Beragam Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Agustus 2022

“Manfaat daun pegagan ada cukup banyak, seperti mencegah jaringan parut dan membantu penyembuhan luka dan psoriasis. Untuk kecantikan, daun ini berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, melembapkan serta mencerahkan kulit.”

Beragam Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan KulitBeragam Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Pegagan adalah tanaman tradisional yang sudah lama digunakan sebagai bahan pembuatan suplemen kesehatan. Daun pegagan kerap digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menangani masalah peradangan.

Manfaat daun pegagan juga dapat mencegah jaringan parut dan membantu penyembuhan luka dan psoriasis. Krim yang berbahan dasar daun ini juga bisa membantu mengurangi stretch mark selama kehamilan. Informasi selengkapnya mengenai manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit bisa dibaca di sini!

Manfaat Pegagan untuk Kesehatan Kulit

Tanaman pegagan mengandung senyawa seperti saponin triterpenoid, yang umum ditemukan pada tanaman obat lainnya. Kandungan inilah yang ternyata memberikan manfaat nyata untuk kesehatan.

Pegagan biasanya digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi gangguan kesehatan kulit mulai dari varises hingga penyakit alzheimer. Ia juga diyakini bisa menurunkan risiko pembekuan darah, mengobati penyakit hati, penyakit kandung kemih, dan pengerasan pembuluh darah.

Lantas, seperti apa manfaat spesifik daun pegagan untuk kesehatan kulit? Ini ulasannya:

1. Insufisiensi Vena dan Varises

Ketika pembuluh darah kehilangan elastisitasnya, genangan darah di kaki dan cairan bocor keluar dari pembuluh darah. Ini bisa menyebabkan kaki membengkak (insufisiensi vena). Daun pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan aliran darah. 

2. Penyembuhan Luka dan Lesi Kulit

Daun pegagan memiliki bahan kimia yang disebut triterpenoid yang membantu penyembuhan luka. Triterpenoid dapat memperkuat kulit, meningkatkan antioksidan pada luka, dan meningkatkan suplai darah ke area tersebut.

Berdasarkan temuan ini, pegagan telah diterapkan sebagai bahan topikal, untuk luka bakar ringan, psoriasis, mencegah bekas luka setelah operasi, dan mencegah ataupun mengurangi stretch mark.

3. Skleroderma

Manfaat daun pegagan lain adalah mengatasi pengerasan kulit, mengurangi nyeri sendi, dan meningkatkan pergerakan jari untuk masalah artritis.

4. Melembapkan Kulit

Daun pegagan juga bisa membantu mengatasi masalah kulit kering, melembapkan, menenangkan, dan menyeimbangkan kembali kulit sensitif sehingga terhidrasi dan halus merata.

5. Mencegah Stres pada Kulit 

Stres oksidatif adalah kontributor utama penuaan kulit dini dan berbagai gangguan kulit termasuk kanker. Enzim seperti superoksida dismutase dan glutathione peroksidase dapat mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Daun pegagan mengandung enzim ini yang dapat meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam tubuh.

6. Membersihkan Kulit

Pegagan memiliki sifat detoksifikasi yang luar biasa sehingga bisa membersihkan kulit dan menghilangkan racun berbahaya. Sifat astringent di dalamnya juga dapat menghilangkan minyak berlebih dari wajah serta menjaga pori-pori tetap bersih.

7. Mengencangkan Kulit 

Kulit kendur adalah proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia. Fitokimia, terutama saponin triterpenoid dan poliasetilen dalam pegagan diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga mencegah kerusakan kolagen dan merangsang proliferasi fibroblas. Ini pun dapat memberikan dukungan struktural kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat daun pegagan pun sudah terbukti secara ilmiah sehingga membuatnya digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun pegagan dengan cara menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung pegagan, atau mengolahnya langsung. 

Pegagan dapat dikonsumsi sebagai suplemen, diseduh sebagai teh, atau digunakan sebagai ekstrak. Untuk masalah kondisi kulit, kamu bisa meremukkan daun pegagan dan mengoleskannya langsung. 

Meskipun ramuan ini umumnya aman untuk digunakan, kamu perlu paham dosis yang tepat untuk membantu membatasi risikonya. Karena jika digunakan sembarang, ia bisa meningkatkan risiko kerusakan hati. Jadi, daun ini harus dikonsumsi dalam jangka pendek saja.

Tanyakan kepada dokter lewat aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi panduan mengonsumsi ataupun menggunakan daun pegagan, ya! Kamu pun bisa download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi seputar kecantikan lainnya.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Gotu Kola.
Mountsinai.org. Diakses pada 2022. Gotu kola.
Vedix.com. Diakses pada 2022. 12 Amazing Benefits Of Gotu Kola For Your Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan