• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Penyebab Gusi Bengkak yang Perlu Diketahui

Berbagai Penyebab Gusi Bengkak yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Tidak hanya gigi, gusi juga sangat rentan mengalami masalah. Salah satunya adalah gusi bengkak. Sering kali, kondisi ini terjadi karena infeksi. Ketika gusi membengkak, kamu tidak hanya merasakan nyeri dan tidak nyaman pada area mulut, tetapi juga mengalami bau mulut dan muncul benjolan yang berisi nanah pada gusi atau bagian bawah gigi yang mengalami infeksi. 

Sebenarnya, apa yang menyebabkan gusi membengkak? Ternyata, ada banyak hal yang menjadi pemicunya. Berikut ini beberapa di antaranya yang paling sering ditemui:

  • Gingivitis

Ini adalah penyebab terjadinya gusi meradang dan bengkak yang paling umum. Sering kali, masalah kesehatan ini muncul karena kebersihan area mulut dan gigi yang tidak terjaga dengan baik. Sisa-sisa makanan yang terselip di sela gigi dan tidak dibersihkan lama-lama akan menumpuk dan menjadi plak. Semakin lama, plak akan mengeras dan membentuk karang gigi yang menjadi penyebab gingivitis.

Baca juga: Jarang Sikat Gigi Bisa Jadi Penyebab Gingivitis?

Kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga akan membuat gigi rentan berlubang. Tanpa adanya penanganan, gigi berlubang akan memicu munculnya abses yang membuat gusi seperti membengkak. 

  • Menggosok Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi terlalu keras juga bisa memicu terjadinya gusi mengalami luka, berdarah, dan akhirnya bengkak. Jaringan pada gusi yang mengalami kerusakan bisa mengakibatkan garis gusi longgar dan tampak menurun yang memperlihatkan sebagian akar gigi. Kondisi inilah yang akhirnya menjadi gejala gigi sensitif. 

  • Baru Saja Memasang Kawat Gigi

Jangan heran jika kamu mengalami gusi bengkak setelah memasang kawat gigi. Hal ini muncul karena gesekan yang terjadi antara kawat gigi dengan sisi dalam pipi, lidah, bibir, dan gusi yang menimbulkan luka. Kamu biasanya akan merasakan sakit yang cukup intens pada minggu pertama pemasangan kawat atau setelah kawat gigi dikencangkan.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

  • Sedang Hamil

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan akan membuat tubuh ibu memproduksi darah lebih banyak. Kondisi ini akan membuat gusi lebih rentan membengkak karena mengalami iritasi. Selain itu, imunitas tubuh ibu yang melemah juga membuat tubuh terhambat dalam melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

  • Mengalami Sariawan

Sariawan pun ternyata menjadi salah satu penyebab gusi bengkak. Ketika ini terjadi, kamu akan merasa sakit dan perih yang terkadang membuat kesulitan makan dan berbicara. Gusi bengkak yang terjadi karena sariawan biasanya disebabkan karena infeksi bakteri atau virus, benturan pada gusi, dan gangguan pada sistem imunitas.

  • Kurang Asupan Vitamin

Asupan vitamin B dan C pada tubuh yang tidak terpenuhi juga memicu terjadinya pembengkakan pada gusi. Pasalnya, vitamin C memiliki tugas penting untuk memproduksi kolagen guna membentuk jaringan pada gusi. Sementara itu, vitamin B bertugas membantu pertumbuhan sel sekaligus sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk gusi. 

Baca juga: 6 Penyebab Gusi Bengkak Bisa Bikin Susah Gerak

  • Kebiasaan Merokok

Tidak hanya merusak paru-paru dan jantung, merokok ternyata juga membuat gusi rentan membengkak. Rokok memang meningkatkan risiko terjadinya masalah infeksi gigi maupun gusi. Jika tidak segera dihentikan, infeksi akan semakin memburuk dan lebih sulit disembuhkan.

Apabila kamu mengalami gusi bengkak dan sudah terasa sangat sakit, jangan tunda untuk mengobatinya di rumah sakit terdekat. Agar tidak perlu mengantre dan bisa segera mendapat penanganan, buat janji terlebih dahulu menggunakan aplikasi Halodoc sehingga kamu tidak perlu lagi mengantre. 



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What causes swollen gums?
WebMD. Diakses pada 2021. The basics of gum problems.