Berbagai Alasan Wanita Lebih Mudah Stres Ketimbang Pria

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Maret 2023

“Stres adalah kondisi kesehatan yang bisa terjadi kapan dan siapa saja. Meskipun begitu, wanita berisiko lebih tinggi untuk mengalami stres karena beberapa faktor.”

Berbagai Alasan Wanita Lebih Mudah Stres Ketimbang PriaBerbagai Alasan Wanita Lebih Mudah Stres Ketimbang Pria

Halodoc, Jakarta – Stres adalah kondisi yang umum yang dapat terjadi pada siapa saja, di berbagai waktu dan tempat. Terlebih lagi, dengan kondisi yang tidak dapat terprediksi, kondisi ini tentu semakin banyak menyerang masyarakat.

Berita buruknya, wanita ternyata memiliki risiko stres lebih tinggi ketimbang pria. Mengapa demikian? Ini beberapa penyebabnya yang harus kamu ketahui.

Mengapa Wanita Lebih Rentan Stres?

Ada beberapa aspek yang bisa menjelaskan lebih jauh wanita lebih sering mengalami perubahan emosional ketimbang pria, yaitu:

1. Hormon

Salah satu pemicu stres pada wanita adalah kondisi hormon. Wanita memiliki level hormon yang perubahannya lebih fluktiatif daripada pria. Pada pria, satu siklus hormon adalah 24 jam.

Di sisi lain, siklus hormon wanita adalah 28 hari dan terdiri dari beberapa fase yang berbeda. Fase menstrusi yang terjadi pada awal siklus dapat memengaruhi mood secara signifikan.

Perubahan hormon pada tubuh wanita juga berhubungan dengan gejala depresi. Waktu-waktu tertentu saat hormon mengalami perubahan drastis seperti setelah melahirkan dan setelah menopause membawa risiko lebih tinggi untuk stres dan depresi. 

2. Genetik 

Selain gaya hidup, genetik juga bisa berdampak pada cara seseorang mengatasi stres. Gen tertentu dapat menimbulkan risiko masalah kejiwaan yang lebih tinggi. Contohnya, seseorang yang memiliki riwayat depresi turun temurun akan 2-3 kali lebih berisiko mengidap depresi.

Terlebih dari itu, wanita juga memiliki kondisi genetik yang lebih rentan depresi daripada pria. Hal ini yang menyebabkan seorang wanita cenderung lebih mudah mengalami stres. 

3. Hubungan personal

Penurunan kondisi mental lebih mudah menyerang wanita ketika sedang mengalami banyak gejolak dalam hubungan personal, seperti pekerjaan, percintaan, dan keluarga.

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi tingkat stres wanita selama konflik. Salah satunya adalah peran mereka dalam hubungan personal yang membentuk ekspektasi perilaku.

Selain itu, wanita juga lebih rentan untuk mengalami kelelahan emosional karena respon tubuh wanita berbeda. Ketika konflik terjadi, tubuh wanita akan bereaksi lebih intens. Ingat, Stres Bisa Menular ke Pasangan dan Kamu Harus Tahu Cara Mengatasinya.

4. Tuntutan sosial ekonomi

Wanita yang bekerja di luar rumah dan mengurus anak cenderung memiliki risiko stres yang lebih tinggi. Nah, hal ini terjadi karena adanya tuntutan karier dan mengurus keluarga sekaligus.

Sejumlah tekanan yang terjadi merupakan penyebab utama seorang wanita mengalami penurunan kesehatan mental yang bisa berujung pada depresi.

Perlu dipahami, struktur rumah tangga yang tidak suportif terhadap wanita karier juga menyebabkan stres. Sebab, perasaan tidak didukung dan keharusan menyelesaikan semua hal sendiri bisa membuat situasi mental menurun. 

Mau tahu fakta penting seputar mid life crisis? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Midlife Crisis: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya.”

5. Seasonal Affective Disorder (SAD)

Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah suatu gangguan suasana hati dengan gejala seperti depresi. Kondisi ini biasanya hanya akan terjadi pada waktu tertentu pada rentang waktu yang konsisten setiap tahunnya.

Pengidap yang mengalami SAD kemungkinan besar akan merasa adanya penurunan pada energi, perasaan murung, dan perubahan nafsu makan. Sayangnya, wanita diperkirakan memiliki risiko hingga 4 kali lebih besar mengalami kondisi ini.

Itulah beberapa alasan mengapa wanita lebih rentan mengalami penurunan kondisi emosional mereka. Kalau kamu merasa mengalami stres parah atau depresi, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan ahli melalui aplikasi Halodoc.

Kini, kamu bisa hubungi psikiater atau psikolog dengan cepat dan mudah melalui aplikasi Halodoc

Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc hari ini!

Referensi:

Mayoclinic. Diakses pada 2023. Seasonal affective disorder (SAD).
Stanford Medicine. Diakses pada 2023. Major Depression and Genetics.
The Broadway Clinic. Diakses pada 2023. Men vs. Women:  A Comprehensive Comparison of Hormone Cycles. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan