kimia, seperti kortikosteroid, litium, fenitoin, dan isoniazid bisa memperburuk atau menyebabkan munculnya jerawat batu.

3.Penggunaan Produk Kulit Tertentu

Produk kosmetik, pembersih kulit wajah, dan losion yang bisa memicu produksi minyak berlebih juga bisa menjadi penyebab jerawat batu.

4.Tingkat Kelembapan yang Tinggi dan Keringat Berlebih

Bila kamu memiliki kondisi tubuh yang gampang berkeringat, kamu lebih rentan mengalami jerawat batu. Pori-pori akan lebih mudah terbuka saat berkeringat, sehingga kotoran dan bakteri bisa masuk ke dalam kulit yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

5.Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat batu yang kamu alami. Memiliki orangtua yang selalu memiliki masalah dengan jerawat bisa meningkatkan risiko lebih mudah mengalami jerawat juga.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi cokelat, makanan berminyak atau pedas, berhubungan seksual, dan melakukan masturbasi bisa menjadi penyebab jerawat batu. Namun, hal itu hanyalah mitos. Faktor-faktor tersebut tidak menyebabkan jerawat.

Baca juga: Makanan Berminyak Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Cara Mencegah Jerawat Batu

Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat batu:

  • Bersihkan Wajah Cukup 2 Kali Sehari

Kamu disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari saja, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, atau setelah berolahraga. Gunakan sabun atau pembersih berbahan ringan untuk wajah.

  • Hindari Menggosok Wajah Terlalu Keras

Menggosok wajah terlalu keras atau menggunakan produk kulit berbahan keras seperti pembersih yang mengandung scrub eksfoliasi kulit bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan mudah berjerawat.

  • Jangan Memencet Jerawat Batu

Kamu bisa membuat infeksi terjadi lebih dalam dan membuatnya menyebar bila melakukan hal itu. Jadi, biarkan jerawat sembuh dengan sendirinya, alih-alih memencetnya, agar risiko munculnya bekas luka bisa dikurangi.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Sebaiknya hindari terkena sinar matahari terlalu lama karena bisa memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit.

  • Jaga Gaya Hidup Sehat

Tidur yang cukup dan rutin berolahraga bisa membantu menjaga kesehatan kulit agar tidak mudah berjerawat. Selain itu, kelola lah stres dengan baik, karena stres bisa membuat tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang bisa memperparah jerawat.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas

Itulah penyebab jerawat batu yang perlu diketahui. Bila kamu mengalami masalah kulit, coba bicarakan saja pada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter yang ahli dan terpercaya bisa memberi saran kesehatan yang tepat untuk membantu mengatasi masalah kulit yang dialami. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Cystic Acne.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything you need to know about cystic acne